10 MAKANAN KHAS & 10 RESTO REKOMENDASI DI FILIPINA

10 MAKANAN KHAS & 10 RESTO REKOMENDASI DI FILIPINA

Monday, 01-10-2018 | 22:44

Adobo

 

Datang ke suatu negara, kurang afdol kalau nggak mencoba aneka kuliner khasnya. Apalagi kalau parade menu yang ditawarkan benar-benar unik dan sulit ditemukan di negeri kita sendiri. Filipina menawarkan hal itu. Aneka masakan khasnya menggugah selera dan sulit ditampik.

 

10 Makanan Khas yang Harus Dicoba:

1. Adobo

 

Hidangan daging babi atau ayam atau sayuran yang diasinkan. Ada berbagai versi adobo di seluruh Filipina. Sepintas mirip masak kecap. Cobalah setidaknya satu dan siap-siap ketagihan!

 

2. Sinigang

Sup Filipina populer yang dibumbui dengan asam jawa, kalamansi, jambu biji, atau bahkan mangga hijau. Rasa asamnya bisa sedikit kuat, tapi pasti bisa membuat Anda ketagihan pada suapan pertama.

 

3. Sisig

 

Hidangan yang sangat lezat dari telinga dan pipi babi yang disajikan di atas piring panas-panas. Jangan biarkan deskripsi menu ini membuat Anda jijik, karena sisig adalah salah satu hidangan lokal favorit warga Filipina. Biar lebih enak, tambahkan bir lokal untuk pendamping.

 

4. Kare-Kare

Ya, orang Filipina suka mengulang nama. Ini adalah rebusan yang terbuat dari bumbu kacang, sayur, daging kerbau, sapi, dan kadang-kadang babat. Paling enak dimakan dengan nasi putih dan bagoong (sambal udang).

 

5. Halo-Halo

 

Secara harafiah Halo-Halo berarti campur-campur. Makanan penutup lokal ini menggabungkan es krim rasa ube, es serut, susu, leche flan, dan berbagai kacang manis serta buah-buahan. Semacam es campur lah. Ada halo-halo yang disajikan dalam batok kelapa.

 

6. Lekchon

Lekchon artinya panggang. Bisa lekchon baboy (babi panggang), bisa juga lekchon manok (ayam panggang). Lekchon baboy di Cebu harus dicoba buat yang boleh makan nonhalal.

 

7. Pansit

Terutama pansit Molo (Molo adalah distrik di Iloilo City). Pansit ini mie goreng (stir-fried noodle), bukan pangsit dalam pengertian kita ya.

 

8. Empanada

Semacam panada atau pastel berisi daging, keju, dan sayuran. 

 

9. Ensaimada

Semacam bolu dengan taburan keju parut di atasnya.

 

10. Hopia

Iya, ini memang sesuai namanya, sejenis pia, di negeri kita juga ada. Tapi nggak ada salahnya mencobanya di Filipina. Terutama kalau sempat mampir ke toko hopia tertua di Binondo Manila, Eng Bee Tin Chinese Deli, yang telah buka sejak 1912. Hopianya aneka rasa di sini. Yang paling terkenal dan wajib beli hopia-ube (ube = ubi ungu).

 

Baca juga: "Best of Philippines: 6 Situs Warisan Dunia UNESCO yang Patut Dikunjungi"

 

10 Resto Rekomendasi:

Metro Manila:

1. Barbara’s Heritage Restaurant

Plaza Sans Luis Complex, General Luna St, Intramuros, Manila City, Metro Manila.

Jam buka: 11.00-14.00; 18.30-21.00.

Ada buffet, ada ala carte juga. Buffetnya sangat lengkap, mayoritas masakan khas Filipina. Ada grup pemusik yang menghibur dari meja ke meja. Harga buffet PHP 600-700.

 

 

2. Red Lantern

Pasay Solaire Resort & Casino, 1 Solaire Blvd., Manila Reclamation Area, Parañaque City, Metro Manila.

