BERANI COBA BAKSO GURITA KHAS GRESIK?

BERANI COBA BAKSO GURITA KHAS GRESIK?

Thursday, 23-05-2019 | 18:01

 

Mungkin cukup aneh ya pas pertama kali denger ada Bakso Gurita. Tapi memang ada lho. Kuliner unik ini bisa Trippers temukan di Gresik, Jawa Timur. Bakso Gurita bukan berarti bakso yang diolah berasal dari daging gurita. Bakso tetap berbahan dasar daging sapi sementara gurita disajikan sebagai pelengkap.

 

Selain dikenal sebagai kota industri, Gresik juga terkenal sebagai surganya kuliner. Banyak makanan lezat dari Gresik yang pada umumnya berbahan dasar daging dan jerohan sapi ataupun beragam seafood. Salah satunya adalah Bakso Gurita ini.

 

Bakso Gurita memiliki ciri khas kuahnya yang pedas, gurih dan berminyak. Selain bakso dan tambahan gurita, terdapat pula tahu bakso, pangsit kering dan siomay sebagai pelengkapnya. Semua menyatu ke dalam sebuah mangkuk besar yang cukup membuat perut kenyang.

 

 

Setiap satu porsi bakso biasanya dibubuhi 2 hingga 3 ekor gurita dan diletakkan di posisi paling atas. Sementara untuk tingkat kepedasan, Trippers bisa request. Selain bakso gurita, ada pula bakso kepiting, bakso lobster dan bakso cumi. Masing-masing dibanderol dengan harga yang berbeda.

 

Bakso Gurita per porsi dihargai Rp20.000, Bakso Cumi Rp30.000, Bakso Kepiting dan Bakso Lobster  Rp35.000. Murah ‘kan? Wajar, Gresik sebagai kota pesisir sudah pasti kaya akan hasil lautnya, hal ini membuat harga seafood di Gresik terbilang sangat murah dibanding kota-kota lain.

 

 

Di luar menu bakso, masih ada menu lain seperti nasi goreng, mie goreng, sate, pentol goreng bumbu pedas, di mana semuanya tersaji dengan pelengkap gurita, kepiting, lobster atau cumi. Untuk harga menu-menu di atas mulai dari Rp15.000 hingga Rp35.000 per porsinya.

 

Baca juga: "Bantu Promosikan Pulau Mengare di Gresik Yuk! (Bagian 1)"

 

Satu-satunya tempat di Gresik yang menjual kuliner istimewa ini hanya ada di Bulnak Gresik. Alamatnya di Jl. Gubernur Suryo Desa Tlogopojok Kecamatan Gresik Kabupaten Gresik Jawa Timur. Sangat mudah diakses dari Bandara Juanda Surabaya dengan jarak 50 km atau sekitar 90 menit berkendara.

 

 

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Clara Soca Atisomya

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


399

Back to Top