10 TOURIST ATTRACTIONS IN YOGYAKARTA (Bagian 2-Tamat) 2020-08-26 00:00

Hutan Pinus Mangunan

 

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tak hanya Kota Yogyakarta, tapi masih ada Kabupaten Bantul, Gunungkidul, Kulon Progo, dan Sleman. Tiap sudut kabupaten maupun kotanya menyapa wisatawan dengan ragam wisata andalan, dari pantai yang indah, gunung yang memukau, warisan budaya yang mengagumkan, kerajinan tangan yang bercita rasa, dsb. Berikut 10 pilihan MyTrip.

 

Bagian 1 bisa dibaca di sini.

 

6. GUA RANCANG KENCONO

Uniknya gua ini, berada di bawah naungan pohon klumpit berukuran raksasa yang telah berusia lebih dari 2 abad. Untuk menuju gua harus jalan kaki dari lokasi parkir sekitar 50 m lalu masuk guanya dengan menuruni tangga batu.

 

 

Lokasi: Desa Bleberan Kecamatan Playen Kabupaten Gunungkidul. 1-1,5 jam berkendara dari Kota Jogja.

Tiket masuk: Rp13.000

Must pose: Berfoto di mulut gua yang ada pohon klumpitnya, tambah keren kalau pas langit biru yang nampak di antara celah ranting pohon klumpit.

Must do: Jangan hanya puas sampai pelataran gua, tapi berjalanlah terus sampai ketemu ruangan yang sempit dan sangat gelap. Di sini terdapat sebuah lukisan bendera Merah Putih disertai kata-kata penyemangat yang ditujukan bagi para pejuang Indonesia. Ke sini sebaiknya bersama pemandu lokal.

Cocok untuk: Wisata keluarga.

 

Baca juga: “Ada Gua Unik di Gunungkidul Nih, Gua Rancang Kencono Namanya

 

7. PANTAI SIUNG

Pantai Siung kini punya Garden Beach, sebuah taman berupa jembatan kayu sepanjang 200 m yang mengitari tebing pantai, menghubungkan Pantai Siung dengan Pantai Nglambor.

 

 

Lokasi: Desa Purwodadi Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul.

Tiket masuk: Rp10.000

Tiket Garden Beach: Rp15.000

Must do:

- Menyusuri jembatan kayunya sambil menikmati deburan ombak menghantam karang-karang.

- Main air di pantainya.

Cocok untuk: Anak-anak >9 tahun.

 

Baca juga: “5 Pantai Instagrammable di Yogyakarta yang Bisa Dieksplor dalam 2 Hari

 

8. DESA WISATA NGLANGGERAN

Ada objek lain yang bisa dieksplor di sini selain Gunung Api Purbanya, yakni Air Terjun Kedung Kandang yang mempunyai 6 tingkat dan Embung Nglanggeran yang merupakan danau buatan. 

 

Air Terjun Kedung Kandang

 

Lokasi: Desa Nglanggeran Kecamatan Patuk Kabupaten Gunungkidul. 1 jam berkendara dari Kota Jogja.

Tiket masuk Gunung Api Purba: Rp15.000 (siang) dan Rp20.000 (malam).

Tiket masuk Embung Nglanggeran: Rp10.000 (siang) dan Rp15.000 (malam)

Tiket masuk Air Terjun Kedung Kandang: Rp7.000.

Must do:

- Mendaki Gunung Api Purba Nglanggeran. Titik tertingginya dinamai Gunung Gedhe dan memiliki ketinggian 700 mdpl. Dari puncak terlihat keseluruhan panorama alam yang sangat menakjubkan. Embung Nglanggeran juga terlihat dari kejauhan. Di puncak ini kita juga bisa menunggu sunrise maupun sunset. Total waktu mendaki 1 jam.

- Naik ke gardu pandang kayu di Embung Nglanggeran agar bisa menangkap panoramanya secara utuh.

- Jalan kaki ke Air Terjun Kedung Kandang dengan jalur di antara persawahan sejauh 500 m.

 

Warning: Mengingat Air Terjun Kedung Kandang merupakan air terjun musiman, begitu cuaca mulai mendung atau gerimis, segeralah meninggalkan lokasi karena akan terjadi banjir besar saat hujan turun.

 

9. PASAR KAKILANGIT

Pasar ini menampilkan nuansa alam yang dipadukan dengan tradisi Jawa. Beberapa penjual mengenakan busana adat Jawa. Yang dijual makanan tradisional tempo dulu. Uang untuk berbelanjanya pun menggunakan kepingan uang dari kayu. Panggung teaternya mempertunjukkan  musik tradisional maupun tarian.

 

 

Lokasi: Dusun Cempuk Desa Mangunan Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul. 1 jam berkendara dari Kota Jogja.

Jam buka: 07.00-12.00 (Sabtu dan Minggu)

Menunya: Nasi rames, bledak, oseng daun pepaya, oseng jamur, oseng pepaya muda, mie letek, kupat tahu, gudeng mangar, lontong opor, soto sapi, ayam kampung, kacang rebus, jagung rebus, tahu guling, tiwul, tempe bacem, gembrot, bubur ndeso, jadah; minumannya wedang uwuh dan es kuwut.

Cocok untuk: Wisata keluarga.

 

Baca juga: “Jajan dengan Uang Kayu di Pasar Kakilangit


10.  HUTAN PINUS MANGUNAN

Lahan seluas 500 ha yang mayoritas ditumbuhi pohon pinus dan suasananya sangat adem ini menjadi lokasi wisata selfie. Beberapa wahana foto dibuat seperti rumah pohon, jembatan, termasuk juga meja kursi di posisi strategis buat berfoto dan gardu pandang. Di Kecamatan Dlingo ini memang banyak sekali lokasi wisata selfie yang memanfaatkan keberadaan hutan pinus.

 

 

Lokasi: Desa Mangunan Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul.

Tiket masuk: Rp2.500

Must pose: Berfoto di bawah barisan pohon pinus dan di gardu pandang menjelang sore.

Cocok untuk: Semua umur.

 

Baca juga: “Ada Apa Saja di Hutan Pinus Mangunan Bantul?

 

 

Teks: Arief Nurdiyansah, Clara Soca Atisomya, Mayawati NH (Maya The Dreamer) Foto: Arief Nurdiyansah, Clara Soca Atisomya, Irma Supena, Mayawati NH
Comment