5 PETUALANGAN DI CENTRAL AUSTRALIA YANG TAK BOLEH DILEWATKAN

5 PETUALANGAN DI CENTRAL AUSTRALIA YANG TAK BOLEH DILEWATKAN

Wednesday, 28-02-2018 | 08:53

Uluru atau Ayers Rock, ikon Central Australia

 

Kalau ke Australia tujuannya untuk berpetualang dan menikmati pengalaman yang berbeda, liriklah Central Australia. Wilayah yang membentang dari Newcastle Water di Northern Territory ke Kulgera, perbatasan antara Northern Territory dan South Australia ini memilkiki cuaca ekstrem, wilayah yang luas, padang gurun hingga pegunungan batu, dan budaya Suku Aborigin yang sangat kuat. Apa saja yang bisa dikunjungi dan dieksplor?

 

1. HERITAGE WALK DI ALICE SPRINGS

Alice Springs adalah kota terbesar dan teramai di Central Australia, juga sebagai base bagi mereka yang ingin mengunjungi Uluru, Kata Tjuta, dan Kings Canyon. Jika memiliki waktu 1 hari di Alice Springs sebaiknya mengikuti tur gratis Heritage Walk yang diadakan setiap hari. Tempat-tempat yang dikunjungi: Adelaide House, The Recidency, Flynn Memorial Church, Old Hartley Street School, Old Stuart Town Gaol, Royal Flying Doctor Service, Stuart Memorial, Anzac Hill.

 

2. ULURU/ AYERS ROCK

 

Uluru atau Ayers Rock adalah salah satu ikon pariwisata Australia yang sangat populer. Berukuran panjang 3,6 km, lebar 2,9 km dan tinggi 348 m serta berwarna kemerahan, membuat siapa pun kagum pada batu raksasa ini. Uluru menyimpan sejarah kehidupan spiritual Suku Anangu, yaitu penduduk yang mendiami Uluru. Sebelum mengelilingi, menyentuh, atau berpikir untuk memanjat batu raksasa ini, ada baiknya mengunjungi Uluru Cultural Centre. Di sini pengunjung diajak untuk mempelajari sejarah Uluru dalam hubungannya dengan Suku Anangu sehingga menimbulkan respek terhadap situs sakral ini dan mematuhi aturan-auran yang berlaku. Pengunjung yang baik tidak akan memanjat atau merusak situs yang dianggap sakral ini untuk kesenangan pribadi.

 

Beberapa Aboriginal tour guide bersedia menemani berkeliling dan menceritakan kebudayaan mereka. Jika ingin mengeksplor sendiri, sebaiknya jangan keluar dari jalur pengunjung yang sudah disediakan dan menaati semua rambu-rambu yang berada di kawasan Uluru. Tersedia jalur sepanjang 9,4 km untuk mengelilingi Uluru. Spot-spot penting di Uluru berupa lukisan di batu, air terjun atau ceruk pada batu yang memiliki sejarah dan tentunya kisah yang menarik.

 

Pemandangan Uluru dari jarak jauh juga tak kalah indahnya. Waktu paling tepat untuk melihat pemandangan ke arah Uluru adalah saat sunset di Uluru Sunset View. Sebaiknya datang sebelum pukul 5 sore karena harus bersaing dengan ratusan pengunjung lain dengan tujuan yang sama.

 

3. KATA TJUTA

 

Kata Tjuta mungkin tidak setenar Uluru tapi bagi sebagian orang yang sudah mengunjungi keduanya, banyak yang beranggapan Kata Tjuta lebih menarik. Masih berada dalam kawasan Uluru National Park, Kata Tjuta adalah 36 batu raksasa berbentuk kubah yang berderet dengan beragam ukuran membentuk pegunungan. Batu tertinggi adalah The Olga, dengan tinggi 546 m --jelas lebih tinggi dari Uluru.

 

 

Seperti Uluru, Kata Tjuta juga merupakan situs sakral bagi penduduk setempat sehingga pengunjung tidak diperbolehkan keluar dari jalur trek.

