THE 2ND HIEX 2020, AJANG PAMERAN WISATA HALAL TERBESAR KEMBALI DIGELAR 2020-02-14 21:45

 

Setelah sukses pada edisi pertama tahun 2019, Halal Indonesia Expo (HIEX) 2020 (The 2nd HIEX 2020) kembali digelar. Even ini diselenggarakan pada tanggal 9 hingga 12 April mendatang di Jakarta Convenstion Center (JCC) Senayan, Jakarta. HIEX merupakan pameran dagang dan konsumen industri halal tahunan terbesar di Indonesia yang didukung oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH), Kementerian Agama dan Komite Nasional Keungan Syariah (KNKS).

 

Satrio Sakka selaku Direktur PT Wahyu Promo Citra menyampaikan bahwa ajang kali ini mengusung 11 tema, di antaranya makanan dan minuman halal, wisata halal, kosmetika dan obat-obatan halal, busana muslim, pedidikan Islam, keuangan syariah, properti syariah dan lainnya. Hal ini mengacu pada keberadaan Indonesia sebagai negara mayoritas Muslim terbesar di dunia dan menjadi pasar terbesar sektor halal. Sehingga Indonesia memiliki posisi yang baik untuk menjadi pusat produk halal di Asia Tenggara bahkan dunia.

 

Satrio menambahkan, dalam penyelenggaraan HIEX 2019 lebih dari 25 ribu pengunjung datang menghadiri pameran tersebut dan diikuti lebih dari 140 peserta dalam dan luar negeri. Sementara target pengunjung pada tahun ini sebanyak 50 ribu. HIEX 2020 diselenggarakan bersamaan dengan The 20th Agro Food Expo 2020 dan The 18th Gebyar Budaya Nusantara (GWN) 2020. Ajang ini menampilkan beragam produk tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan, perikanan, makanan, olahan serta teknologi pangan.

 

Pameran ini juga mempromosikan objek wisata terbesar dalam negeri yang sejak 2003 telah diselenggarakan atas dukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. Sebagai pendukung, diadakan pula forum buyers meet sellers, talk show bersama Kementerian Pertanian, lomba coffee, workshop dan lainnya.

 

Teks: Arief Nurdiyansah
Comment