KE MADURA BELUM LENGKAP KALAU BELUM NYICIP BEBEK SONGKEM

KE MADURA BELUM LENGKAP KALAU BELUM NYICIP BEBEK SONGKEM

Friday, 17-05-2019 | 21:09

 

Kalau ada yang tanya kuliner apa yang paling terkenal di Madura, saya berani taruhan pasti mayoritas bakal menjawab sate. Tidak dipungkiri, nama besar sate memang sudah sangat melekat dengan pulau yang berada di sebelah timur laut Provinsi Jawa Timur ini. Namun nyatanya, sate justru lebih familiar di luar Pulau Madura. Di Pulau Jawa misalnya, di mana pun tempat yang menjual sate sering terlihat ada embel-embel kata Maduranya. Sementara di dalam Pulau Madura sendiri, penjual sate malah cenderung sulit ditemukan.

 

Baca juga: "Panduan dan Tips Mengeksplor Bukit Kapur Arosbaya"

 

Perlu Trippers tahu, sebenarnya Madura tak hanya memiliki satu kuliner khas saja. Masih ada kuliner lezat lainnya yang perlu dicicip, salah satunya adalah menu olahan dari daging bebek. Nah, yang dikenal selama ini adalah Bebek Sinjay. Tapi yang diangkat kali ini adalah Bebek Songkem.

 

Bebek Songkem disebut-sebut sebagai makanan sehat bebas kolestrol. Pasalnya cara pengolahannya terbilang unik, yakni dengan cara dikukus tanpa menggunakan air namun menggunakan pelepah pisang. Kolestrol jahat dipercaya akan menempel di pelepah pisang sehingga tercipta menu masakan yang aman bagi kesehatan.

 

 

Bebek Songkem biasa disajikan dengan sambal mangga muda dengan tambahan lalapan daun kemangi dan irisan mentimun. Rasanya begitu gurih lezat, dagingnya empuk dan yang pasti membuat lidah ketagihan. Tempat yang menjual Bebek Songkem paling laris di Madura adalah Bebek Songkem Pak Salim. Tepatnya berada di Jalan Raya Ketengan No 85 Desa Tunjung Kecamatan Burneh Kabupaten Bangkalan. Untuk harga 1 porsi Bebek Songkem berkisar antara Rp21.000 hingga Rp28.000, 1/2 ekor Rp45.000 dan untuk 1 ekor berkisar antara Rp67.000 hingga Rp93.000.

 

 

Selain menyajikan olahan bebek, di sana juga menyediakan Ayam Songkem dengan harga berkisar Rp21.000 hingga Rp22.000 per porsi dan Rp67.000 hingga Rp68.000 untuk per ekornya. Terakhir, menu Burung Dara Songkem seharga Rp38.000 hingga Rp43.000 per porsi. Bebek Songkem Pak Salim buka mulai pukul 09.00 hingga pukul 21.00. Tempat ini mudah dijangkau dari Bandara Juanda Surabaya dengan jarak sekitar 98 km atau kurang lebih 3 jam berkendara.

 

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Clara Soca Atisomya, Priyo Tri Handoyo

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


758

Back to Top