9 OBJEK WISATA WAJIB DI EDINBURGH & CONTOH ITINERARYNYA

9 OBJEK WISATA WAJIB DI EDINBURGH & CONTOH ITINERARYNYA

Friday, 07-12-2018 | 06:10

 

Setiap kali berkunjung ke suatu kota, kita pasti ingin menyambangi tempat-tempat wajibnya. Tapi sering kali kita sudah siap dengan daftar tempat wajibnya tanpa tahu apa saja hal menariknya, bagaimana urut-urutan kunjungannya yang paling efisien waktu dan berapa hari waktu yang dibutuhkan. Berikut diberikan apa yang Anda butuhkan.

 

Baca juga: "Panduan Singkat ke Edinburgh"

 

1. KASTIL EDINBURGH

Tiket masuk: GBP 18,50

Jam buka: 09.30–18.00 (25 Maret–30 September)             

                     09.30–17.00 (1 Oktober–24 Maret)

Alamat: Castlehill, Edinburgh EH1 2NG

 

Kastil Edinburgh

 

Kastil ini landmark Edinburgh, bahkan Skotlandia. Dibangun awal abad ke-12, di atas bekas gunung berapi yang disebut Castle Rock. Berada di ketinggian 130 mdpl, terlihat megah dan kokoh. Dari puncak kastil kita dapat memandang Kota Edinburgh. Kastil ini cukup luas, diperlukan waktu setidaknya 3 jam untuk mengeksplornya.

 

Bangunan dan benda menarik yang tidak boleh dilewatkan di Kastil Edinburgh:

  • Royal Palace. Istana ini saksi peristiwa penting sejarah Skotlandia.
  • St. Margaret’s Chapel. Dibangun tahun 1130, mimbar masih asli, sementara interior lainnya seperti jendela kaca patri sudah diganti.
  • The Great Hall. Digunakan untuk upacara seremonial dan perjamuan resmi, desain interior ruangan ini banyak menggunakan gaya Renaissance.
  • The Stone of Destiny. Batu Takdir merupakan simbol kuno dan kuat monarki Skotlandia, sebagai saksi penobatan raja selama ratusan tahun. Dipajang bersama Permata Mahkota di Crown Room. The Stone of Destiny berbentuk batu blok berwarna kekuningan dengan berat 152 kg dan diukir dengan salib di atasnya.
  • Crown Jewels. Permata Mahkota Skotlandia, dikenal sebagai The Honours dari Skotlandia.
  • Mons Meg. Merupakan senjata terbesar di Eropa pada Abad Pertengahan. Berat meriam ini 6.970 kg dan panjang 4,6 m, sedangkan berat bola pelontarnya 175 kg dan diameternya 510 mm.

Mons Meg

 

  • Regimental Museum. Di museum militer ini dipajang senjata, pakaian militer dan barang pribadi Raja Skotlandia dengan informasi rinci.
  • Scottish National War Memorial. Monumen Perang Nasional Skotlandia untuk memperingati pahlawan yang meninggal pada Perang Dunia I danPerang Dunia II.

 

2. ROYAL MILE

Adalah nama sebuah jalan yang menghubungkan dua bangunan penting dan bersejarah, yaitu Kastil Edinburgh dan Istana Holyroodhouse di kawasan kota tua. Membeli oleh-oleh di sinilah tempatnya. Banyak toko suvenir yang menjual kartu pos, gantungan kunci dan magnet kulkas, juga ada toko kilt, pakaian khas Skotlandia untuk pria. Begitu juga kalau ingin mengisi perut, di Royal Mile banyak terdapat restoran dengan menu beragam.

 

Yang menarik di Royal Mile di antaranya: St. Giles Cathedral, gedung gedung cantik, seniman seniman yang menjadi patung di jalan, foto bersama pemain bagpipe dengan memberi imbalan sepantasnya.

 

Foto bersama pemain bagpipe

 

3. CAFE HUB

 

Terletak di Jalan Royal Mile, bangunan ini sekilas seperti gereja, tapi begitu kita masuk barulah kita tahu bangunan ini kafé. Di sini kita bisa ngupi-ngupi cantik sambil istirahat setelah berkeliling Kastil Edinburgh. Bujet untuk sarapan berdua GBP 20, sedangkan makan siang berdua GBP 30. Buka pkl.09.30-17.00 (Senin–Sabtu), pkl.11.00–17.00 (Minggu).

 

4. CALTON HILL

 

Terletak di sebelah timur Princess Street. Bukit ini sering dijadikan tempat santai di sore hari sambil memandang Kota Edinburgh, kawasan Arthur’s Seat dan Laut Firth of Forth sebelah utara. Di bukit ini terdapat monumen yang juga menjadi landmark Kota Edinburgh, di antaranya Monumen Nasional, Monumen Dugald Stewart dan Monumen Nelson. Adanya monumen-monumen ini membuat Calton Hill menjadi tempat yang pas terutama bagi para penggemar fotografi.

 

Baca juga: "10 Objek Wisata di London dan Panduan Stasiun Underground-nya"

 

5. MONUMEN SCOTT

Tiket masuk museum only: GBP 6

Tiket masuk ke semua tingkat: GBP 8

Jam buka: Senin–Sabtu pkl.10.00–19.00 (April–September)

                    Senin–Sabtu pkl.09.00–16.00, Minggu pkl.10.00-18.00 (Oktober-Maret)

 

Terletak di Princess Street, New Town. Monumen ini dibangun untuk mengenang penulis besar, penyair dan dramawan Skotlandia, Walter Scott. Dari atas monumen ini akan terlihat suasana dan pemandangan Kota Edinburgh. Selain itu juga terdapat sebuah museum kecil tempat pengunjung bisa mengetahui kisah Sir Walter Scott serta sejarah berdirinya monumen. 

