ITINERARY & ESTIMASI BIAYA EKSPLOR PALEMBANG 3 HARI 2020-07-04 00:00

Jembatan Ampera di waktu malam

 

Memandang Jembatan Ampera yang melintang di atas Sungai Musi pada malam hari tentu menjadi hal wajib jika berkunjung ke Palembang, Bumi Sriwijaya yang menyimpan segudang jejak kejayaan Nusantara di masa lalu. Dan lengkapi kunjungan Trippers ke ibu kota Provinsi Sumatera Selatan ini dengan melihat beberapa peninggalan sejarah di situs arkeologi maupun museum. Waktu 3 hari sangat pas untuk mengeksplornya. Tentu saja jangan lewatkan juga wisata kulinernya yang juara.

 

Baca juga: “Itinerary Eksplor Pagar Alam (Sumatera Selatan) 4 Hari

 

HARI 1. JAKARTA–PALEMBANG. EKSPLOR PALEMBANG

- Dari Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II naik mobil sewaan ke hotel atau langsung eksplor.

- Ke Pempek Saga Sudi Mampir sekadar ngemil pempek panggang yang terkenal di sini. Di sebelahnya ada Toko Nyenyes yang menjual aneka T-shirt yang desainnya kreatif.

 

Aneka pempek

 

- Makan siang di RM Pindang Meranjat Ibu Ucha di Jl.Demang Lebar Daun No.14. Semua varian menu pindangnya maknyus, ada pindang ikan, pindang tulang sapi dan pindang udang. Bagi penyuka durian, pepes tempoyak patinnya juga tak boleh dilewatkan.

 

Pindang ikan

 

- Ke Situs Arkeologi Bukit Siguntang di Kelurahan Bukit Lama Kecamatan Ilir barat I. Sekitar 4 km dari pusat kota Palembang. Di sini terdapat peninggalan purbakala yang berkaitan dengan Kerajaan Sriwijaya.

 

Bukit Siguntang

 

- Ke Taman Kambang Iwak, melihat aktivitas penduduk lokal di taman kota kebanggaan warga Palembang ini.

- Melihat dari luar Benteng Kuto Besak di tepi Sungai Musi di bagian Ilir. Bisa ngopi di warung terapung yang banyak sandar di tepi sungai (jam bukanya pkl.16.30-21.00). Sekalian cari tukang perahu untuk esoknya ke Pulau Kemaro.

- Memandangi Jembatan Ampera di waktu malam. Lanjut makan malam ringan di sepanjang tepi sungai.

 

Tepi Sungai Musi

 

HARI 2. EKSPLOR SUNGAI MUSI SAMPAI KE PULAU KEMARO

- Jam 8 atau 9 menuju dermaga di depan Benteng Kuto Besak. Naik ketek-ketek (perahu klotok) yang sudah dipesan untuk menyusuri Sungai Musi menuju Pulau Kemaro. Perjalanan 30 menit. Kalau naik speedboat tentu lebih cepat, sekitar 15 menit. Di Pulau Kemaro yang highlight-nya adalah pagoda indah, kita bisa menghabiskan waktu 30 menit sampai 1 jam.

 

Pulau Kemaro

 

- Baliknya masih dengan perahu, mampir ke Kampung Kapitan, masih di tepi Sungai Musi. Lalu dengan perahu kembali ke dermaga.

- Mobil sewa sudah menunggu, lanjut makan siang ke Mie Celor 26 Ilir H. Syafei.

- Ke Zainal Songket di Jl. Ki Gede Ing Suro untuk melihat-lihat dan membeli songket. Sekalian melihat para pekerjanya menenun.

- Mampir ke Pempek & Es Kacang Vico, selain ngemil pempek tentunya, yang terkenal di sini es kacang merahnya. Rasanya nagih!

 

Es kacang merah Vico

 

- Ke Toko Musi Mania beli T-shirt lagi. Nggak kalah kreatif desainnya dari Nyenyes.

- Sore menjelang malam ke Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II. Selain masjidnya indah, di seberangnya juga ada air mancur yang cantik buat difoto. Saat lampu-lampu udah nyala, wuiih cakep beut!

 

Air mancur di seberang Masjid Agung

 

- Makan di pusat kuliner malam di Jl.Radial yang menjual segala jenis makanan.

 

Baca juga: “Mengenal Lebih Dekat Sang Penjaga Rimba Sumatera

 

HARI 3. EKSPLOR PALEMBANG. PALEMBANG-JAKARTA

- Ke Museum Sultan Mahmud Badaruddin II. Jam buka: 08.00-16.00, kecuali Sabtu & Minggu tutup pkl.15.00. Ruang pamernya ada di lantai 2. Di dalam museum juga ada toko suvenir. Bangunan museum ini juga menarik untuk difoto karena merupakan bangunan peninggalan zaman kolonial.

- Memotret Jembatan Ampera dari daerah Ulu, masuk dari Kelenteng Soei Goeat Kiong (Chandra Nadi). Ini posisi terbaik jika motret pagi, nggak backlight.

- Masuk ke kelenteng untuk melihat masyarakat Tionghoa Palembang melakukan ibadah.

- Melihat-lihat Kompleks Olahraga Jakabaring yang pernah dipakai untuk PON XVI tahun 2004, SEA Games XXVI tahun 2011, dan Asian Games XVIII tahun 2018.

- Beli pempek sebagai oleh-oleh di Pempek Candy di Jl.Kapten A.Rivai No.567. Mereka sangat siap dengan packaging yang kuat dan rapi.

- Ke bandara untuk terbang kembali ke Jakarta.

 

ESTIMASI BIAYA: Rp2.900.000 per orang (berdasarkan sharing cost 4 orang, termasuk tiket pesawat Jakarta-Palembang PP)

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Raiyani Muharramah
Comment
Leoma

I have been surfing on-line more than three hours nowadays, but I never discovered any fascinating article like yours. It is pretty worth enough for me. In my opinion, if all webmasters and bloggers made good content material as you did, the net shall be much more helpful than ever before. Hi, I do think this is an excellent website. I stumbledupon it ;) I will revisit once again since I book marked it. Money and freedom is the best way to change, may you be rich and continue to help other people. Hello there! This article couldn't be written much better! Looking through this post reminds me of my previous roommate! He constantly kept preaching about this. I most certainly will forward this post to him. Fairly certain he's going to have a good read. Thank you for sharing! http://vans.com

2020-07-20