PANDUAN CERDAS EKSPLOR FLORENCE 2020-04-23 00:00

Pemandangan kota tua Florence dari Piazzale Michelangelo

 

Florence atau Firenze, ibu kota wilayah Tuscany di Italia, adalah kota tempat lahirnya masa Renaissance di Italia yang terjadi pada abad ke-14 sampai ke-17 Masehi. Historic center kota ini atau kota tua adalah saksinya dan kita dapat menikmatinya hanya dengan berjalan kaki, mulai dari Firenze Santa Maria Novella Train Station sampai ke arah Sungai Arno. Rasa pegal akan terobati dengan pemandangan bangunan bersejarah yang keren dan aneka toko terutama tas kulit, serta aneka kafe.

 

DATA GEOGRAFI

Italia berada di Eropa Selatan dan berbatasan dengan Prancis, Swiss, Austria dan Slovenia. Sedangkan Kota Florence berada di wilayah Tuscany yang berada di tengah Italia.

 

Peta Italia

 

IKLIM

Kota ini memiliki 4 musim tapi di musim dingin salju jarang turun, jika ada pun sedikit. Kota ini paling ramai dikunjungi pada bulan April sampai Oktober.

 

VISA

Masuk ke Italia butuh Visa Schengen.

 

MATA UANG

Euro (EUR). EUR 1= +/-Rp16.700 (fluktuatif)

 

BAHASA

Bahasa Italia, namun petugas di sarana umum dan penjaga toko serta kafe dapat berbahasa Inggris.

 

ZONA WAKTU

Musim dingin: GMT+1

Musim panas: GMT+2

 

Baca juga: “Itinerary Keliling Italia Utara 10 Hari (Bagian 1)

 

CARA KE FLORENCE

Dari Jakarta ke Florence Airport Peretola tidak ada penerbangan langsung, harus transit 1-2x. Dengan KLM transit 1x tapi harga tiket PP agak mahal, di atas Rp20 juta. Disarankan dari Jakarta ke Paris dulu naik Garuda atau Air France dengan harga tiket PP Rp9-12 juta, lalu dari Paris naik Air France ke Florence dengan harga tiket PP sekitar EUR 240.

 

TRANSPORTASI DARI BANDARA KE TENGAH KOTA

Jarak dari Florence Airport ke area kota tua tidak jauh dan taksi adalah pilihan terbaik. Biayanya EUR 25-30.

 

TRANSPORTASI KERETA

ItaliaRail melayani rute ke stasiun kereta di kota ini, Firenze Santa Maria Novella Train Station, dari beberapa kota di Italia. Misalnya dari Venesia kita bisa naik kereta cepat sekitar 2 jam. Dari Roma sekitar 1,5 jam.

 

Stasiun Florence

 

Tersedia 2 kelas gerbong. First Class seharga kurang lebih USD 48 sekali jalan (beli online di www.italiarail.com bisa pilih membayar dalam USD, EUR, GBP, AUD atau CAD), yang super nyaman dan di depan gerbong biasanya tertulis angka 1 yang besar dan nomor gerbong tulisan kecil di bawah gerbong. Lalu Second Class yang lebih ekonomis seharga kurang lebih USD 28 sekali jalan.

 

TRANSPORTASI DI DALAM KOTA

Jalan kaki adalah satu-satunya cara terbaik untuk menikmati indahnya area kota tua. Dan disarankan naik hop on hop off citysightseeing bus untuk keliling ke wilayah modern di pinggiran kota dan ke kota kecil Fiesole yang letaknya bersebelahan dengan Florence.

 

Baca juga: “Itinerary Keliling Italia Selatan 10 Hari (Bagian 1)

 

PENGINAPAN

- Mercure Firenze Centro yang terletak sekitar 200 m dari Firenze Santa Maria Novella Train Station, dan tempat stop no.1 dari hop on hop off citysighseeing bus berada di samping hotel. Harga sekitar EUR 100/malam.

- Hotel Cerretani Firenze yang terletak di tengah kota tua. Harga sekitar EUR 180/malam.

 

TEMPAT-TEMPAT WISATANYA:

Dalam kota (Historic Center): Basilica Santa Maria Novella, Loggia del Mercato Nuovo, The Duomo, Palazzo Vecchio, Uffizi Gallery, Ponte Vecchio.

Pinggiran Kota: Piazzale Michelangelo.

Fiesole: Kota kecil di sebelah Kota Florence. Yang menarik dikunjungi antara lain Roman Amphitheater & Archeological, Piazza Mino.

 

Keterangan detil tentang tempat-tempat wisatanya ada di artikel selanjutnya.

 

Baca juga: “Temukan Pengalaman Kuliner Terbaik di Italia Selatan

 

KULINER

Ada 2 jenis makanan yang layak dicoba di berbagai kios atau kafe di sekitar historic center Florence:

- Pizza, harga seloyangnya sekitar EUR 20 dan ukurannya lumayan besar, diameternya sekitar 25 cm tapi ini porsi untuk 1 orang.

- Gelatto. Serupa dengan es krim tapi tak sama. Gelatto lebih creamy dan padat tapi kandungan lemaknya lebih rendah.

 

BARANG YANG LAYAK DIBELI

- Tas dan dompet kulit adalah produk khas kota ini, namun umumnya dibuat di China atau Vietnam. Harganya bervariasi, banyak yang murah.

- Baju dingin terutama saat promo layak dibeli.

Teks: Kumala Budiyanto Foto: Shutterstock
Comment
Crirway

cialis generic buy 2021 Jun; 26 6 492 503

2022-12-29