40 FAMILY HOLIDAY SPOTS (Bagian 3) 2016-06-08 00:00

Trans Studio Bandung

 

Liburan panjang segera tiba. Sudahkah keluarga Indonesia memilih lokasi liburan? Kalau belum boleh simak nih. MyTrip kali ini mengulas tempat-tempat yang seru, menarik dan bahkan menantang untuk dikunjungi bersama anak-anak, keponakan, atau bahkan keluarga besar. Silakan pilih sesuai dengan kondisi keluarga Anda. Jangan lupa, siapkan alas kaki yang nyaman, pakaian ganti, topi, sunglasses dan yang paling wajib: kamera! Just pack & go and have a happy holiday!

 

15. TRANS STUDIO BANDUNG

Memang lebih nyaman jika bisa main dengan anak-anak Anda sepuasnya tanpa gangguan cuaca seperti hujan dan panas. Arahkan saja kaki Anda ke Trans Studio Bandung (TSB), karena theme park ini hadir dengan konsep indoor yang nyaman dan aman untuk anak-anak. Kalau pengen lebih lama di sini, Anda bahkan bisa menginap karena di dekat TSB tersedia hotel dan juga Trans Studio Mall. Ada 20 wahana seru yang dibagi dalam 3 zona; Studio Central (kemegahan klasik ala Hollywood dan New York), Lost City (negeri para petualang yang haus tantangan) dan Magic Corner (kawasan sejuta keajaiban yang tiada habisnya). Selain itu TSB bertaburan show dan performance dengan beberapa main show spektakuler yang dapat Anda nikmati di Trans City Theatre, Amphitheatre dan Special Effects Show. Ada juga Trans Studio Parade yang akan menghibur Anda dan keluarga.

 

Tips:

  • Siapa tahu ada promo atau special show, rajin-rajinlah mengecek terlebih dahulu.
  • Ambil peta untuk panduan dan rute wahana.
  • Beberapa wahana menerapkan minimal tinggi badan untuk dapat dinaiki oleh anak-anak.
  • Nggak boleh bawa makan dan minuman dari luar.

Lokasi: Kawasan Terpadu Trans Studio Bandung, Jl. Gatot Subroto No. 289, Bandung, 40237. Telp: 022-91099999

Cocok untuk: segala usia

 

16. DE’ RANCH

 

 

Naik kuda pasti jadi pengalaman yang tak terlupakan bagi anak-anak Anda. Nggak perlu bingung karena tinggal mengajak mereka ke De’ Ranch di Lembang, Bandung. Tempat wisata ini memang menawarkan wisata ala koboi. Anak-anak akan keliling trek khusus sambil menunggang kuda. Nggak perlu takut, karena masing-masing kuda diawasi satu orang kusirnya. Ingin yang ramai-ramai? Tersedia juga delman yang akan membawa Anda keliling. Serunya, saat menunggang kuda Anda bisa pakai rompi dan topi koboi. Selain berkuda anak-anak juga bisa puas bermain di sini. Ada flying fox, trampoline, balon air, sepeda track, perahu dayung, dan masih banyak lagi. Buat orangtua yang menunggu, restoran di sini cukup nyaman untuk menunggu sambil melihat pemandangan pegunungan di sekitar. Sebelum pulang mampir dulu ke area jajanan dan toko oleh-oleh ya. 

 

Tips:

  • Anak-anak di bawah 7 tahun nggak usah takut, karena bisa naik kuda poni (jenis kuda yang lebih kecil).
  • Jangan datang  terlalu siang atau sore agar bisa menikmati pemandangan dengan jelas.

Lokasi: Jl. Maribaya No. 17, Lembang, Bandung. Telp. (022) 2785865

Cocok untuk: >3 tahun

 

17. KAMPUNG GAJAH

 

 

Terletak di daerah Lembang, Kampung Gajah adalah tempat yang menggabungkan wisata alam, belanja, dan kuliner. Dengan lebih dari 20 wahana permainan yang bisa dicoba, sebut saja Mini ATV, Horse Riding, Mini Buggy, Formula Kart, Slide Car, Child Playground, dll. Tiket satuannya masing-masing punya tarif berbeda. Kalau anak-anak Anda ingin mencoba wahana permainan air, ada waterboom, dengan permainan di antaranya; Wavepool, Octopus Racer, Big Tornado, dan lainnya. 

 

Tips:

  • Sesampai di sini, rencanakan anak-anak mau main apa saja supaya Anda nggak bingung.
  • Siapkan makanan dan baju ganti untuk anak-anak saat main di waterboom.

Lokasi: Jl. Sersan Bajuri KM 3,8 Bandung. Telp: (022) 88884011/88884012

Cocok untuk: >3 tahun

 

18. SAUNG ANGKLUNG MANG UDJO

 

 

Inilah wadah untuk mengenalkan seni, budaya, dan alat musik tradisional Indonesia kepada anak-anak. Saung Angklung Mang Udjo bisa dibilang pusatnya kesenian angklung yang memang berasal dari Jawa Barat. Terdapat panggung pertunjukan, pusat kerajinan bambu, serta workshop pembuatan angklung, di mana anak-anak bisa langsung melihat proses pembuatan angklung. Pertunjukan biasanya dimulai dengan aksi wayang golek bersama dalangnya, dilanjutkan dengan penampilan tari-tarian yang diiringi lagu khas Jawa Barat (lengkap dengan angklungnya). Yang seru, di akhir pertunjukan Anda bisa diajak menari dan bahkan merasakan main angklung dalam sebuah “konser” massal. 

