RUMAH BISA MENJADI SUMBER INSPIRASI FOTOGRAFI UNIK DAN MENARIK 2020-05-13 19:55

 

Siapa bilang masa-masa #BetterAtHome ini bikin Trippers nggak bisa kreatif? Memang kita nggak bisa leluasa memotret beragam objek di luar ruang seperti yang biasa dilakukan bersama teman-teman di sebuah objek wisata, tapi kita tidak harus merasa terkungkung sehingga kreativitas tersendat.

 

Rio Motret, salah satu fotografer ternama yang menekuni fashion photography, berbagi ilmu fotografi dengan memanfaatkan barang-barang yang ada di rumah sebagai properti. Melalui akun Instagramnya, Rio berkisah mengenai ide membuat karya foto dengan menggunakan smartphone.

 

Ketika acara Join Live Instagram Rio bersama OPPO Indonesia pada 21 April 2020 lalu, Rio juga menunjukkan berbagai macam teknik dan fitur memotret yang ada pada smartphone zaman sekarang ke para netizen dan followers-nya. Pada kesempatan itu, Rio menggunakan perangkat OPPO Reno3 Pro yang memiliki keunggulan pada fitur kamera.

 

Menurut Rio, foto suasana santai bersama keluarga pun bisa menjadi objek yang seru. Karpet atau sofa di ruang tamu bisa dimanfaatkan sebagai properti yang natural. Tapi pastikan properti foto dibersihkan dulu.

 

Rio juga menyarankan untuk memanfaatkan sudut-sudut atau interior rumah sebagai background. Trippers dapat mengabadikan ruang kerja di rumah selama Work From Home (WFH), memotret swafoto/selfie dengan latar polos tembok rumah atau wefie bareng keluarga saat memasak di dapur. Kamar tidur juga bisa didekorasi ulang untuk diabadikan dan hasil fotonya dapat diunggah di media sosial. 

 

“Enaknya memotret menggunakan smartphone, kapan pun kita melihat yang menarik, bisa langsung di-capture, nggak harus ribet setting seperti menggunakan kamera profesional,” ujar Rio. Selain itu, efek cahaya yang tepat juga jadi faktor pendukung utama untuk menghasilkan foto yang ciamik.

 

Dengan kecanggihan kamera belakang OPPO Reno3 Pro yang memiliki 64MP Zoom Quadcam + 108MP Ultra Clear Image, Trippers dapat menghasilkan karya estetika fotografi selama masa #BetterAtHome. Kemampuan kamera smartphone tersebut dapat menangkap cahaya lebih sehingga bisa digunakan di dalam ruang yang minim cahaya sekalipun dengan hasil kualitas foto yang tajam, jelas, dan jernih. Begitu pula dengan kamera depannya 44MP + 2MP Dual Punch-hole Camera yang dapat menangkap setiap area wajah lebih detail dengan kedalaman gambar lebih kentara.

 

Trippers dapat memanfaatkan fitur 3cm Macro Photography sehingga akan menghasilkan foto Macro lebih jelas hingga jarak terdekat 3 cm dari objek. Koleksi mainan diecast atau action figure milikmu juga dapat dioptimalkan menjadi objek foto makro. Hasil fotonya dapat dirangkai menjadi story telling photography.

 

Ternyata banyak ya objek yang bisa dieksplor. Trippers bisa ajak keluarga untuk bikin kompetisi foto kecil-kecilan lho, yang menang kompetisi dapat hadiah takjil, atau yang kalah diminta buatin takjil. Hasilnya bisa jadi objek foto lagi karena kamera belakang Reno3 Pro juga memiliki fitur untuk memotret makanan dengan jarak lebih dekat. Seru ‘kan?

 

Nah, keterbatasan gerak seperti sekarang ini ternyata bukan menjadi hambatan untuk membuat karya estetika fotografi atau foto seni. Meski di rumah, yuk mulailah beraktivitas dan berkreasi melalui foto. Manfaatkan peralatan dan properti seadanya di rumah, serta coba carilah konsep foto yang out of the box dan unik dengan menggunakan smartphone OPPO. Semangat berkreasi!

Teks & Foto: OPPO
Comment