ITINERARY & ESTIMASI BIAYA EKSPLOR BANYUWANGI JATIM 4 HARI 2020-07-01 09:45

Kawah Ijen, primadona Banyuwangi

 

Banyuwangi, kabupaten paling timur di Jawa Timur ini selain terluas di Pulau Jawa (5.782,5 km2), juga menyimpan banyak potensi wisata. Walaupun beberapa tempat seperti Kawah Ijen termasuk juga dalam kabupaten tetangganya, Bondowoso, dan Taman Nasional Meru Betiri juga termasuk Kabupaten Jember. Untuk eksplor keseluruhan objek wisata yang menarik di Banyuwangi tentu butuh waktu berhari-hari, tapi kalau hanya 3 tempat yakni Kawah Ijen, Pantai Pulau Merah, dan Teluk Hijau di Rajegwesi (dalam kawasan TN Meru Betiri) 4 hari cukup. Berikut itinerary dan estimasi biayanya.  

 

HARI 1. JAKARTA-BANYUWANGI-SEMPOL

- Nggak perlu terbang terlalu pagi, tiba di Bandara Blimbingsari Banyuwangi sekitar pkl.11.00 pun OK. Dari bandara dengan mobil sewaan mampir dulu cari makan siang di Kota Banyuwangi.

- Langsung cuss ke Arabica Homestay, penginapan di daerah Sempol, favorit turis yang hendak ke Kawah Ijen.

- Santai di penginapan, atau melakukan wisata agro ke kebun kopi.

- Makan malam di penginapan, langsung istirahat, karena harus bangun tengah malam untuk trekking.

 

Baca juga: "Itinerary & Estimasi Biaya Eksplor Situbondo + Bondowoso Jatim 3 Hari"

 

HARI 2. KAWAH IJEN, PANTAI PULAU MERAH, RAJEGWESI

- Kalau tujuan ke Kawah Ijen untuk melihat blue fire yang terlihat sebelum sunrise (+/-sampai pkl.05.00), maka harus berangkat naik mobil dari Sempol ke Desa Paltuding (desa di kaki Gunung Ijen) maksimal pkl.00.00. Perjalanan +/-45 menit.

- Maksimal pkl.01.30 mulai mendaki setelah melapor dan membayar di pos. Jalan santai normal butuh waktu 2 jam. Tapi kalau Anda banyak istirahat dan sangat lambat, bisa 3 jam baru tiba di puncak. Memang sih sekarang ada jasa gerobak bagi yang nggak kuat jalan. Tapi kalau Trippers pilih ini, biayanya nggak termasuk dalam estimasi ya.

- Menikmati blue fire dari atas bisa, tanpa perlu turun ke tepi kawah. Tapi banyak turis yang turun ke bawah ditemani penambang belerang dan memakai masker pelindung.

 

Blue fire di Kawah Ijen

 

- Sekitar pkl.07.00 kembali turun ke pos di Paltuding, dan langsung kembali ke penginapan di Sempol. Sarapan, istirahat, mandi, check out sekitar pkl.11.00.

- Dalam perjalanan ke Pantai Pulau Merah di Kecamatan Pesanggaran, mampir makan siang di Kota Banyuwangi.

- Menjelang jam 5 sore tiba di Pantai Pulau Merah. Pantai ini cukup lengkap fasilitas turisnya. Kita bisa sewa kursi dan payung untuk leyeh-leyeh dan beli kelapa muda. Kamar bilas juga ada. Bisa berenang atau duduk aja nunggu sunset. Garis pantainya panjang dan ada pemandangan pulau menjulang yang tak jauh dari bibir pantai. Pulau ini tanahnya berwarna merah, jadilah dinamai Pulau Merah.

 

Pantai Pulau Merah

 

- Maksimal jam 6 sore sudah bergerak menuju Desa Sarongan di Rajegwesi. Tiba di sana +/- jam 8 malam. Makan malam dan menginap di rumah penduduk yang sudah dipesan melalui MER (Masyarakat Ekowisata Rajegwesi).

 

Baca juga: "Trippers, Pernah ke Bangsring Underwater di Banyuwangi Belum?"

 

HARI 3. PAKET TUR: PANTAI RAJEGWESI, TELUK HIJAU (TN MERU BETIRI), PANTAI PULAU MERAH

- Usai sarapan mulai paket tur dari MER pkl.08.00: jalan kaki ke Pantai Rajegwesi (hanya berjarak ratusan meter dari penginapan), keliling kampung melihat pembuatan gula dan kerajinan dari batok kelapa. Total durasi sekitar 1,5 jam. Sebenarnya kalau mau bangun pkl.04.00 bisa melihat aktivitas nelayan.

- Pkl.09.30 trekking ke Teluk Hijau. Di tengah perjalanan berhenti di Pengonga'an (view point) untuk melihat Teluk Damai, Pantai Batu, Teluk Hijau dari atas.

 

Pantai Batu

 

- Sambung jalan kaki lagi 10 menit setelah istirahat sebentar menikmati pemandangan di Pantai Batu, tibalah di Teluk Hijau yang sumpah cantik abis!! Dijamin bakal antusiasa foto-foto selfie dengan latar teluk yang warna airnya benar-benar hijau. Di kiri ada formasi karang, dan di ujung kanan ada formasi karang juga yang bisa dinaiki dan ada air terjun air tawar setinggi 8 m yang pas banget buat bilas usai main laut.

 

Teluk Hijau

 

- Snorkeling ke Watu Jaran yang harus dicapai dengan naik perahu, tapi deket aja kok. Alat snorkeling disediakan (termasuk dalam paket) tapi jumlahnya terbatas.

- Sekitar pkl. 14.00 balik naik perahu ke Pantai Rajegwesi. Yup, pulangnya nggak usah jalan kaki, tapi naik perahu +/-15 menit.

- Balik ke penginapan, mandi, packing, dan masih dapat makan siang lagi.

- Maksimal pkl.16.00 sudah harus berangkat karena waktu yang ditempuh untuk keluar dari TN Meru Betiri aja bisa 2 jam karena kondisi jalan yang nggak mulus (mungkin juga sekarang sudah mulus).

- Menginap di kawasan Pantai Pulau Merah, karena inilah yang terdekat begitu keluar dari Rajegwesi.

 

Baca juga: "Wowww, Ternyata Pantai Terbersih Se-ASEAN Ada di Indonesia"

 

Hari 4. BANYUWANGI-JAKARTA

- Perjalanan dari Pantai Pulau Merah ke Bandara Blimbingsari Banyuwangi sekitar 2 jam. Jadi silakan disesuaikan mau ambil penerbangan kembali yang jam berapa.

- Atau bisa juga mampir di Hutan De Djawatan di Benculuk untuk foto-foto di bawah kerindangan pohon-pohon trembesi. Jadi ambil penerbangannya yang paling sore dari Banyuwangi yakni jam 3 sore.

- Kembali ke Jakarta.

 

ESTIMASI BIAYA: Rp4.000.000 per orang (berdasarkan sharing cost 4 orang, termasuk tiket pesawat Jakarta-Banyuwangi PP).

Teks: Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Dammer Saragih, M. Reza Faisal, Mayawati NH
Comment
Shauna

This sort of clever work and coverage! Keep up the awesome works guys I?ve you guys to blogroll.| https://chaussuressemy.com

2020-08-15