NASI KRAWU, KULINER LEGENDARIS MAKNYUS KHAS GRESIK

NASI KRAWU, KULINER LEGENDARIS MAKNYUS KHAS GRESIK

Sunday, 02-06-2019 | 07:58

 

Sebagian besar orang Jawa Timur sudah pasti tidak asing dengan Nasi Krawu. Ya, Nasi Krawu adalah kuliner legendaris asal kota industri Gresik yang sudah dikenal sejak lama. Bila dilihat dari sejarahnya, Krawu diambil dari kata Krawukan yang artinya mengambil nasi dan lauk tanpa bantuan alat alias memakai jari tangan secara langsung.

 

Selain nasinya yang pulen, Nasi Krawu dilengkapi lauk berupa sayatan daging sapi atau daging suwir berbumbu, jeroan sapi seperti babat, usus dan paru, sambal terasi, serta serundeng pedas dan manis. Meski tampil tanpa sayuran pelengkap, Nasi Krawu tetap istimewa dan sangat tepat menjadi pilihan untuk menu makan siang.

 

 

Di Gresik banyak sekali tempat yang menjajakan Nasi Krawu, mulai dari warung tradisional hingga rumah makan besar. Namun tempat yang paling direkomendasikan adalah Nasi Krawu Bu Timan. Di rumah makan ini Nasi Krawu disajikan dengan tambahan sup yang berisi usus sapi.

 

Baca juga: "Berani Coba Bakso Gurita Khas Gresik?"

 

Secara keseluruhan, Nasi Krawu memang pas di lidah. Banyak pengunjung luar kota yang selalu menyempatkan waktu guna mencicipi kuliner lezat satu ini. Istimewanya lagi, Nasi Krawu Bu Timan buka 24 jam, sehingga memudahkan pengunjung luar kota yang kemalaman di jalan saat mencari makan.

 

Nasi Krawu Bu Timan dibanderol dengan harga Rp25.000 per porsi belum termasuk minum dan kerupuk. Lokasinya berada di Jalan Veteran No. 881 Desa Dahanrejo Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Tempat tersebut bisa diakses dari Bandara Juanda Surabaya dengan jarak 45 km atau 1 jam berkendara.

 

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Clara Soca Atisomya

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


264

Back to Top