10 OBJEK WISATA DI LONDON DAN PANDUAN STASIUN UNDERGROUND-NYA

10 OBJEK WISATA DI LONDON DAN PANDUAN STASIUN UNDERGROUND-NYA

Tuesday, 06-11-2018 | 15:25

 

Apa yang ada di benak Anda jika mendengar kata London, ibu kota Inggris sekaligus United Kingdom? Kerajaan Inggris, Pangeran William, Kate Middleton, royal wedding Pangeran Harry dan Meghan Markle, tentara dengan topi berjambul tinggi seperti di kaleng salah satu merek biskuit, kota metropolitan dengan biaya hidup tinggi, Big Ben atau malah teringat Harry Potter? Apa pun itu, London sangat menarik untuk dieskplor. Berikut daftar objek wisata yang pantang dilewatkan saat Anda berkunjung ke London.

 

Baca juga: “Baca Ini Dulu Sebelum Berangkat ke London

 

1. BIG BEN & PARLIAMENT HOUSE

Westminster, London SW1A 0AA

Underground station: Westminster

Tiket Parliament Audio Tour: 18,50 pounds. Pemesanan harus jauh-jauh hari dan jadwal dapat dilihat di http://www.parliament.uk/bigben, http://www.parliament.uk/visiting/visiting-and-tours/tours-of-parliament/audio-tours/

 

 

Big Ben yang sejak 2012 diubah namanya menjadi Elizabeth Tower adalah jam gadang-nya London. Semua orang yang ke London pasti ingin foto di sini. Big Ben bersebelahan dengan Parliament House. Kalau mau masuk ke sana bisa tapi harus mendaftar jauh-jauh hari. Di seberang Big Ben ada London Eye yang dihubungkan dengan Jembatan Westminster.

 

2. LONDON EYE

Westminster Bridge Road, London SE1 7PB

Underground station: Westminster

Bus route no: 211, 77, 381

Jam buka: Setiap hari pkl.10.00-20.30 dan tutup lebih cepat saat hari libur. Tutup pada 25 Desember dan 5-16 Januari.

Tiket standar: 25,20 pounds (termasuk tiket nonton 4D cinema).

 

 

Dari atas London Eye yang merupakan roda pengamatan tertinggi di Eropa (135 m) kita bisa menikmati Kota London. Kalau nggak sempat naik, berfoto dengan latar belakang London Eye di pinggir Sungai Thames juga menarik. Ambil fotonya dari Jembatan Westminster ya!

 

3. BUCKINGHAM PALACE

Buckingham Palace Road, SW1A 1AA.

Underground station: Victoria, Green Park, St James's Park or Hyde Park Corner

Bus route no: 11, 211, C1, C10

Tiket: 25 pounds (The State Rooms)

http://www.royalcollection.org.uk/visit/the-state-rooms-buckingham-palace

 

 

Istana hanya dibuka untuk umum saat musim panas (jadwal tahun depan: 20 Juli-29 September 2019). Di musim lainnya kita hanya bisa mengunjungi halaman depannya dan menonton upacara pergantian penjaga yang dinanti-nantikan banyak wisatawan. Upacara dimulai pukul 11.30 tapi penonton sudah banyak datang dari pagi. Penontonnya selalu ramai, sampai-sampai banyak polisi berkuda yang berjaga. Kudanya keren-keren lho.... Hitam, tinggi, badannya mengkilap banget.

 

Di November sampai akhir msuim dingin acara ini nggak berlangsung tiap hari, hanya di tanggal ganjil atau genap, jadi lihat dulu webnya. Seragam penjaga saat musim dingin berbeda dengan musim lainnya, yaitu jas panjang abu-abu. Kalau musim lainnya baju atasan merah.

 

4. KING CROSS STATION PLATFORM 9 3/4

 

Mau belajar sihir bareng Hary Potter? Datanglah ke King Cross Station Platform 9 3/4 yang merupakan platform kereta Hogwarts Express menuju sekolahnya Harry Potter... Ini cerita di film, alam nyatanya, kita hanya bisa foto di platform ini. Ada penjaga yang akan membantu kita berfoto dan meminjamkan syal panjangnya Harry Potter. Kita bisa juga membeli foto dari mereka di tokonya Harry Potter atau bisa juga dengan kamera pribadi dan mereka tetap membantu terutama mengibarkan syal.

 

Stasiun ini nampak modern dan arsitekturnya cukup antik terutama King Cross St Pracas (di sebelah King Cross Station) yang melayani rute ke luar negeri seperti ke Paris dan Brussels. Perjalanannya melewati Channel Tunnel, terowongan bawah laut terpanjang kedua di dunia. Stasiun ini juga terhubung dengan national rail, Underground, bus dan taksi, disertai berbagai fasilitas termasuk kamar mandi dan penitipan bagasi.

 

5. GEREJA ST. PAUL

St. Paul's Churchyard, London EC4M 8AD

Underground station: St Paul

Bus route no: 4, 11, 15, 23, 25, 26, 100, 242

Jam buka: Senin-Sabtu pkl.08.30-16.00

Tiket: 16 pounds

 

 

Gereja ini berdiri sejak abad ke-3 tapi bangunan yang kita lihat sekarang adalah hasil pembangunan kembali oleh arsitek Sir Christoper Wren yang selesai tahun 1720 setelah sebelumnya ikut terbakar pada September 1666. Di gereja ini pernikahan Prince Charles dan Lady Diana dilangsungkan, berbeda dengan pada umumnya di mana pewaris tahta menikah di Westminster Abbey.

