30 OBJEK WISATA DI BELITUNG. TRIPPERS SUDAH KE BERAPA TEMPAT? (Bagian 2-Tamat) 2020-09-03 00:00

 

Bumi Laskar Pelangi yang berada di Provinsi Bangka Belitung menawarkan destinasi wisata yang amat beragam. Tak hanya pantai dengan hamparan batu granit raksasa, tapi juga bukit, danau, rumah adat, sampai binatang langka. Berikut 30 objek wisata di Belitung yang nggak bisa habis dieksplor kalau Trippers hanya ke Belitung 4 hari 3 malam. Harus datang lagi dan lagi.   

 

Bagian 1 silakan baca di sini.

 

KECAMATAN MEMBALONG

Kecamatan Membalong berada di selatan Kabupaten Belitung yang berjarak kira-kira 1,5 jam berkendara dari Kota Tanjung Pandan.

15. BATU BAGINDE

Batu Baginde adalah sebuah kawasan di mana terdapat batu granit raksasa yang seolah-olah mencuat dari muka bumi dan dikelilingi rimbunnya hutan. Sebenarnya ada dua Batu Baginde dalam satu kawasan, namun yang saat ini bisa didaki Batu Baginde yang kecil.

 

Dari area parkir kita harus mendaki masuk ke dalam rimba selama 20 menit. Begitu sampai di atas, lansekapnya yang menghadap ke Batu Baginde yang besar menyegarkan mata. Diperkirakan Batu Baginde yang besar memiliki tinggi 150 m.

 

Memandang Batu Baginde besar di kejauhan

 

Baca juga: “Panduan Cerdas Eksplor Belitung

 

16. PANTAI PENYABONG

Gerah sehabis memanjat Batu Baginde, kita bisa melanjutkan perjalanan ke pantai di selatan Belitung, yaitu Pantai Penyabong, yang berjarak kira-kira 10 menit berkendara dari Batu Baginde. Di pantainya terhampar batu-batu granit raksasa. Kita bisa menaiki bebatuan granit ini untuk berfoto-foto dari beragam sudut pengambilan gambar.

 

Suasana Pantai Penyabong

 

Di antara banyaknya batu tersebut, ada gugusan batu yang berbentuk gorila sedang duduk menatap laut serta batu gajah beriringan yang menjadi ikon pantai ini.

 

Batu berbentuk gorila sedang duduk

 

KECAMATAN BADAU

17. BATU MENTAS

Tarsius Bancanus saltator

 

Jangan sampai meninggalkan Belitung tanpa sempat melihat Tarsius Bancanus saltator, binatang primata terkecil di dunia. Kalau ingin melihatnya langsung di “rumah”-nya berangkatlah langsung menuju kawasan Hutan Lindung Batu Mentas, sekitar 30 menit berkendara dari Tanjung Pandan. Di sini ada dua cara untuk bertemu dengan binatang nokturnal ini, yakni dengan mengikuti tur pada malam hari pukul 19.00 WIB demi melihatnya di hutan, atau cukup melihatnya di kandang yang luas pada siang hari.

 

18. MUSEUM BADAU

 

Museum kecil di Jl. Badau ini dijaga langsung oleh generasi ke-10 Kerajaan Badau. Kerajaan Badau merupakan salah satu kerajaan kecil yang pernah berdiri di Belitung tahun 1500, dan merupakan pecahan Majapahit. Salah satu koleksi Kerajaan Badau yang paling tersohor adalah Tombak Log 13 yang menyimpan kekuatan magis. Info menariknya, meski diletakkan dalam lemari kayu berkaca, namun lemarinya pantang dikunci.

