MENGINAP DI MANA DI PULAU GALANG? DI KELONG ALMIRA AJA! 2019-09-03 00:00

Suasana cozy di Kelong Almira, banyak sofa di terasnya

 

Berwisata ke Pulau Galang di mana terdapat Kampung Vietnam atau Memorial of Galang kurang afdol kalau nggak menghabiskan minimal satu malam di sana. Dulu-dulu memang orang yang ke Pulau Galang, termasuk para mantan pengungsi atau anggota keluarga pengungsi Vietnam yang datang lagi untuk ziarah atau bernostalgia, menginap di Batam karena di Galang nggak ada penginapan. Batam dan Galang terhubung oleh Jembatan Barelang dan jaraknya 1-1,5 jam berkendara.

 

Baca juga: "Rumah Panggung Ini Boleh Dicari Kalau ke Selayar"

 

Tapi sekarang, tepatnya sejak 2 Juni 2015 sudah ada Kelong Almira Spa & Villa di Pulau Galang, Batam, Provinsi Kepulauan Riau, tepatnya di Desa Sijantung. Lokasinya sangat dekat dengan Pantai Mirota yang populer sebagai tempat aktivitas air dan high rope. Dari Kampung Vietnam juga nggak jauh, hanya sekitar 10 menit berkendara.

 

Teras Kelong Almira menghadap teluk

 

Kelong Almira dibangun di atas air di dalam teluk dengan bangunan yang terbuat dari kayu, membuat suasananya homey dan natural. Penginapan ini juga memanjakan para tamunya dengan banyaknya sofa-sofa dan kursi-kursi santai di teras yang luas yang menghadap ke laut dan Jembatan Barelang 5. Jadi para tamu bisa duduk-duduk santai di depan kamar ditemani terpaan angin sepoi-sepoi. Bisa menanti sunrise juga dari teras vila.

 

Bisa melihat sunrise dari teras vila

 

Sudut untuk bersantai

 

Tempat untuk bersantai

 

Aktivitas yang bisa dilakukan di sekitar area vila antara lain memancing, kayaking, dan malam hari bisa bebas berkaraoke. Serta tentu saja berspa ria. Sedangkan aktivitas di luar yang bisa dilakukan dan pemesanannya bisa lewat pengelola vila antara lain bermain banana boat dan high rope di Pantai Mirota, snorkeling, diving, cycling, offroad, dan tentunya mengunjungi Kampung Vietnam.

 

Kami ber-18 akhir Juli 2019 lalu mengambil paket menginap 1 malam di Kelong Almira. Siang hari pertama begitu check in kami menuju Pantai Mirota untuk berbanana boat. Harganya murah banget, cuma Rp25.000 per orang. Tapi kami nggak bayar lagi karena sudah paket. Pantainya ternyata bersih dan airnya jernih banget, hijau turkois.

 

Usai berbanana boat kami lanjut main high rope. Sebelum melakukan kegiatan yang cukup menguras tenaga dan menguji keberanian di ketiggian ini, petugas dari Tarzan Galang (yang mengelola high rope) memberikan pengarahan dan melakukan simulasi dulu. Peralatan keamanan juga dipakaikan, aman pokoknya. Ada kurang lebih 12 tantangan kalau nggak salah yang harus kami lewati. Diawali dengan flying fox dan diakhiri dengan flying fox juga. Seru banget, apalagi usia mayoritas kami sudah nggak muda lagi, uhuk...

 

Diawali dengan flying fox

 

High rope bersama Tarzan Galang dan Kelong Almira

 

High rope, menguji ketangkasan dan keberanian

 

Malam hari di vila kami dapat makan malam barbeque yang sangat melimpah. Makan kenyang, lanjut karaokean sampai joget-joget segala hingga tengah malam. Puas.

 

Esok pagi harinya usai sarapan kami berangkat dengan mobil ke Kampung Vietnam. Apa saja yang kami lihat dan dapat di sana, bisa dibaca di tulisan sebelumnya di sini. Dari Kampung Vietnam kami kembali ke vila, makan siang, plus masih sempat leyeh-leyeh lagi di teras, sebelum akhirnya check out sekitar jam 1 siang.

 

Kalau nggak ambil paket, bisa kok menginap saja, per malam kamar AC Rp500.000 (promo), kalau nggak promo Rp750.000. Ada 12 kamar tersedia. Untuk tiap aktivitas yang dipilih tinggal bayar per aktivitas. Memancing misalnya Rp50.000, kayaking juga Rp50.000, pijat tradisional Rp150.000 per jam.

 

Kamar di Kelong Almira

 

Ruang makan di Kelong Almira

 

Bagi yang hanya mau mampir leyeh-leyeh tanpa menginap juga bisa kok, tinggal bayar Rp10.000 per orang. Untuk reservasi Kelong Almira hubungi saja Mandy di nomor HP 081284662385.

Teks: Mayawati NH Foto: Aries Kristiono, Dok. Kelong Almira, Mayawati NH, Myati Djunita, Ninuk, Priyo Tri Handoyo
Comment