NGGAK ADA HARLEY ATAUPUN BROMPTON DI PANGONG LAKE LADAKH, ADANYA VESPA 2019-12-13 00:00

Ada banyak Vespa di tepi Pangong Lake

 

Mungkin Pangong Lake di Ladakh India adalah satu-satunya danau yang sudah seperti show room motor saja. Di tepiannya banyak sekali terlihat jejeran motor Vespa. Itu karena film Bollywood 3 Idiots (2009) melakukan syuting di sini dan ada adegan dengan motor Vespa. Jadilah rangka-rangka Vespa dijejerin buat wahana berfoto meniru adegan dalam 3 Idiots. Mungkin kalau di film itu motornya Harley Davidson atau sepeda Brompton, ya sekarang yang dipajang Harley dan Brompton, hihihi....

 

PANGONG LAKE TAK CUMA VESPA

Tapi Pangong Lake alias Pangong Tso nggak melulu hanya Vespa dan juga 3 kursi warna-warni yang merupakan ornamen film 3 Idiots juga. Danau berwarna biru di ketinggian 4.350 mdpl dengan pegunungan salju di sekelilingnya ini menyajikan keindahan luar biasa saat sunrise dan sunset.

 

Spot Vespa dan 3 kursi “3 Idiots” di tepi danau

 

Selain itu, danau ini berair asin, menjadikannya satu dari danau air asin tertinggi di dunia (kalah tinggi 400 m dari Nam Tso di Tibet). Airnya terkurung, nggak bisa mengalir ke mana-mana seperti danau pada umumnya. Jadi, airnya dari mana dong? Dari glasier yang mencair, mata air dan air hujan. Jadi pada mulanya airnya tawar. Perlahan berubah payau karena endapan mineral-mineral yang mengubah kehidupan di danau tersebut.

 

 

Kedalamannya nggak diketahui pasti. Konon bagian terdalamnya 90 m. Danaunya juga luassss banget! Terentang sepanjang 160 km, dan bagian terlebarnya mencapai 5 km. Luas totalnya 604 km2, hampir seluas Jakarta lho! Tapi dari keseluruhan total luasnya, hanya 1/3 yang berada di Ladakh, sedangkan 2/3-nya lagi berada di Tibet China. Tapi sisi Ladakh lebih banyak dikunjungi turis.

 

 

POSE ALA 3 IDIOTS

Pose ala 3 Idiots di Pangong Lake memang fenomenal banget. Jadi kalau ke sini kurang afdol kalau nggak ikutan berpose begitu. Pose pertama naik Vespa dengan kedua kaki dibuka lebar-lebar, jangan lupa pakai helmnya.

 

Pose ala 3 Idiots

 

Pose kedua, bertiga duduk di kursi plastik warna-warni dengan tangan kanan memegang pantat kursi dan tangan kiri diangkat ke atas kepala. Fasilitas ini tentu nggak gratis. Tapi bayarnya nggak mahal kok. Untuk Vespa hanya bayar 50 rupee (+/-Rp10.000) per orang, sedangkan untuk kursi “3  Idiots” bayar 50 rupee buat ber-3.

 

Pose ala 3 Idiots

 

Selain 2 spot foto ini, bagian lain Pangong Lake banyak yang Instagrammable. Eksplorlah dari ujung ke ujung. Jangan lupa, bergeraklah perlahan karena oksigennya tipis di ketinggian. Ada kemungkinan kita terkena AMS (Acute Mountain Sickness). Baca tentang AMS di sini.

 

Ada banyak sudut Instagrammable

 

CARA MENCAPAI PANGONG LAKE

Pangong Lake bisa dicapai berkendara 5-6 jam dari Kota Leh (ibu kota Ladakh) ke arah tenggara, menempuh jarak 160 km. Tapi kalau ada halangan di jalan seperti ada glasier yang mencair dan membanjiri badan jalan, atau ada longsor, perjalanan bisa 8 jam bahkan lebih. Kita akan melewati Chang La Pass (5.360 mdpl), salah satu pass tertinggi di dunia yang bisa dilalui kendaraan.

 

Baca juga: "Ini Dia Salah Satu Lembah Terspektakuler di Dunia: Nubra Valley"

 

Pemandangan di sepanjang jalan breathtaking! Sekitar 8 km menjelang tiba, sudut Pangong Lake sudah mulai terlihat menyembul dari celah antargunung. Cakep!

 

Perlu diketahui, untuk ke Pangong butuh permit yang harus diurus lewat agen travel resmi di Ladakh. Jadi disarankan ke sini ikut tur yang diadakan agen travel di Kota Leh, baik private tour ataupun join tour. Bisa day trip dari Leh. Tapi lebih enak menginap satu malam di desa-desa di sekitar Pangong, jadi bisa lebih menikmati suasana.

 

PENGINAPANNYA

Tersedia dari guesthouse sampai resor yang nyaman baik berupa tenda mewah maupun rumah kayu. Perlu diperhatikan, walaupun kelas resor, listrik menyala hanya sekitar jam 7 hingga 11 malam.

 

 

Cara ke Ladakh baca di sini.

 

Ingin ikut trip ke Ladakh? Silakan hubungi WhatsApp 0811821006.

 

Teks & Foto: Mayawati NH
Comment
Kendra

I like it when individuals get together and share ideas. Great blog, continue the good work! https://www.attraitsbeaute.com

2020-04-19
Hermelinda

I couldn't resist commenting. Well written! I could not resist commenting. Perfectly written! I've been surfing online more than three hours today, yet I never found any interesting article like yours. It's pretty worth enough for me. Personally, if all site owners and bloggers made good content as you did, the internet will be much more useful than ever before. http://car.com

2019-12-27