 

Baca juga: “Mari Mengenal Natuna Lewat Pantai Batu Kasah

 

19. PULAU LEEBONG

Umumnya pantai di Belitung menyajikan pemandangan batu granit raksasa, tapi Pulau Leebong justru kebalikannya. Salah satu sisi pulau ini justru tidak memiliki batu apa pun, hanya pasir timbul dengan pasir putihnya. Trippers bisa menjumpai banyak bintang laut di sini. Pasir timbul yang luasnya sebesar lapangan sepakbola ini juga dilengkapi ayunan dan hammock.

 

Pasir putih Pulau Leebong

 

Ada juga sisi Pulau Leebong lainnya yakni tempat Leebong Resort berada. Di sini terdapat fasilitas kamar mandi dan kamar bilas, juga restoran. Tersedia juga sarana watersport seperti banana boat, kayak dll.

 

Untuk menuju Pulau Leebong sebaiknya reservasi dulu dengan agen travel lokal sehari sebelumnya. Titik kumpul di Pelabuhan Ruh yang berjarak 30 menit berkendara dari pusat kota Tanjung Pandan. Jarak dari Pelabuhan Ruh menuju pasir timbul hanya 35 menit.

 

20. PASAR RIMBA ALAM BAHAGIA

Pasar Rimba Alam Bahagia hanya buka hari Minggu. Pasar yang ada di Dusun Aik Desa Kacang Butor ini merupakan pasar digital khusus vegetarian pertama di Indonesia. Berada di tengah alam bebas, suasana pasar sangat hijau dan ramah alam karena hampir tidak ditemukan penggunaan plastik. Area ini juga bebas asap rokok dan tidak ada satu pun yang menjual daging.

 

 

Beberapa warung tampak menjual berbagai makanan dan minuman mulai dari pempek hingga es lilin. Ada juga sebuah warung yang menjual sayur-sayuran dan hasil bumi organik yang berasal dari kebun milik Pasar Rimba Alam Bahagia.

 

Pasar ini menerapkan sistem cashless di mana pengunjung terlebih dahulu menukar uang dengan koin yang akan dijadikan alat pembayaran di warung.

 

Baca juga: “Panduan Kuliner dan Oleh-Oleh Khas Bengkulu

 

BELITUNG TIMUR

21. KOTA MANGGAR

Kota Manggar, kota terbesar di Kabupateen Belitung Timur dikenal dengan julukan “Kota 1001 Warung Kopi” karena banyaknya warung kopi di seantero kota. Salah satu yang terkenal Warung Kopi Atet.

 

22.  SD MUHAMMADIYAH GANTONG “LASKAR PELANGI”

 

Bangunan sekolah yang khusus dibangun untuk keperluan syuting film Laskar Pelangi (2008) menjadi tujuan wisata setelah film itu meledak. Tapi sebenarnya bangunan sekolah ‘palsu’ itu pun sudah dibongkar dan yang dikunjungi wisatawan adalah replikanya. Replika pertama pun sudah nggak digunakan. Yang Trippers kunjungi sekarang replika kedua yang sudah pindah ke Desa Bukit Raya, masih di Kecamatan Gantong. Desa Bukit Raya memang dikembangkan sebagai kawasan wisata Laskar Pelangi.

 

23. MUSEUM KATA ANDREA HIRATA

Museum ini tentunya baru ada setelah film Laskar Pelangi. Berada tak jauh dari rumah Andrea Hirata di Gantong. Yang dipajang adalah foto-foto adegan film Laskar Pelangi serta kata-kata mutiara dari Andrea Hirata.

 

24. PANTAI BURUNG MANDI

 

Terletak 70 km di sebelah timur laut dari pusat kota Belitung, tepatnya di Manggar. Inilah salah satu pantai di Belitung yang tidak memiliki batu granit. Di tempat ini selain ada pantai juga terdapat bukit bernama Bukit Bayu yang di lerengnya terdapat Vihara Kwan Im.

 

25. VIHARA BUDDHAYANA/ VIHARA KWAN IM

 

Berada di kawasan Pantai Burung Mandi, vihara ini merupakan vihara terbesar di Belitung. Di bangunan utama terdapat altar Dewi Kwan Im. Selain bersembahyang, di vihara ini pengunjung juga bisa minta diramal dengan memberikan uang seiklasnya.