 

Tips:

  • Pertunjukan angkung dimulai sore hari, jadi datanglah 30-60 menit lebih awal agar mudah mencari parkir dan bisa berkeliling terlebih dahulu.
  • Kalau mau ikut workshop harus konfirmasi jauh hari lebih dulu.

Lokasi: Jl. Padasuka No. 118, Bandung. Telp: (022) 7271714.

Cocok untuk: >5 tahun

 

19. OBSERVATORIUM BOSSCHA

 

 

Inilah salah satu tempat peneropongan bintang tertua di Indonesia. Tempat ini memang nggak bisa  didatangi sesuka Anda --ada waktu-waktu tertentu. Pada kunjungan siang Anda dapat melihat cara kerja teleskop Zeiss dan anak-anak akan dapat pengetahuan dan informasi mengenai astronomi. Sedangkan kunjungan malam hanya bisa dilaksanakan jika cuaca cerah (tidak mendung, hujan, atau berkabut). Pengunjung dapat melihat kerja teleskop Zeiss, mendapat informasi astronomi, serta meneropong langsung dengan teleskop Unitron dan teleskop Bamberg. Jadi, anak-anak bisa meneropong dan melihat bintang serta bulan dengan lebih jelas.

 

Tips:

  • Pastikan Anda sudah mengecek jadwal sebelum jauh-jauh pergi ke Bosscha.  
  • Datang tepat waktu sesuai jadwal.

Lokasi: Jl. Peneropongan Bintang Lembang Bandung 40391. Telp. (022) 2786001

Cocok untuk: >6 tahun

 

20. FLOATING MARKET

 

 

Ternyata bukan hanya Thailand dan Banjarmasin yang punya pasar terapung, Bandung pun punya wisata rekreasi serupa. Di pinggiran danau banyak gazebo yang di sekelilingnya ditanami banyak pohon. Namun, pengunjung memang belum bisa berbelanja dengan perahu seperti pasar terapung lainnya. Perahu yang menjajakan dagangan didekatkan ke pinggir danau. Yang dijual beragam mulai dari makanan sampai tanaman. Selain itu ada juga beberapa wahana permainan air seperti kano, sampan, sepeda air. Ada pula taman kelinci, taman angsa, dan kolam ikan. Untuk bertransaksi  Anda harus menggunakan koin.

 

Tips:

  • Tukar uang untuk membeli koin sebaiknya secukupnya saja. Karena kalau tidak terpakai dianggap hangus.
  • Sediakan uang tambahan untuk bermain di wahana.

Lokasi: Jl. Hotel No. 33 E Lembang – Bandung. Telp. (022) 2787766

Cocok untuk: >5 tahun

 

21. TAMAN KUPU-KUPU

 

 

Berdiri di atas lahan seluas 1,7 hektar, Taman Kupu-kupu di Bandung ini sangat asri dengan dekorasi yang menarik secara visual. Koleksinya sekitar 300 kupu-kupu yang berasal dari 35 jenis. Uniknya, tiket masuknya berupa sebuah pin kupu-kupu yang bisa dibawa pulang. Pengunjung yang datang akan ditemani pemandu yang akan memberikan penjelasan mengenai kupu-kupu, termasuk soal proses metamorfosis dari larva sampai menjadi kupu-kupu sempurna. Anak-anak bisa melihatnya langsung di Green House. 

 

Lokasi: Jl. Cihanjuang Km 3,3 No.58, Desa Cibaligo, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat. Telp: (022) 60822222

Cocok untuk: >3 tahun

 

22. DUSUN BAMBU

 

Dusun Bambu menjadi destinasi wisata andalan baru di sekitar Lembang, Bandung. Di lokasi yang udaranya sejuk itu pengunjung selain disuguhi pemandangan alam yang indah, juga disediakan beberapa wahana permainan yang cocok untuk anak-anak seperti naik perahu keliling danau, area playground, labyrinth, restoran dan penginapan yang ditata secara unik dan menarik. Salah satu restoran yang unik, karena menyediakan tempat seperti bentuk sarang burung (Lutung Kasarung) yang disewakan mulai Rp 150.000 per-jam sejak hidangan pertama datang. Saat menuju lokasi pengunjung diantar dengan mobil hias bak terbuka bernama Wara Wiri.

 

Tips:

-          Sedia payung, karena cuaca kadang cepat berubah dari cerah menjadi hujan.

-          Karena outdoor pakailah kostum yang nyaman jenis kasual serta sepatu yang enak untuk jalan.

-          Untuk anak-anak siapkan pakaian ganti, maklum banyak aktivitas di lokasi ini yang membuat anak-anak basah berkeringat.

 

Lokasi: Jl. Kolonel Masturi KM 11, Situ Lembang, Cisarua, Bandung. Telp. (022) 82782020

Cocok untuk: >3 tahun

 

(Bersambung)

Teks: Diona Ratrixia K, Maulana Alam, Adi Pamungkas Foto: Adi Pamungkas, Daniel Kampua, Dendy Indra, Ganang Arfiardi, Hartadi, Dok.MyTrip
Comment