10 ALASAN AUSTRALIA BARAT WAJIB MASUK BUCKET LIST LIBURAN ANDA

10 ALASAN AUSTRALIA BARAT WAJIB MASUK BUCKET LIST LIBURAN ANDA

Tuesday, 29-05-2018 | 00:16

Langit bersih, milky way terlihat jelas

 

Perth sebagai kota gerbang masuk ke Australia Barat hanya ditempuh 4,5 jam penerbangan dari Jakarta. Lebih dekat daripada ke Jepang, Korea atau China. Tapi tentu bukan hanya karena dekatnya yang menjadikan Australia Barat kini makin menjadi destinasi favorit, melainkan karena banyak sekali hal menarik yang menanti di sana. Apa saja?

 

1. PANTAI-PANTAI KEREN

Rottnest Island

 

Iya memang, negeri kita punya segudang pantai menarik dengan beragam karakteristiknya. Tapi Australia Barat dengan garis pantai sepanjang 12.000 km menawarkan pantai-pantai yang menawan dengan fasilitas yang lengkap dan semuanya mudah dijangkau dari Kota Perth.

 

Dengan hanya 20 menit berkendara dari Perth kita sampai di Scarborough Beach dengan daya tarik utamanya Scarborough Beach Pool yang terkenal, restoran Chocolat Café dan restoran terbuka La Capannina, serta taman skating. Akan halnya Rottnest Island dapat ditempuh hanya dengan 45 menit menggunakan ferry dari Perth. Pulau ini akan memiliki akomodasi baru bernuansa alam dan sebuah klub pantai di Pinky Beach pada akhir 2018, dan juga perluasan pembangunan pada lapangan golf, jalanan setapak dan pelabuhan baru. Ada juga Cottesloe Beach yang memiliki garis pantai putih lebih dari 1 km yang cocok buat berenang, snorkeling maupun selancar. Pantai ini pilihan tepat juga untuk menikmati matahari terbenam.

 

Baca juga: "Merayakan Tahun Baru di Pulau Terpencil tapi Full Hiburan? Mau?"

 

2. INTERAKSI DENGAN HEWAN LAUT DI HABITATNYA

Whale shark di Ningaloo Reef

 

Ingin melihat paus bungkuk (humpback whale) melompat tepat di hadapan Anda? Oow, bukan hanya itu, kita juga bisa berenang bersama hiu paus (whale shark) di Ningaloo Reef. Paus biru dan paus sikat juga ada saat musim migrasi dari Antartika. Musim migrasi terpanjang paus bungkuk (humpback) di dunia dimulai dari Juni hingga Desember tiap tahunnya. Ikuti juga tur menonton paus dari Albany atau Augusta di musim dingin dan Busselton atau Dunsborough di musim semi. Kita juga bisa berenang dengan lumba-lumba di Rockingham atau melihat stingray di Hamelin Bay.

 

Baca juga: "Hiu Pausku Sayang, Pygmy Seahorseku Malang"

 

3. LANGIT BERSIH

Milky way di Pinnacles

 

Karena minim polusi, langit Australia Barat pun lebih bersih. Jadi mudah bagi kita untuk melihat gemerlap bintang dan juga milky way, terutama di tempat-tempat dengan fenomena alam menakjubkan seperti di Pinnacles. Harus banget ya memasukkan jadwal melihat milky way jika ke Australia Barat.

 

4. PULAU TANPA POLUSI

Quokka

 

Hanya 25 menit naik ferry dari Fremantle kita sudah bisa tiba di Pulau Rottnest. Pulau yang memiliki perairan jernih dan pasir putih ini melarang kendaraan bermotor sehingga bebas polusi. Betul-betul memanjakan pengunjung yang ingin menikmati suasana liburan di pulau. Bukan hanya itu, ada hal unik yang ditawarkan pulau ini, yakni bertemu quokka, hewan marsupial (berkantung) yang merupakan salah satu hewan khas Australia. Ada sekitar 15.000 ekor quokka berkembang biak di Pulau Rottnest –merupakan populasi terbesar quokka. Kita bisa bertemu hewan ini saat bersepeda keliling pulau. Menurut Gemala Hanafiah, travel influencer yang juga seorang diver dan surfer, ke Pulau Rottnest walaupun bisa day trip, tapi sebaiknya minimal menginap semalam di sana. Karena banyak yang bisa dieksplor dan semuanya menyenangkan.

