COBAIN DEH INGKUNG KUALI DI KALAKIJO. DIJAMIN NAMBAH!

COBAIN DEH INGKUNG KUALI DI KALAKIJO. DIJAMIN NAMBAH!

Sunday, 04-11-2018 | 08:24

Menu ingkung kuali yang menggiurkan

 

Bagi pemburu kuliner menemukan masakan olahan berbahan dasar ayam mungkin hal yang biasa. Sudah terlalu biasa pula kalau cara disajikannya hanya cukup digoreng atau dibakar. Lalu, pernahkah kalian terbayang ada racikan yang berbeda dan unik?


Semuanya bisa kalian temukan di Desa Wisata Kalakijo, Kecamatan Bantul, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Desa Kalakijo merupakan tempat berkumpulnya belasan warga Desa Kalakijo yang mencari rezeki lewat pondok sederhana bernama Ingkung Kuali Restaurant dengan menu andalan tentu saja ingkung kuali.

 

Tempat makan untuk rombongan di Ingkung Kuali

 

Maksud dari penyebutan ingkung kuali adalah proses pemasakan ingkung ayam atau ayam utuh yang sudah diberi bumbu, lantas dikukus di dalam kuali berbahan tanah liat. Kuali yang berukuran besar ini bisa menampung 8-9 ekor ayam utuh dengan memakan waktu 1 jam pengukusan menggunakan api dari kayu bakar.

 

Baca juga: "Mau Jajanan Tradisional, Datang Saja ke Pasar Unik di Bantul Ini"

 

Rasanya gurih dan lezat, apalagi menyantapnya ditemani keluarga atau sahabat di daerah pedesaan yang masih asri dan jauh dari kebisingan. Menu spesial ingkung kuali ini dibanderol Rp130.000 sudah termasuk nasi sebakul untuk 4 orang dan juga lalapan.


Selain ingkung kuali, restoran tradisional ini juga mempunyai deretan menu lain seperti ingkung rica, ingkung bakar, ingkung goreng dengan sajian pelengkap telur puyuh, urap, trancam, tahu tempe goreng, oseng godong kates (daun pepaya), wader goreng, peyek rebon dan kacang.

 

Seiring berjalannya waktu, Ingkung Kuali Restaurant semakin menampakkan kualitas serta kepopulerannya hingga akhirnya mereka sepakat untuk membuka 2 cabang lagi, yakni cabang 1 dan 3 di Desa Kalakijo sementara cabang 2 ada di Taman Siswa, Yogyakarta, sehingga total ada 3 cabang.


Cabang 1 dan 3 pengelolanya adalah warga asli Desa Kalakijo. Sistem yang diterapkan adalah bagi hasil dengan memberikan sebagian keuntungan untuk kemajuan desa. Sementara cabang 2 menerapkan sistem yang sama, pembedanya hanyalah pengelolanya bukan warga Desa Kalakijo.

 

Tempat makan lainnya di Ingkung Kuali

 

Dari 3 cabang tersebut, cabang 1 dan 3 merupakan favorit para tamu, karena selain sajian menu yang enak, suasana alam pedesaan turut menjadi pertimbangan banyak orang untuk lebih memilih 2 cabang ini. Bayangkan, cabang 1 dan 3 ini mampu menyiapkan total sekitar 140 ekor ayam setiap harinya. Wowww...


 

Desa wisata yang berslogan “Gotong Royong Majukan Desa Wisata” ini berjarak sekitar 20 km atau kurang lebih 45 menit dari Bandara Adi Sucipto, Yogyakarta. Kalian bisa santap siang di Desa Wisata Kalakijo pada hari Senin hingga Kamis pukul 09.00-17.00 dan hari Jumat hingga Minggu pukul 09.00-21.00.

 

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Clara Soca Atisomya

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


818

Back to Top