KAMPUNG EMAS, SERASA PULANG KE KAMPUNG HALAMAN

KAMPUNG EMAS, SERASA PULANG KE KAMPUNG HALAMAN

Saturday, 10-11-2018 | 21:54

Menu Berkat Dalem

 

 

Adakalanya sebagian orang yang tinggal di kota besar merasa jenuh dengan makanan yang biasa dijual di mal atau restoran modern. Hal ini yang terkadang membuat mereka memilih back to nature untuk sekadar menikmati makanan dengan suasana alam nan asri.

 

Adalah Kampung Emas, sebuah desa yang menawarkan menu makanan tradisional di tempat yang relatif tenang dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan, tempat yang biasa menjadi persinggahan untuk makan siang bersama keluarga ataupun kerabat.

 

Menu utama yang menjadi andalan Kampung Emas adalah ingkung ayam. Berbeda dengan ingkung kuali kukus di Desa Wisata Kalakijo, ingkung ayam di Kampung Emas ini hanya digoreng dan disuguhkan dengan ubo rampe atau lauk pauk yang disajikan untuk melengkapi hidangan utama, seperti oseng-oseng tempe, sayuran gudangan, sambal, rempeyek dan juga nasi gurih.

 

Sebagai penambah cita rasa tradisional, menu makanan ini dilengkapi pula dengan minuman wedang sere sebagai penghangat tubuh. Minuman ini dikemas dalam sebuah teko yang terbuat dari tanah liat dan gelasnya pun memakai cangkir berukuran mungil.

 

Seluruh hidangan istimewa tersebut terangkum dalam sebuah nama yaitu Berkat Dalem. Nama Berkat Dalem sama halnya dengan tradisi kenduri, sebuah tradisi Jawa yang biasa dilakukan sebagai rasa syukur kepada Tuhan.

 

Dalam hal penyajiannya pun terbilang unik. Di sini tidak disediakan piring melainkan anyaman dari janur daun kelapa dan daun pisang yang didesain menjadi bentuk piring. Begitu nikmat, apalagi tempat untuk menyantapnya berada di sebuah pondok kayu di tepi persawahan di daerah pedesaan.

 

 

Lokasi Kampung Emas sendiri tepatnya di Dukuh Plumbungan, Desa Putat, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Tempat ini mudah sekali ditemukan, letaknya strategis tak jauh dari jalan utama Yogyakarta-Wonosari dan tempat wisata Gunung Api Purba Nglanggeran.

 

Kampung Emas dikelola secara mandiri oleh warga setempat yang sebagian diisi oleh Ibu-ibu. Mereka mulai menyadari tentang arti pentingnya potensi desa hingga pada akhirnya desa tersebut disulap menjadi desa wisata yang digemari banyak orang. Kampung Emas buka setiap hari mulai pukul 08.00-18.00 dan untuk harga menu Berkat Dalem adalah Rp165.000 per paket.

 

Bagi yang berminat mengunjungi Kampung Emas, lokasi ini bisa dijangkau dari Bandara Adi Sucipto, Yogyakarta dengan jarak 25 km atau sekitar 45 menit berkendara. Disarankan untuk memesannya terlebih dahulu 1-2 jam sebelum kedatangan, sebab proses pemasakan membutuhkan waktu yang cukup lama. Pemesanan bisa langsung menghubungi salah satu pengelola Kampung Emas di no Hp 0877-3818-3901.

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Clara Soca Atisomya

2 COMMENTS


Budi Nov 10, 2018 Reply

Kampung emas. Aku pengin kesana. Kalo dilengkapi dgn maps tentu lebih baik


Mayawati Nov 22, 2018

Terima kasih usulannya


803

Back to Top