 

Baca juga: "Tahukah Anda Hewan Terbahagia di Dunia Ada di Australia Barat?"

 

5. NEGERI MATAHARI TERBENAM

Australia Barat dijuluki sebagai negara bagian di Australia yang pemandangan matahari terbenamnya paling indah. Setiap sudut menawarkan sunset yang spektakuler, baik di sepanjang rute Sunset Coast Perth maupun di kota pelabuhan Fremantle, baik di pantai maupun pedalaman. Akhir hari adalah momen yang selalu ditunggu-tungguT di Australia Barat.

 

6. BANYAK FESTIVAL UNIK

Bukan cuma banyak, festival yang rutin digelar jenisnya bervariasi sehingga dapat memuaskan semua minat para pejalan, baik penyuka olahraga, kuliner, musik, otomotif, sejarah, budaya hingga kesadaran lingkungan. Nggak harus berpartisipasi tentunya, menontonnya saja sudah membuat pengalaman Anda kaya dan tak terlupakan.

 

7. ROAD TRIP IMPIAN

 

Australia Barat yang luas sangat menyenangkan untuk dijelajahi dengan naik mobil, terutama ke daerah-daerah terpencil seperti Broome, Monkey Mia dan Albany. Sepanjang perjalanan mata akan dimanjakan dengan pemandangan spektakuler, juga kemunculan hewan-hewan endemik Australia seperti kanguru, walabi, dsb.

 

8. BELUM RAMAI TURIS

Nah, ini penting! Pergi ke suatu tempat indah yang masih sepi itu sesuatu banget! Kita nggak harus mengantre atau rebutan dengan turis lain untuk mendapatkan foto terbaik –hasil foto nggak bocor-bocor. Ingin berfoto di Natural Bridge yang terentang di The Gap, Albany, misalnya, nggak perlu bergiliran. Dan masih banyak tempat lainnya yang belum banyak terdengar di kalangan para pejalan.

 

9. WISATA KULINER TAK TERLUPAKAN

Margaret River

 

Adanya dua kawasan penghasil anggur, Swan Valley dan Margaret River, mendorong industri makanan di Australia Barat pun berkembang. Berbagai pabrik anggur tak hanya menawarkan minuman anggur terbaik, tapi juga menyediakan restoran dengan koki-koki terbaik yang menghasilkan sajian unggulan yang tepat dipasangkan dengan wine terbaik mereka. Festival makanan pun secara berkala digelar di sini. Margaret River Gourmet Escape yang terkemuka, yang diadakan tiap tahun pada bulan November, terus menarik perhatian koki terbaik dari seluruh dunia dan Australia Barat.

 

10. PERTH KOTA YANG MENYENANGKAN

Perth city aerial

 

Dekat ke mana-mana dan terhubung dengan sistem transportasi umum yang baik, kota pantai yang asri ini memiliki Elizabeth Quay yang seru di siang hari dan gemerlap di malam hari. Kafe-kafe tepi pantainya menyajikan keragaman kuliner hingga craft beer. Kawasan di sekitar Swan River pun menawarkan banyak tempat untuk bersantap sambil menikmati suasana. Juga ada Kings Park, taman kota terbesar di dunia yang asyik buat piknik.

 

Baca juga: "Panduan Cerdas Eksplor Perth"

 

INFO UPDATE:

Berbagai bintang olahraga dunia dan hiburan juga akan hadir di Perth dengan dibukanya Optus Stadium, stadium multifungsi terbaru dengan teknologi termutakhir yang menyediakan 60.000 tempat duduk. Juara FA Cup dan Premier League powerhouse, Chelsea Football Club, akan bertanding melawan tim lokal Perth Glory di bulan Juli 2018, sementara idola Amerika Serikat, Taylor Swift, akan tampil di stadium pada bulan Oktober 2018.

 

Optus Stadium

 

Selain itu, para diva dari beragam genre musik; Pink, Katy Perry, dan Celine Dion akan memeriahkan panggung Perth Arena pada bulan Juli dan Agustus 2018. Hiburan favorit anak-anak, Disney on Ice, juga akan hadir di Perth Arena pada 15-17 Juni 2018.

 

Teks: Tourism Western Australia, Mayawati NH Foto: Dok. Tourism Western Australia, Sean Scott Photography, www.bluejuicecharters.com.au, www.ningalooblue.com.au

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


668

Back to Top