Jam buka: 11.30-14.30; 17.30-22.30.

Chinese food, fine dining.

 

3. The Singing Cooks & Waiters

Roxas Blvd, Libertad, Pasay City, Metro Manila.

Jam buka: 11.00-15.00; 18.00-23.00.

Filipino food dan seafood. Istimewanya, semua pelayan dan kokinya jago menyanyi dan menari. Mereka akan tampil spontan dengan kostum koki dan pelayan dan alat-alat dapur selagi kita menyantap makanan. Jangan malu ikut menari dan menyanyi kalau mereka mengajak ya. Seruu...

 

 

4. Resto Gilak by Hossein

2nd level Greenbelt 3, Ayala Center, Makati Avenue, Makati City, Metro Manila.

Jam buka: 11.00-24.00.

Halal Restaurant. Persian, Arabic & Indian Cuisine.

 

Cebu:

5. Abaseria Deli Cafe

32 Pres. Quirino St, kasambagan, Cebu City, 6000 Cebu.

Jam buka: 09.00-21.00 (Senin-Sabtu), 11.00-19.00 (Minggu).

Menunya fusion food. Sambil menunggu pesanan datang, bisa melihat-lihat barang-barang kerajinan dari Luzon, Visayas, Mindanao yang dijual.

 

 

6. Isla Sugbu Seafood City

Ground Floor, Grand Convention Center Cebu, Archbishop Reyes Avenue, Lahug, Cebu City, Cebu.

Jam buka: 11.00-14.00; 18.00-22.00.

Sistemnya all you can eat tapi pilihannya seafood mentah yang dipajang, lalu kita bisa cminta masak cara apa. Sebaiknya ramai-ramai, minimal 4 orang supaya bisa menghabiskan banyak macam seafood karena kalau nggak habis kena denda.

 

 

7. Seafood Island (ala Boodle Fight)

Fourth Floor, The Terraces, Ayala Center Cebu, Cebu Business Park, Cebu City.

Jam buka: 10.00-23.00.

Menu paket Boodle Fight menjadi andalan resto casual dining ini. Mirip liwetan atau bancakan. Nasi dan aneka lauk disajikan dalam satu tampah, dan makannya ramai-ramai. Cara makan ini diadopsi dari gaya makan tentara yang saling sikut untuk mendapatkan lauk.

 

 

Guimaras:

8. Camina Balay Nga Kawayan

Sibunag, Guimaras Island.

Menyediakan buffet lunch atau dinner seharga PHP 500. Sajiannya melimpah termasuk berbagai jenis tumis sayuran, dengan minuman es kalamansi yang amat segar, dan tentu saja potongan mangga. Restorannya semi terbuka, sambil makan kita bisa memandang ke arah luar berupa hutan, laut dan langit biru.

 

 

Iloilo:

9. Farm to Table

Transcom Bldg., Megaworld Blvd, Mandurriao, Iloilo City, 5000 Iloilo.

Jam buka: 10.30-22.30.

Sesuai namanya, konsep resto ini adalah memanfaatkan bahan-bahan baku dari ladang atau pertanian lokal untuk disajikan sebagai menu unggulan di meja.

 

10. Tatoy’s Manokan & Seafoods

Cabang utamanya di Valuarte-Calumpang-Villa-Oton Road, Sto. Niño Sur, Arevalo, Iloilo City, 5000 Iloilo.

Jam buka: 07.30-21.30.

Ini resto wajib kunjung kalau ke Iloilo, favoritnya orang Ilonggos (orang Iloilo). Tempat makannya semi terbuka menghadap infinity swimming pool. Menu tiramnya patut dipoedjiken.

 

Ingin trip hemat ke Filipina? Klik di sini.

Artikel lebih lengkap tentang wisata Filipina silakan dibaca di MyTrip vol 33/Agustus-September 2018. Info berlangganan hubungi 083871944374 atau 0811821006.

 

Teks & Foto: Mayawati NH, Philippines Department of Tourism (PDOT)

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


263

Back to Top