10 OBJEK WISATA WAJIB DI ATHENA

10 OBJEK WISATA WAJIB DI ATHENA

Sunday, 03-09-2017 | 09:12

Acropolis di atas bukit

 

Melihat Athena ibarat melihat kejayaan masa lampau. Hanya decak kagum yang terlontar saat menyaksikan bangunan kuno yang masih utuh maupun hanya sisa-sisanya di ibu kota Yunani ini. Apa saja objek wisata yang wajib dikunjungi di Athena?

 

1. ACROPOLIS 

It’s a must see spot! Belum ke Athena deh kalau belum ke Acropolis yang merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO dan juga sebagai tonggak awal  peradaban dunia Barat. Sebagai kompleks kota tua, di area ini terdapat bangunan-bangunan yang menandai kehidupan masyarakat Athena seperti Parthenon, Odeon of Herodes Atticus, Erechtheion, Propylaea, Temple of Athena Nike dan Theatre of Dionysus.

 

Parthenon

 

Masuk ke area Acropolis kita akan melalui Propylaea, gerbang masuk bergaya Doric yang menjadi tempat kontrol untuk keluar/masuk Acropolis pada masa Yunani kuno. Sedangkan Parthenon yang merupakan maskot Acropolis adalah bangunan pemujaan untuk Dewi Athena. Struktur bangunannya bergaya Doric dengan tiang-tiang penyangga setinggi 15 m. Yang kita lihat sekarang atapnya sudah nggak bersisa. Odeon of Herodes Atticus berbentuk amphitheatre yang dipakai untuk pertunjukan musik dan teater. Erechtheion merupakan kuil pemujaan untuk Poseidon dan Erechtonius. Temple of Athena Nike dulunya merupakan tempat perlindungan. Theatre of Dionysus menjadi tempat pertunjukan drama yang bisa menampung 25.000 orang.

 

Theatre of Dionysus

 

Acroprolis menempati area seluas 3 ha yang terletak di atas bukit. Untuk mengelilinginya bisa jalan kaki karena jarak bangunan yang satu dengan yang lain nggak terlalu jauh. Dan nggak perlu khawatir ada yang terlewat karena alur turis sudah diatur untuk keliling semua. Luangkan 3-4 jam supaya puas keliling dan foto-foto. Pilih datang pagi ya, nggak terlalu terik, antrean juga nggak terlalu panjang dan lebih leluasa untuk foto-foto.

 

2. ACROPOLIS MUSEUM

 

Bangunan termodern di kawasan Acropolis ini menyimpan koleksi artefak hasil penggalian di Acropolis, walaupun beberapa patung yang dipajang hanyalah tiruannya. Koleksi dipamerkan pada 3 lantai museum ini. Lantai pertama menggunakan lantai kaca untuk menampilkan artefak yang ada di bawah museum ini. Koleksinya mencapai 4.000 artefak. Beberapa yang berharga adalah The Moschoforos (patung seorang pemuda menggendong anak sapi sebagai persembahan untuk Athena) dan The Archaic Kores (patung dua orang gadis sebagai persembahan untuk Athena). Di dalam museum kita juga bisa menonton film dokumenter yang menjelaskan mengenai Acropolis. Waktu yang dibutuhkan untuk puas berkeliling museum 1-1,5 jam.

Info turis: Pengunjung boleh memotret di hampir semua area di museum, tapi tanpa flash. Namun ada tanda larangan untuk area yang tidak boleh difoto.

 

3. PLAKA

Meskipun Athena kota metropolis, mal besar jarang dijumpai. Yang banyak toko-toko kecil yang dikelola keluarga. Salah satu tempat belanja yang direkomen adalah Plaka. Berada nggak jauh dari Acropolis dan ada pedestrian yang nyaman untuk jalan kaki dari Acropolis ke sini. Toko-toko suvenir berjajar di jalan-jalan sempit. Yang beda dari toko-toko ini adalah bangunannya kuno bergaya neo-klasik. Jadi kita bisa menikmati kecantikan bangunannya sambil belanja.

 

Kehidupan malam di Plaka meriah terutama saat high season

 

Suvenir wajib adalah yang bertema Acropolis. Ada miniatur bangunan di Acropolis, gantungan kunci, magnet kulkas atau piringan keramik dengan gambar tempat-tempat wisata di Athena. Umumnya harga suvenir di area dalam lebih murah daripada yang di bagian awal area Plaka.

 

4. SYNTAGMA SQUARE

Syntagma Square menjadi saksi penentuan konstitusi Yunani modern dan saat ini menjadi daerah pusat bisnis di Athena. Dikelilingi bangunan neo-klasik, salah satunya Gedung Parlemen Yunani. Kita bisa menyaksikan pergantian penjaga dengan seragam dan cara berjalan yang unik di halaman Gedung Parlemen. Seragamnya berwarna coklat muda dengan bagian bawah seperti rok yang panjangnya di atas lutut, dilengkapi kaos kaki putih panjang. Dengan topi seperti peci berwarna merah dengan untaian seperti rambut panjang dan tebal di sebelah kanan topi. Yang lebih menarik lagi bagian depan sepatunya berbulu dan bulat membesar. Pergantian penjaga dilakukan tiap jam.

