NGAKU CINTA SOTO? UDAH PERNAH KE SINI BELUM?

NGAKU CINTA SOTO? UDAH PERNAH KE SINI BELUM?

Monday, 14-01-2019 | 23:55

Soto disajikan dalam mangkuk berbentuk hati

 

Ngomongin dunia persotoan sebenarnya Kabupaten Lamongan lebih menang nama lewat Soto Koyanya. Namun bukan berarti soto-soto dari daerah lain jadi kalah pamor lho! Masih banyak soto khas daerah lain yang masuk dalam daftar aneka soto cita rasa Nusantara. Salah satunya adalah Soto Pakelan Ny. Sien yang berlokasi di Jl. Untung Suropati Desa Pakelan Kecamatan Kediri Kota Kediri Jawa Timur ini.

 

 

Dibanding soto khas Kediri, Soto Pakelan memang lebih unggul baik dari ciri khas maupun cara penyajiannya. Ciri khas Soto Pakelan adalah dibubuhinya soun goreng sebagai pelengkap hidangan, sementara cara penyajiannya juga cukup unik, di mana mangkuk yang dipakai sebagai wadah berbentuk hati atau love. Terang saja di salah satu sudut tertera tulisan besar “I Love Soto”.

 

 

Soto Pakelan Ny. Sien yang berdiri sejak tahun 1990 ini tetap mempertahankan resep racikan keluarga dengan menggunakan rempah-rempah pilihan. Sementara daging ayam yang dipakai adalah daging ayam kampung, berpadu dengan 1/2 telur rebus, keripik kentang, soun rebus, soun goreng, bawang goreng, irisan daun seledri, kecambah matang dan bawah putih goreng, semuanyanya menjadi satu mangkuk cinta yang siap untuk disantap.

 

Baca juga: "Pecel Tumpang Kediri, Pingin Nambah Lagi dan Lagi"

 

O ya, kabar baiknya adalah Soto Pakelan Ny. Sien juga membuka cabang di Surabaya tepatnya di Jl. Ngagel Madya No.35 Desa Barata Jaya Kecamatan Gubeng Kota Surabaya Jawa Timur. Ini adalah cabang satu-satunya yang ada di Indonesia. Harga antara cabang Kediri dan cabang Surabaya pun sama, yakni semangkuk soto dihargai Rp20.000 sudah termasuk nasi. Selain itu tersaji pula menu tambahan seperti sate usus, sate telur, perkedel, tempe goreng atau tahu goreng sebagai penambah kelezatan.

 

Bagi Trippers pecinta kuliner soto yang kebetulan merencanakan liburan ke Kediri, rasanya tidak lengkap kalau belum mencicipi kuliner khas Kediri ini. Soto Pakelan Ny. Sien bisa diakses melalui Bandara Juanda Surabaya dengan jarak sekitar 120 km atau membutuhkan waktu kurang lebih 2,5 jam berkendara. Sementara Soto Pakelan cabang Surabaya hanya berjarak sekitar 20 km dari Bandara Juanda Surabaya dan butuh sekitar 30 menit berkendara.

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Clara Soca Atisomya

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


222

Back to Top