 

6. TRAFALGAR SQUARE

Trafalgar Square, Westminster, London WC2N 5DN

Underground station: Charing Cross

Bus route no: 24, 29, 176

 

 

Dulu sampai awal abad ke-19 tempat ini kandang kuda kerajaan. Sekarang telah berdiri National Gallery di mana terdapat lukisan-lukisan dan gratis tiket masuknya. Di depan National Gallery terdapat 4 patung singa dan patung Admiral Nelson yang gugur saat Perang Trafalgar melawan Prancis dan Spanyol pada abad ke-18. Juga ada area dengan air mancur di tengahnya. Trafalgar Square adalah area publik dan sering digunakan untuk demo.

 

7. BRITISH MUSEUM

Great Russell St, London WC1B 3DG

Underground station: Totenham Court

Bus route no: 1, 7, 8, 19, 25, 38, 55, 98, 242 berhenti di New Oxford Street atau no 10, 14, 24, 29, 73, 134, 390 berhenti di northbound on Tottenham Court Road, southbound on Gower Street. No 59, 68, X68, 91, 168, 188 berhenti di Southampton Row.

Jam buka: Pkl.10.00-17.30, kecuali hari Jumat tutup pkl.20.30. Tutup 24-26 Desember, 1 Januari dan Jumat Agung

Tiket: gratis tapi beberapa pameran dikenakan tiket masuk.

 

 

Museumnya sangat luas. Koleksinya pun dari periode waktu yang sangat lama. Ada uang abad belasan sebelum masehi. Tentu bentuknya bukan koin apalagi kertas, melainkan bentuk-bentuk unik dari bahan seperti batu dan ada juga yang dari kerang. Koleksi patung-patung Mesir juga ada di sini, termasuk mummy, tapi mummy exhibition ada tiket masuknya.

 

8. TOWER OF LONDON

London EC3N 4AB

Underground station: Tower Hill

Bus route no: 15, 42, 78, 100, RV1

Boat station: Tower Pier

Jam buka: Selasa-Sabtu pkl.09.00-17.30, Minggu-Senin pkl.10.00-17.30.

Jam pembelian tiket terakhir: Pkl.17.00

Tiket: 26,80 pounds

Audio Guide: 5 pounds

 

 

Tower of London tempat yang cocok untuk dijadikan pusat peringatan karena sejarahnya. Dibangun tahun 1078 dan mengalami penambahan serta renovasi. Penggunaannya juga bervariasi, mulai tempat penyimpanan senjata, lokasi Royal Mint, tempat penyimpanan Crown Jewels sampai sempat menjadi penjara termasuk tempat eksekusi hukuman mati. Ratu Elizabeth I yang dijuluki Virgin Queen (karena beliau tidak menikah), sebelum diangkat juga sempat dipenjara di tempat ini selama setahun pada masa pemerintahan Ratu Mary, karena dicurigai mendukung pemberontak Protestan.

 

9. TOWER BRIDGE

 

Jembatan gantung yang membentang di atas Sungai Thames sejak 1894 sepanjang 244 m dan lebar 61 m ini terletak dekat Tower of London. Jembatan ini bisa dibuka tutup seperti konsep jembatan kanal jika ada kapal besar lewat. Berfoto dengan latar jembatan ini wajib hukumnya saat ke London. Berfotolah dekat samping Tower of London yang mengarah ke Tower Bridge.

 

10. KENSINGTON PALACE

Kensington Gardens, London W8 4PX

Underground station: High Street Kensington

Bus route no: 70, 94, 148, 390 berhenti di Bayswater Road atau no 9, 10, 49, 52, 70, and 452 berhenti di Kensington High Street.

Jam buka: Senin-Minggu pkl.10.00-18.00. Tutup 24-26 Desember dan 26-30 Januari.

Jam pembelian tiket terakhir: Pkl.17.00.

Tiket: 19,50 pounds

 

 

Istana ini merupakan kediaman resmi Lady Diana dan saat ini menjadi kediaman resmi Little Prince George dan baby Princess Charlotte, dan tentunya mom and dad-nya yaitu Prince William & Kate Middleton dan beberapa om dan tantenya.

 

Istana yang dikelilingi taman luas ini telah menjadi kediaman resmi keluarga kerajaan sejak abad ke-17. Banyak warga lokal yang bermain-main di taman ini bahkan bersama anjingnya. Jadi taman istana bisa dinikmati warga secara gratis. Di dekat istana juga ada danau kecil yang banyak bebeknya --pas menjadi sasaran bidikan kamera. Di sini juga ada kafe. Walau harganya sedikit mahal, cobalah mampir. Kapan lagi bisa ngafe di istana?

 

Teks: Kumala Budiyanto Foto: Kumala Budiyanto, Shutterstock, www.en.wikipedia.org, www.guidelondon.org.uk, www.mylittleadventure.com, www.travel.usnews.com, www.visitlondon.com

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


552

Back to Top