PECEL TUMPANG KEDIRI, PINGIN NAMBAH LAGI DAN LAGI

PECEL TUMPANG KEDIRI, PINGIN NAMBAH LAGI DAN LAGI

Thursday, 10-01-2019 | 17:49

 

Wajar bila predikat Kota Pecel disematkan ke Kota Madiun sebab di sana memang banyak dijumpai penjual pecel dari harga menengah hingga atas. Terus, kalau pecel tumpang pernah dengar belum? Nah, buat yang belum pernah mendengar sekaligus menikmati lezatnya pecel tumpang, kuliner tradisional ini bisa ditemukan di Kota Tahu, Kediri, Jawa Timur.

 

Di Kota Kediri terdapat satu ruas jalan mirip Jalan Malioboro di Yogyakarta, namanya Jalan Dhoho. Jalan satu arah ini merupakan pusatnya para pelancong yang khusus ingin menikmati kuliner khas Kediri, salah satunya pecel tumpang. Pada malam hari di sepanjang Jalan Dhoho ini banyak penjual pecel tumpang yang bertempat di halaman deretan pertokoan yang sudah tutup. Namun ada satu tempat yang tak pernah sepi, bahkan untuk membelinya wajib antre layaknya antre sembako, lokasinya ada di depan jalan masuk Stasiun Besar Kediri.

 

 

Walaupun harus antre, tenang saja, pelayanan meracik pecel tumpang terbilang cepat. Para pembeli pun tak perlu berdiri lama-lama menunggu giliran.

 

Baca juga: "Bakmi Pele Alun-Alun Lor Jogja, Bakmi Jawa Otentik"

 

Pada dasarnya pecel tumpang khas Kediri ini hampir mirip dengan pecel pada umumnya. Bedanya hanya pada bumbu tambahan berupa tumpang yakni sejenis bumbu kuah pedas yang terbuat dari tempe yang sudah basi atau tempe bosok dicampur dengan cabai, bawang, garam dan air.

 

Sementara sayuran pelengkap masih tetap sama, seperti kenikir, bayam, kangkung, daun singkong, daun pepaya, kacang panjang, kembang turi dan toge. Semua sayuran ini disiram dengan bumbu tumpang tadi. Sebagai lauk, tersedia berbagai macam seperti ayam goreng, kepala ayam goreng, sate usus, sate ampela, sate telur puyuh, tempe goreng, tahu goreng, telur mata sapi, telur dadar, perkedel, empal sapi dan masih banyak lagi. Pokoknya bikin kita pingin tambah lagi dan lagi deh!

 

 

Pecel tumpang pun disajikan dengan cara tradisional, yakni hanya menggunakan pincuk dari kertas berlapis daun pisang. Untuk satu porsi standar pecel tumpang dihargai Rp15.000. Jika ingin menambah lauk harganya bervariasi tergantung lauk apa yang dipilih.

 

Disajikan di pincuk

 

Bagi Trippers yang penasaran, silakan berkunjung ke Kediri tepatnya ke Jalan Dhoho, Desa Balowerti, Kecamatan Kediri, Kota Kediri, Jawa Timur. Bila ditempuh dari Bandara Juanda Surabaya berjarak sekitar 120 km atau sekitar 2,5 jam berkendara.

 

 

Teks: Arief Nurdiyansah Foto: Clara Soca Atisomya

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


372

Back to Top