 

26. PANTAI SERDANG

 

Merupakan pantai dengan hamparan pasir putih berkilau. Di sekitar pantai banyak pohon pinus, membuat suasana menjadi teduh. Lebih elok lagi, di sepanjang pantai berjajar perahu-perahu nelayan tradisional yang bercat warna-warni. Air lautnya pun tenang dan cocok untuk berenang.

 

27. NAM SALU OPEN PIT

 

Dulu ketika Belitung menjadi pusat pertambangan timah, tersebutlah sebuah tempat di Belitung Timur yakni Nam Salu Open Pit yang memiliki endapan timah terkaya di Asia Tenggara. Tempat yang dibuka sejak zaman penjajahan Belanda ini selain kaya akan hasil tambang juga memiliki aneka bebatuan unik serta dipercaya sebagai tempat penemuan salah satu jenis fosil tertua di dunia. Keunikan tempat ini yang menyisakan sebuah ceruk dalam bak danau raksasa berair biru dan jernih ini pun lantas menjadikannya sebagai salah satu situs geosite di Belitung. Lokasi: Desa Senyubuk, Kecamatan Kelapa Kampit. Dari Kota Manggar) sekitar 36 km.

 

Baca juga: “Banyak, Banyaaaak Pantai Menarik di Bangka Selain Pantai Parai

 

28. PULAU AYAM BESAR  

Luasnya sekitar 1,5x lapangan bola dan dijadikan lokasi kemping wisata. Trippers bisa main air di pantai sambil menikmati sunrise maupu sunset di sini. Pulau ini berlokasi di Desa Batu Penyu Kecamatan Gantong. Ke sini naik perahu dari dermaga Jembatan Gantong Manggar.

 

29. PULAU AYAM KECIL (GUSONG)

Tak jauh dari Pulau Ayam Besar, ditempuh naik perahu 20 menit, terdapat gusong pasir yang dikenal sebagai Pulau Ayam Kecil. Di sini Trippers bisa berenang dan snorkeling.

 

30. KAMPOENG AHOK BELITUNG TIMUR

Ahok alias Basuki Tjahaja Purnama lahir dan besar di Manggar. Karier politik Ahok yang bersinar saat ia menjabat Wakil Gubernur DKI dan akhirnya Gubernur DKI membuat kampung kelahirannya pun ikut terkenal. Jadi dibuatlah Kampoeng Ahok di seberang rumah orangtuanya. Di sini dipajang memorabilia Ahok dan dijual pernak-pernik bertema Ahok. Juga ada restoran yang menjual aneka masakan khas Belitung.

 

 

Teks: Adi Pamungkas, Lenny Lim, Mayawati NH (Maya The Dreamer), Raiyani Muharramah Foto: Adi Pamungkas, Haryanto, Hendri Yuliansyah, Lenny Lim, Mayawati NH, Raiyani Muharramah, Sofhian
Comment
Windy

Way cool! Some extremely valid points! I appreciate you writing this post and also the rest of the site is very good. Hola! I've been following your site for a while now and finally got the bravery to go ahead and give you a shout out from Porter Texas! Just wanted to mention keep up the fantastic job! I’ll immediately clutch your rss as I can’t in finding your e-mail subscription hyperlink or newsletter service. Do you’ve any? Kindly let me realize so that I may subscribe. Thanks. http://marketing.com

2020-09-13
Montaj Parbriz Mercedes O 305 1981

Its like you read my mind! You appear to know a lot about this, like you wrote the book in it or something. I think that you can do with a few pics to drive the message home a little bit, but instead of that, this is wonderful blog. A fantastic read. I will certainly be back. https://vanzari-parbrize.ro/parbrize/parbriz-daewoo-lacetti_hatchback_klan_-2014-18644.html

2020-09-10