MENAKLUKKAN 3 PUNCAK DI PEGUNUNGAN MENOREH

MENAKLUKKAN 3 PUNCAK DI PEGUNUNGAN MENOREH

Friday, 25-01-2019 | 00:23

Pemandangan Puncak Sariloyo dari Puncak Suroloyo

 

Rasanya memang tepat jika Kabupaten Kulon Progo mengusung slogan pariwisata The Jewel of Java. Sebuah permata di Pulau Jawa yang tentunya tak bisa dipisahkan dari keberadaan Pegunungan Menoreh. Sejauh ini pariwisata di Kulon Progo memang mencuat berkat keberadaan pegunungan yang terkenal dengan salah satu puncaknya yakni Puncak Suroloyo.

 

Sebenarnya Pegunungan Menoreh mempunyai 3 puncak --Puncak Suroloyo merupakan puncak tertinggi dengan ketinggian 1.019 mdpl dan terletak di Dusun Keceme Desa Gerbosari Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulon Progo. Selain Puncak Suroloyo masih ada 2 puncak lain yaitu Puncak Sariloyo dan Puncak Kaendran. 

 

Baca juga: "Ini Dia Alternatif Wisata Keluarga di Kulon Progo"

 

Di Puncak Suroloyo terdapat pertapaan yang diyakini pernah menjadi tempat Sultan Agung Hanyokrokusumo bertapa setelah mendapat petunjuk spiritual mengenai kekuasaan di tanah Jawa. Dari Puncak Suroloyo akan terlihat Candi Borobudur, Kota Magelang dan kegagahan Gunung Merbabu dan Gunung Merapi berselimut awan putih. Untuk mencapai Puncak Suroloyo para pengunjung diharuskan menaiki 286 anak tangga permanen yang sudah disediakan pihak pengelola.

 

Puncak kedua adalah Puncak Sariloyo yang terletak sekitar 200 m dari Puncak Suroloyo. Dari sini pengunjung bisa melihat kecantikan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing yang berpadu dengan hijaunya perbukitan. Sebelum tiba di Puncak Sariloyo pengunjung harus melewati 50 anak tangga. Tidak jauh dari Puncak Sariloyo terdapat gardu pandang yang bernama Tegal Kepanasan sekaligus tugu setinggi 1 m yang berfungsi sebagai tanda batas antara wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Jawa Tengah.

 

Puncak Suroloyo dari Gardu Pandang Tegal Kepanasan

 

Puncak ketiga adalah Puncak Kaendran yang terletak sekitar 250 m dari Puncak Suroloyo. Dari sini bisa dilihat wilayah Kabupaten Kulon Progo hingga Pantai Selatan seperti bentangan pesisir Samudera Hindia dan kawasan Pantai Glagah. Sebelum menuju Puncak Kaendran terlebih dahulu harus melewati 50 anak tangga.

 

Puncak Sariloyo terlihat dari Puncak Kaendran

 

Wisata Pegunungan Menoreh dengan 3 puncaknya sangat direkomendasikan untuk wisata keluarga, meski anak-anak harus dalam pengawasan khusus. Tempat ini mudah dijangkau dari Bandara Adi Sucipto Yogyakarta dengan jarak sekitar 45 km atau kurang lebih 1,5 jam berkendara. Untuk tiket masuk ketiga puncak adalah Rp5.000 per orang dan parkir kendaraan roda 2 sebesar Rp2.000 serta kendaraan roda 4 sebesar Rp5.000. Sementara failitas umum yang tersedia adalah warung makan, toilet dan mushola.

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Clara Soca Atisomya

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


129

Back to Top