PANDUAN LENGKAP BERKELILING YELLOWSTONE NATIONAL PARK (Bagian 2) 2016-11-15 00:00

Pemandangan usai sunset di Norris Geyser Basin

 

Menonton geyser menyembur hingga hampir 100 meter adalah atraksi utama yang diincar wisatawan yang datang ke Yellowstone National Park di wilayah Wyoming, Amerika Serikat. Yellowstone juga bertetangga dengan Grand Teton National Park yang terkenal dengan jajaran pegunungan dan danau indah. Juga ada ngarai, air terjun, kolam hot spring, dan kesempatan bertemu binatang liar. Dengan daya tarik seperti itu, siapa yang tak tergiur ke sana?

 

NORRIS GEYSER BASIN

Terkenal dengan atraksi hydrothermal bersifat asam dan senantiasa berubah. Setiap tahun selalu ada geyser dan hot spring baru, dan yang ada sebelumnya menjadi tidak aktif. Kolam yang jernih juga bisa berubah menjadi berlumpur dan mendidih. 

Berada di antara Mammoth Hot Springs dan Old Faithful Area. Basin ini dibagi dua, Porcelain dan Back Basin, yang dihubungkan oleh jalan setapak dengan panjang total 4,8 km. Diperlukan +/-2 jam untuk mengelilingi keduanya.

Jangan melewatkan yang ini:

  • Porcelain Spring– area yang sangat dinamik, penuh dengan atraksi spring dan geyser yang berganti-ganti sifatnya.
  • Whirligig Geyser– dengan ciri khas lekukan warna oranye dan hijau di sekitarnya yang disebabkan oksidasi zat besi dan kegiatan alga.
  • Echinus Geyser– geyser asam terbesar (pH 3-4).
  • Steamboat Geyser– geyser aktif paling tinggi di dunia, dengan semburan mencapai 91 m, dan lamanya 3-40 menit.  Waktu erupsi tak bisa diprediksi.
  • Aktivitas thermophiles (mikroorganisme yang hidup di area panas) yang menghasilkan warna hijau, kuning, oranye dan merah.

 

Aktivitas thermophiles

 

Kalau ada waktu, dalam perjalanan ke Norris dari Old Faithful Area, singgahlah ke Artists Paintpots.  Koleksi mud pots dan springs dilihat dari atas seperti botol-botol cat pelukis.

 

MAMMOTH HOT SPRINGS

Atraksi unik tempat ini adalah hot spring terraces. Karya alam ini terbentuk dari travertine, batuan kapur yang larut dalam air panas dari hot spring dan kemudian mengendap membentuk teras yang bertingkat-tingkat. Warna travertine yang putih susu bercampur kuning, hijau, coklat dan oranye, terbentuk berkat kegiatan thermophiles.

Kumpulan springs di Lower Terraces bisa dinikmati melalui boardwalk. Sedangkan area Upper Terraces bisa dilalui mobil.  Ada tempat parkir di dekat atraksi.

 

Jangan melewatkan yang ini:

  • Liberty Cap– hot spring yang tidak aktif lagi, berbentuk seperti tugu setinggi 14 m, konon sudah berumur 2.500 tahun. Terletak di depan boardwalk.
  • Pallete Spring dan Canary Spring– air panas yang mengalir turun dari teras-teras travertine ini terlihat seperti air terjun. Dijamin Anda suka melihat yang ini. Canary Spring juga mempunyai koleksi teras-teras putih susu yang kering, ditambah dengan pohon kering tak berdaun di sekelilingnya, memberi suasana yang sangat surreal.

 

Pallete Spring

 

Canary Spring

 

  • Orange Mould Spring– bentuknya berbeda dengan spring yang lain, seperti gumpalan raksasa.
  • Pasang mata waktu perjalanan dari Norris ke Mammoth atau sebaliknya, karena banyak fenomena alam menarik seperti Roaring Mountain, Obsidian Cliff dan Sheepeater Cliff.

 

MUD VOLCANO

Lebih kurang 10 km utara dari Fishing Bridge, tempat ini merupakan kumpulan kolam sulfur dan lumpur asam.  Beberapa fenomena yang menarik meliputi Sulphur Caldron (sebelum masuk Mud Volcano), Churning Caldron, Grizzly Fumarole dan Dragon’s Mouth Spring.

 

Dragon’s Mouth Spring

 

WEST THUMB GEYSER BASIN

Keunikan dari basin ini adalah lokasinya yang berada di tepi Danau Yellowstone.  Bahkan beberapa geyser berada di dalam air. Yang spektakuler, Abyss Pool (salah satu yang terdalam), Black Pool, Thumb Paint Pot, dan Fishing Cone. Untuk yang mau menikmati geyser dari sisi yang berbeda, bisa mengambil half-day kayaking (biaya USD 99).

 

Abyss Pool

 

(Bersambung)

Teks: Zuriah Saibun Foto: Zuriah Saibun, Shutterstock
Comment
Romanow

brunette teen foot https://nudenakedporn.blogspot.com/2020/08/which-one.html culonas

2020-08-23