Info turis: Kita bisa foto bareng dengan penjaganya. Setelah seremoni pergantian penjaga, ada petugas yang mengatur antrean untuk foto.

 

Penjaga Gedung Parlemen yang kostum dan gerakannya unik

 

Tips:

-          Rekamlah dengan video seremoni pergantian penjaga ini. Datang 15 menit sebelumnya supaya dapat posisi enak.

-          Di sini banyak burung dara seperti square lain di Eropa. Hati-hati dengan orang yang memberikan makanan burung, nanti mereka minta uang.

 

5. TEMPLE OF OLYMPIAN ZEUS

 

Kuil pemujaan untuk Zeus ini mulai dibangun sejak abad ke-5 SM namun baru selesai pada masa pemerintahan Kaisar Hadrian di abad ke-2 M. Kuil ini salah satu yang  terbesar pada masa itu dengan ukuran 250x130 m dan ditopang oleh 140 tiang setinggi 17 m. Saat ini yang tersisa 16 tiang (13 tiang di sisi barat dan 3 tiang di sisi timur). Satu tiang runtuh karena badai tahun 1852 dan masih dibiarkan di atas tanah.

 

6. ARCH OF HADRIAN

Gerbang Arch of Hadrian

 

Gerbang yang merupakan penghubung kota lama dan baru ini dibangun oleh rakyat Athena sebagai penghormatan kepada Kaisar Roma Hadrian yang berkontribusi bagi pembangunan di Athena. Gerbang ini berada di sisi barat laut Temple of Olympian Zeus. Pada bagian atas di dua sisinya terdapat semacam prasasti. Di bagian barat tertulis : “This is Athens, The Ancient City of Theseus”, sedangkan di sisi timur berbunyi: “This is the city of Hadrian, and not of Theseus”.

 

7. MONASTIRAKI

Monastiraki dipenuhi turis

 

Kecantikan distrik Monastiraki paling pas dinikmati malam hari dengan berjalan kaki dari sekitar Ancient Agora sampai Syntagma Square. Karena area ini terkenal dengan kafe dan bar yang menawarkan beautiful view ke Acropolis dan jauh lebih indah saat malam hari. Di sekitar Monastiraki Station terdapat Athens’ Flea Market, Hadrian’s Library dan gereja tua. Di Flea Market dijual paperback books, koin peninggalan masa Yunani kuno, hand painting, perangko, postcard dan barang-barang antik seperti machine gun peninggalan zaman Nazi.

 

8. ANCIENT AGORA

Ancient Agora dari kejauhan

 

Dalam budaya Yunani, agora adalah tempat berkumpul masyarakat yang merupakan awal tumbuhnya prinsip demokrasi. Ancient Agora dibangun sekitar abad ke-6 SM, merupakan pusat politik, budaya dan keagamaan. Di dalam kompleks ini bangunan besar yang bisa kita lihat adalah Attalos Stoa dan Temple of Hephaestus (Hephaestion), dulunya disebut Theseion. Attalos Stoa sudah direkonstruksi seperti bangunan aslinya dan menjadi museum untuk artefak yang ditemukan dalam area Ancient Agora dan Roman Agora. Temple of Hephaestus ada di atas bukit. Dari sini kita bisa melihat seluruh area Ancient Agora. Di kawasan ini juga terdapat gereja kecil yaitu Ayioi Apostoli. Dan dari sini, kita masih bisa melihat Acropolis, padahal jaraknya cukup jauh. Hebat ‘kan?

 

9. ROMAN AGORA

Tower of the Winds

 

Roman Agora merupakan pelebaran dari Ancient Agora, lokasinya di sebelah timur Ancient Agora. Kalau kita turun dari Monastiraki Station, kita akan menemukan Roman Agora lebih dulu. Sebaliknya, kalau dari Ancient Agora, lalu melewati jalan kecil yang dipenuhi restoran-restoran kecil, sampailah di Roman Agora. Roman Agora  berupa lapangan luas berbentuk persegi panjang yang pada bagian utaranya terdapat perpustakaan yang didirikan Kaisar Hadrian. Beberapa bangunan di sini: Tower of the Winds yang merupakan jam hidrolik, Gate of Athena Archegetis dan Fethiye Mosque. Fethiye Mosque dibangun pada masa Ottoman sekitar pertengahan abad ke-15. Di Roman Agora inilah pusat kegiatan komersial warga Athena dahulu kala.

 

10. PANATHENAIC STADIUM

 

Stadion tempat diselenggarakannya olimpiade modern pertama. Untuk masuk ke dalam stadion harus membeli tiket lagi, tapi kita bisa melihatnya dari luar karena pagarnya rendah. Stadion ini hanya setengah bagian dari stadion pada umumnya. Stadion ini masih terawat sangat baik.

 

Teks: Novi Kurniawan & Titry Frilyani Foto: Shutterstock, www.ancient-origins.net, www.trip2athens.com

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


886

Back to Top