KOMITMEN ACCOR UNTUK MENGHAPUS PLASTIK SEKALI PAKAI 2020-02-24 17:55

 

Accor bergabung dengan Global Tourism Plastics Initiative PBB dan menghapus semua barang plastik sekali pakai di hotelnya pada akhir tahun 2022. Tindakan ini untuk mengurangi dampak lingkungan dan memerangi pencemaran plastik sekaligus merupakan langkah maju bagi industri perhotelan global dan bagi grup yang telah berkomitmen pada keberlanjutan selama bertahun-tahun.

 

Sébastien Bazin selaku Chairman & CEO Accor menyadari dampak signifikan sampah plastik dan akan terus bertanggung jawab guna menciptakan manfaat nyata bagi karyawan, tamu, pemasok, mitra dan komunitas sekitar. Semuanya tergantung dari kesadaran diri, kesadaran sosial dan konsistensi yang mendorong setiap orang untuk menjadi warga negara yang baik.

 

Accor bekerja dalam program pengembangan berkelanjutan selama 25 tahun terakhir. Selain komitmen menghilangkan semua sedotan plastik, pengaduk dan cotton buds, komitmen baru ini mencakup enghapusan perlengkapan mandi dan gelas plastik perorangan pada akhir tahun 2020. Penghapusan semua barang plastik sekali pakai yang tersisa di kamar tamu, area pertemuan, restoran, dan semua area aktivitas rekreasi pada akhir tahun 2022.

 

Sebanyak 94% Accor telah menghilangkan penggunaan sedotan, cotton buds dan pengaduk sedangkan 6% sisanya akan melakukannya pada akhir Maret 2020. Lalu 89% Ibis menggunakan dispenser untuk fasilitas seperti sampo. Ini berarti 2.087 hotel keluarga Ibis telah menjauhkan plastik sekali pakai untuk peralatan ini. Hotel Accor keluarga Ibis di Amerika Latin akan mengikuti inisiatif yang sama tahun ini.

 

Fairmont telah menggunakan standar konstruksi dan renovasi baru. Hotel-hotelnya menghadirkan keran penyaringan air di kamar untuk menghilangkan air kemasan. Selain itu, beberapa hotel Accor dalam portofolio grup merek-merek terkemuka dunia termasuk Novotel Paris les Halles, Novotel Yangon Max, Myanmar, Sofitel Bogota, banyak hotel di Bali & Lombok, Indonesia, Ibis Styles São Paulo Anhem, telah mengambil langkah masing-masing untuk menjadi bebas plastik ke arah 100%.

 

Salah satu tujuan utama Accor selain menemukan alternatif untuk plastik dan mengurangi dampak lingkungan adalah dengan secara positif mengubah pola pikir umum secara global dengan mengadopsi logika 3R: Reduce, Re-use, and Recycle. Sébastien Bazin terus berupaya untuk memenuhi komitmen, berterima kasih kepada para karyawan yang berdedikasi di seluruh dunia serta memiliki keyakinan yang sama dalam menjadikan dunia tempat yang lebih baik bagi para tamu.

 

Teks: Arief Nurdiyansah
Comment