 

Waktu terbaik untuk mengunjunginya saat matarari mulai terbit, karena menjelang siang udara sangat panas. Setelah melalui jalur trek sepanjang 4,7 km yang sebagian besar mendaki, pengunjung akan sampai di The Valley yang menyuguhkan pemandangan sangat indah.

 

4. KINGS CANYON

 

Kings Canyon atau Watarraka National Park berada 350 km dari Uluru National Park dan menjadi wisata alternatif setelah mengunjungi Uluru dan Kata Tjuta sebelum kembali ke Alice Springs.

 

 

Sebelum memulai pendakian, pengunjung harus memastikan dirinya fit dan memiliki persediaan air minimal 3 liter karena jalur treknya sedikit lebih berat dari Uluru atau Kata Tjuta. Untuk mengelilingi Kings Canyon dibutuhkan waktu 3-4 jam dan sebaiknya dimulai pagi hari saat panas matahari belum menyengat. Nggak ada porter yang bisa membantu membawakan barang. Tapi nggak usah khawatir karena di beberapa spot terdapat keran air minum, jadi nggak perlu membawa air minum 3 liter sekaligus!

 

5. DEVILS MARBLES (KARLU KARLU)

 

Devils Marbles berada 393 km di utara Alice Springs. Merupakan situs yang dianggap sakral oleh penduduk Aborigin dan dilindungi oleh Pemerintah Australia. Situs ini berupa kumpulan batu-batu bulat berbagai ukuran. Yang menarik adalah beberapa batu bulat raksasa yang berdiri di atas batu lainnya melawan gravitasi. Selain itu ada batu raksasa yang terbelah menjadi dua bagian secara alami yang selalu menjadi spot favorit wisatawan untuk berfoto. Situs dengan luas area 18 km2 ini dilengkapi dengan jalur trek untuk pejalan kaki, toilet umum, wifi, dan area kemping yang semuanya gratis tanpa perlu membayar tiket masuk.

 

Spot favorit

 

Devils Marbles hanya bisa dicapai dengan kendaraan pribadi karena nggak ada halte bus atau stasiun kereta di sekitarnya. Bagi yang melakukan perjalanan dari Darwin ke Alice Springs atau sebaliknya, Devils Marbles berada di antara kedua kota tersebut sehingga bisa dimampiri.

 

TUR KE ULURU, KATA TJUTA, DAN KINGS CANYON

Dari Alice Springs ada banyak  tour operator yang menawarkan paket wisata ke Uluru dan sekitarnya:

- The Rock Adventure adalah salah satu yang paling terkenal, lokasi kantornya di pusat kota, dekat dengan kantor Greyhound Bus. Operator tur ini menawarkan perjalanan ke Uluru setiap hari, dan selalu full booked sehingga harus memesan jauh hari sebelumnya.

 

- Emu Run Tour juga salah satu yang terkenal, harganya sedikit lebih mahal dari operator lainnya dan menawarkan lebih banyak variasi tur sehingga bisa disesuaikan dengan bujet dan kenyamanan.

 

- Mulga’s Adventure, salah satu operator terbaik di Alice Springs. Harga dan paket yang ditawarkan sama dengan The Rock. Keuntungan memilih Mulga’s adalah pesertanya yang tidak sebanyak operator lain, sehingga terasa lebih privat. Usia pesertanya dibatasi dari 19–50 tahun sehingga tak akan ditemui anak kecil atau lansia di tur ini.

 

Karena belum ada bus umum dari Alice Springs ke Uluru, cara paling ekonomis adalah dengan mengikuti program tur yang ditawarkan oleh operator tur di Alice Springs atau Darwin. Semua operator memiliki paket tur 3D2N Camping Tour, dengan harga mulai AUD 370. Paket ini sudah termasuk transportasi, makanan, tiket masuk Uluru dan Kata Tjuta, dan akomodasi berupa swag (sleeping bag tebal untuk dipakai di udara terbuka). Bisa juga memilih paket tur yang dikombinasikan dengan penginapan di hotel.

 

Cara ke Central Australia bisa dibaca di “Panduan Cerdas Eksplor Central Australia”.

Teks: Linda Bungasalu Foto: Linda Bungasalu, Shutterstock

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


358

Back to Top