 

6. ISTANA HOLYROODHOUSE

Tiket masuk:  GBP 14

Jam buka: 09.30–18.00 (26 Maret–31 Oktober)

                     09.30–16.30 (1 November–25 Maret)

Alamat: Canongate, The Royal Mile, EH8 8DX

Cara ke sana:

  • Dengan kereta, berhenti di Stasiun Edinburgh Waverley, lanjut jalan kaki 15 menit.
  • Bus rute 6 dan 35.

 

 

Kediaman resmi Raja Skotlandia di masa lalu ini terletak di ujung bawah Jalan Royal Mile, berseberangan dengan Kastil Edinburgh, dengan latar belakang Arthur’s Seat. Istana ini berdiri paling tidak pada abad ke-12 dan terus menjadi kediaman kerajaan hingga Penyatuan Mahkota Inggris dan Skotlandia tahun 1603. Pada masa Kerajaan Skotlandia istana ini digunakan sebagai tempat upacara resmi kerajaan. Sekarang sudah tidak ada lagi raja di Skotlandia, istana ini difungsikan sebagai tempat jamuan acara kenegaraan, sehingga sewaktu-waktu dapat ditutup untuk umum.

 

Ruangan yang dibuka dan boleh dikunjungi:

  • King’s Apartment. Bagian langit-langit dihiasi lukisan indah. Dalam ruangan banyak terdapat berbagai karya seni, atribut kerajaan seperti tongkat, pedang serta patung.
  • The Morning Drawing Room. Memiliki dekorasi dan desain interior yang paling indah. Ruangan ini menghadap ke arah timur di mana terdapat Palace Garden.
  • The Throne Room. Tempat makan siang keluarga kerajaan.
  • Royal Dining Room. Tempat makan malam keluarga kerjaan. Ruangan ini dihiasi lukisan King George IV, raja yang berjasa membangun istana ini untuk pertama kali.
  • Great Gallery. Ruangan yang paling luas di istana ini, memajang lukisan anggota keluarga kerajaan Skotlandia.

 

Selain mengunjungi Istana Holyroodhouse kita juga bisa mengunjungi puing-puing yang tersisa dari Holyrood Abbey, yang didirikan pada 1128.

 

7. THE QUEEN’S GALLERY

Tiket gabungan dengan Istana Holyroodhouse: GBP 19,10

Tiket masuk Gallery only: GBP 7

Jam buka: 09.30–18.00 (26 Maret–31 Oktober)

                      09.30–16.30 (1 November–25 Maret)

 

Terletak di ujung bawah Jalan Royal Mile, di pintu masuk Istana Holyroodhouse. Merupakan sebuah galeri seni untuk memamerkan benda-benda bersejarah koleksi kerajaan.

 

8. BUKIT ARTHUR’S SEAT

Cara ke sana:

  • Dengan kereta, berhenti di Stasiun Edinburgh Waverley, lanjut jalan kaki ke Holyrood Park 25 menit.
  • Bus rute 2, 14, 20, 33 dan 48.

 

 

Adalah bukit tertinggi (251 m) dan salah satu tempat yang terkenal untuk pendakian di Kota Edinburgh, terletak di kawasan Holyrood Park. Holyrood Park adalah taman dengan lansekap perbukitan seluas +/-260 hektar. Lokasi taman ini berdekatan dengan Istana Holyroodhouse.

 

Bukit ini terbentuk dari sisa-sisa letusan gunung berapi jutaan tahun lalu. Aliran laharnya membentuk sebuah tebing vertikal yang dinamai Salisbury Crag.

                                                                                                                     

Daya tarik lainnya di taman ini adalah adanya tiga danau, Dunsapie Loch, Duddingston Loch dan St. Margaret’s Loch. Bagi yang suka hiking bisa melakukan pendakian di bukit ini. Jalur pendakian yang paling mudah dan terkenal adalah dari arah Dunsapie Loch. Untuk mencapai puncaknya diperlukan waktu hiking +/-2 jam. Dari puncak Bukit Arthur’s Seat akan terlihat pemandangan Kota Edinburgh, Kastil Edinburgh, Istana Holyroodhouse, Royal Mile, Gedung Scottish Parlement dan Laut Firth of Forth.

 

Untuk pendakian dianjurkan membawa bekal makan dan minum, serta pakaian yang sesuai untuk menahan dinginnya angin. Jalur hikingnya sangat mudah sehingga nggak perlu pemandu dan nggak ada tiket masuk.

 

9. PRINCESS MALL

Jam buka: pkl.09.00–18.00

Merupakan mal yang populer di Edinburgh, diresmikan Ratu Elizabeth II tanggal 25 Juli 1985.

Menyediakan busana untuk remaja, wanita dan pria, serta toko suvenir dan restoran.

 

REKOMENDASI ITINERARY

Untuk mengeksplor Kota Edinburgh sebaiknya 3 hari dengan itinerary sebagai berikut:

Hari 1: Kastil Edinburgh, Royal Mile, Old Town, jangan lupa sekalian beli suvenir.

Hari 2: Hiking di Arthur’s Seat, menjelang sore ke Calton Hill untuk melihat sunset.

Hari 3: Istana Holyroodhouse dan The Queen’s Gallery, Monumen Scott, jika masih ada waktu jangan lupa mampir ke Princess Mall di Princess Street.

Teks: Hanik Proboningtyas Foto: Hanik Probiningtyas, www.coachholidays.com, www.introducingedinburgh.com, www.planetware.com

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


533

Back to Top