GUMUK PASIR PARANG TRITIS YOGYAKARTA AKAN JADI LINTASAN LOMBA LARI 2019-08-06 00:00

 

Badan Geospatial dan Keraton Yogyakarta akan menggelar Lomba Lari jarak Jauh ‘The Royal Jogja Sand Dunes Geospatial RUN 2019’ (RJSGR2019). Kegiatan RJSGR2019 merupakan lomba lari yang menghadirkan keunikan lintasan lari dengan rute 80 persen jalan aspal/semen, yang melewati jalan raya dan jalan desa di sekitar Parangtritis dan rute lainnya, serta melewati pantai dan gumuk pasir Parangtritis dan lorong cemara.

Ajang ini bertujuan untuk  memperkenalkan salah satu objek wisata di Jogjakarta yaitu Gumuk Pasir Parangtritis, yang ternyata merupakan bukit pasir terluas, yang ada di Asia Tenggara.

Sepertinya masih banyak yang belum mengetahui bahwa area Pantai Parangtritis memiliki bukit pasir besar yang terletak di kawasan pantai Parang Kusumo yang disebut Gumuk Pasir Parang Kusumo (Gumuk berarti Bukit; Pasir berarti Pasir). Fenomena alam yang unik ini pun harus dipromosikan secara luas, guna menginformasikan tujuan wisata baru yang layak dikunjungi ketika berada di Jogjakarta, bagi wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Salah satu cara untuk mempromosikannya yang paling efektif, tentunya melalui ajang lomba lari yang menggalang partisipasi masyarakat. Harapannya peserta lomba yang berpartisipasi dapat menikmati keindahan pantai selatan tersebut dan menumbuhkan rasa bangga terhadap keelokan alam Indonesia.

Akan ada dua kategori pada RJSGR2019 yang akan dilaksanakan pada 27 Oktober 2019 mendatang, yaitu 6K dan 10K. Sebagai bagian dari perayaan 50 tahun Badan Informasi Geospasial (BIG), RJSGR2019 didukung penuh oleh Kraton Jogjakarta.

Pendaftaran ini dibuka hingga 27 September 2019 atau sampai target peserta terpenuhi. Sistem registrasi peserta menerapkan first come first served, para peserta yang lebih cepat mendaftar akan dilayani terlebih dahulu oleh sistem registrasi tersebut.

Panitia memberikan harga spesial early bird, berupa potongan 30 persen dari harga regular. Pendaftaran regular 6K yang seharusnya Rp140 ribu, pada tahap early bird menjadi Rp95 ribu. Demikian juga pendaftaran regular 10K yang seharusnya Rp180 ribu, menjadi Rp120 ribu. Penawaran early bird ini berlangsung hingga 7 Agustus 2019.

Bagi komunitas pecinta lari yang mendaftarkan diri secara berkelompok, diberikan diskon khusus sebesar 20 persen. Pendaftaran kelompok dibuka pada 8 Agustus 2019 hingga 15 Agustus 2019.

Peserta dapat mendaftarkan diri melalui website http://www.sanddunesrun.id.

Comment