CARA GAMPANG MENGEKSPLOR GRAND CANYON 2019-12-23 00:00

 

Grand Canyon yang merupakan satu dari 7 keajaiban alam dunia ini terletak di wilayah Arizona, West Coast USA. Memulai perjalanan ke Grand Canyon paling pas dari Las Vegas. Wilayah yang bisa dikunjungi terbagi 3 yaitu West Rim, South Rim dan North Rim. South Rim dan North Rim dikelola oleh Grand Canyon National Park, sedangkan West Rim dikelola oleh Hualapai Indian Tribe. Grand Canyon National Park panjangnya 446 km dan lebar 6-29 km, dipisahkan menjadi 2 yaitu North Rim dan South Rim oleh Colorado River dengan kedalaman sampai 1.600 m. Tulisan ini lebih terfokus pada South Rim.

 

WEST RIM

Letak West Rim lebih dekat dari Las Vegas yaitu 196 km dan dapat ditempuh sekitar 2 jam berkendara. Fasilitasnya sudah lebih dikembangkan tapi tentunya lebih menguras kantong. Di sini tersedia skywalk dan juga bisa menyusuri Colorado River dengan boat dan sebelumnya harus menggunakan helikopter dulu untuk turun ke dasar.

 

NORTH RIM

North Rim berjarak 442 km dari Las Vegas dan hanya bisa diakses pada pertengahan Mei sampai pertengahan Oktober karena saat musim dingin wilayah ini bersalju dan sulit dilalui.

 

Jarak rata-rata antara South Rim dan North Rim adalah 16 km, tapi untuk mencapai North Rim dari South Rim diperlukan 5 jam perjalanan menempuh jarak 354 km antara South Rim Village dan North Rim Village karena harus memutar.

 

Baca juga: "8 Tradisi Unik Tahun Baru di Amerika Latin"

 

SOUTH RIM

South Rim dapat dikunjungi sepanjang tahun dan saat musim dingin tidak bersalju karena letaknya 350 m lebih rendah dari North Rim.

 

South Rim berjarak 447 km dari Las Vegas dan dalam perjalanan ke tempat ini kita akan melalui Route 66 yang dibangun tahun 1926 yang merupakan mother road-nya USA, yang selanjutnya terus berkembang dari Chicago sampai Santa Monica, California.

 

Udara panas menyambut kita saat memasuki wilayah South Rim walaupun banyak pepohonan. Spot pertama yang kita capai adalah Visitor Center. Kita dapat menstempel cap Grand Canyon sebagai kenang-kenangan.

 

BERIKUT SPOT-SPOT DI SOUTH RIM:

Mather Point

 

Lekukan dan gradasi warna Grand Canyon dapat kita nikmati dari sini yang berlokasi sangat dekat dengan Visitor Center. Mather Point memang adalah spot utama serta favorit pengunjung bukan karena spot lain kalah cantik tapi karena spot ini paling dekat dan sarana parkir juga luas. Spot ini umumnya menjadi tujuan dalam paket tur.

 

Bright Angel Point

 

Lekukan dan gradasi di sini lebih cantik dan lebih mudah untuk difoto karena tidak dibatasi pagar besi. Lokasi ini juga umumnya menjadi tujuan tur karena selain melihat indahnya canyon, di sini kita juga bisa melihat 2 bangunan kuno yang terbuat dari batu dan kayu. Yang pertama Lookout Studio, dibangun tahun 1914. Cobalah mengambil foto dari lantai 2 bangunan ini dan yang difoto berdiri di lantai 1, hasilnya akan bagus karena dilatari canyon yang tampak luas. Kedua adalah Kolb Studio yang didirikan tahun 1904 oleh Emer dan Ellsworth Kolb, dua bersaudara yang banyak mengabadikan indahnya Grand Canyon pada masa lalu. Perahu dan peralatan foto yang mereka pakai dapat kita saksikan di tempat ini.

 

Berfoto di Lookout Studio, must pose

 

Hopi Point

Pemandangan yang lebih dekat ke bagian atas canyon dapat dilihat di lokasi ini dan lekukan dalamnya canyon tidak tampak seperti di Mather Point dan Bright Angel.

 

Untuk menuju Hopi Point dapat menggunakan free shuttle bus arah Hermitt Road (pada tanggal 1 Maret sampai 30 November Hermitt Road ditutup untuk kendaraan pribadi).

 

Yaki Point

Spot yang hanya dapat dicapai dengan free shuttle bus arah Desert View Drive ini adalah tempat favorit para penggemar sunrise dan sunset di Grand Canyon.

 

Sunset di Yaki Point

 

BERAPA LAMA WAKTU KUNJUNGAN YANG DIPERLUKAN?

South Rim memungkinkan dikunjungi dalam satu hari pulang pergi dari Las Vegas tapi spot yang dikunjungi tidak bisa banyak, biasanya hanya Mather Point dan Bright Angel saja. Jika punya waktu luang, tidak ada salahnya menginap 1 malam di Bright Angel Lodge sehingga kita bisa mengeksplor lebih banyak dan menikmati sunrise dan juga sunset di sini.

 

MENUJU LOKASI DENGAN APA?

Paling mudah dengan mengikuti tur, selain itu bisa dengan kendaraan pribadi atau bahkan kereta dari Kota Williams (di Nothern Arizona). Jika ikut tur kita bisa memilih tur 1 hari atau yang menginap 1 malam. Biasanya mereka akan atur setengah hari pertama kita digabung dengan day tour hari itu dan pulangnya digabung dengan rombongan day tour hari berikutnya. Tur umumnya menawarkan beberapa pilihan, seperti day tour (USD 90) atau 2 days tour South Rim, North Rim dan West Rim (USD 274). Kita dapat memesan online pada tur lokal seperti http://www.grandcanyontourcompany.com

Teks: Kumala Budiyanto Foto: Kumala Budiyanto, Shutterstock
Comment