5 HAL YANG TAK BOLEH DILEWATKAN DI SANTORINI

5 HAL YANG TAK BOLEH DILEWATKAN DI SANTORINI

Saturday, 02-09-2017 | 06:22

 

Bicara soal laut, Indonesia memang juaranya. Negeri kita ini mempunyai segudang pantai, laut, serta pulau yang menawarkan kecantikan. Namun bagaimana dengan bangunan-bangunan yang berjajar rapi di atas kaldera dan didominasi warna putih bersih dan biru cerah? Yup, hanya Santorini di Yunani yang punya. Apa saja hal wajib yang harus dilakukan atau dilihat di Santorini?

 

1. MEMULAI PETUALANGAN DI FIRA

Sebagai ibu kota, Fira menjadi tempat paling ramai di Santorini. Mulai dari bar, kafe, toko, kantor pos, gereja, hingga galeri ada di sini. Selain pemandangannya yang cantik, suasana kota ini juga terasa begitu romantis. Turis biasanya menginap di kota ini.

 

Suasana cantik dan romantis di Fira

 

Berhubung hampir semua wilayah Fira menawarkan view yang ciamik, jadi jangan lupa menikmati sarapan sambil melihat-lihat pemandangan di jendela atau balkon hotel. Rumah-rumah kecil berlantai dua dengan warna putih dan kubah biru berjejer rapi menandakan kekhasan Santorini.

 

Berjalan kakilah ke dermaga tua bernama Limani Skala. Ada 2 pilihan jika kita mau mengunjunginya, yaitu naik cable car atau menunggang keledai yang menuruni sekitar 600 anak tangga. Kafe dan toko suvenir cukup mudah ditemui di pinggiran dermaga ini. Beberapa penduduk asli Santorini masih tinggal di sini. Kebanyakan dari mereka terlihat sedang asyik merapikan jala dan mengecat ulang kapal. Jangan ragu mengambil foto mereka.

 

2. BERLAYAR MENUJU PALAIA KAMENI

Palaia Kameni adalah salah satu dari dua pulau yang berada di tengah kaldera Santorini. Pulau lainnya adalah Nea Kameni. Untuk tur ke pulau yang juga disebut Old Burnt Island  ini kita bisa membeli tiket kapal di dermaga di Fira. Tapi, lebih baik beli paket tur (bukan cuma tiket kapal) di hotel. Ada paket tur 2 hari, 1 hari, atau setengah hari. Harga tergantung durasi tur dan jenis kapal yang dipilih.

 

Palaia Kameni

 

Untuk tur setengah hari kita bisa mengunjungi Nea Kameni atau The Volcano. Sekilas tempat ini mirip Bromo di Jawa Timur dengan tambahan laut di sekelilingnya. Dari Volcano kita bisa melihat Fira dan Oia (daerah pemukiman cantik di Santorini) dari kejauhan. Cantiknyaa....

 

Menuju The Volcano dengan kapal

 

Tujuan kedua, yaitu sumber air panas alami dengan temperatur 35 derajat C. Di sini, kita bisa mandi dan berenang di kolam air yang mengandung sulfur.

 

Berenang di sumber air panas

 

O ya, bagi yang ingin menikmati Laut Aegean dan Santorini dari kejauhan bisa memilih dek atas. Pemandangan yang disuguhkan merupakan surganya penikmat laut. 

 

3. MENYAKSIKAN SUNSET TERINDAH DI OIA

Oia berada di ujung pesisir barat laut. Sunset di sini mendapat julukan sebagai “No.1 Location of the World’s Best Sunsets”. Oia sendiri adalah daerah pemukiman dengan lokasi terbaik di Santorini. Oia dulu sering disebut sebagai Epano Meria atau Upper Side. Di sini banyak terdapat hotel, restoran, dan kafe yang memang memanfaatkan landscape dan pemandangan Oia yang fantastis dengan lautan biru dan The Volcano di depannya. Struktur pemukiman Oia juga sangat cantik dan khas. Bangunannya bercirikan neoklasik dengan taman bunga kecil di hampir setiap depan rumah.

 

Sore hari biasanya turis-turis dari Fira dan Firostefani berkumpul di Oia, sengaja untuk menikmati sunset. Sinar matahari yang berwarna putih kekuningan tampak menyinari bangunan-bangunan di sepanjang kaldera Oia sehingga memberikan kesan tersendiri akan suasana Mediteranian.

 

Sunset cantik di Oia

 

Tips: Untuk menikmati sunset di Oia, salah satu tempat terbaik adalah berdiri di sisi kiri sebuah bekas benteng. Dari sana kita dapat melihat semuanya, mulai dari matahari yang perlahan turun serta bangunan-bangunan yang berjejer rapi membentuk komposisi dinamis.

 

Spot terbaik melihat sunset

 

4. MELIHAT SISA SEJARAH DI AKROTIRI

Akrotiri merupakan situs kuno dari peradaban Minoan namun sempat terkubur akibat letusan gunung berapi pada 1500 SM. Sisa-sisa peninggalan peradaban di Akrotiri terlihat dari bangunan pemukiman yang ada di sini. Masih banyak juga ditemukan benda-benda seperti pot, tempat tidur, dan guci yang masih dalam bentuk aslinya. Menurut perkiraan para arkeolog, pada saat terjadi letusan, penduduknya sudah menyelamatkan diri terlebih dahulu. Peralatan dan harta benda ditinggalkan begitu saja.

 

 

Tips: Disarankan menyewa tour guide yang tersedia di loket depan. Guide akan memberikan penjelasan lebih lengkap soal sejarah situs ini.

 

5. ICIP-ICIP MAKANAN KHAS

Gyros dan Soulvavski adalah dua di antara makanan khas yang harus dicoba. Gyros berupa roti gepeng yang di dalamnya diisi dengan salad, daging, dan kentang goreng. Mirip dengan kebab, hanya berbeda pada jenis rotinya. Sedangkan Soulvavski adalah daging yang ditusuk dengan kayu lalu dibakar, sama seperti sate namun tidak dipadukan dengan saus kacang melainkan dengan salad dan kentang goreng. Nggak sulit kok menemukan makanan ini. Setiap 50 meter hampir selalu ada rumah makan yang menyajikannya.

 

Soulvavski

 

TENTANG SANTORINI

Santorini adalah sebuah pulau yang luasnya 73 km2 di selatan Laut Aegean (laut yang diapit Yunani di kiri dan Turki di kanan). Letaknya 200 km dari pulau utama Yunani di mana ibu kota Athena berada, tepatnya ke arah tenggara dari Athena. Ibu kota Santorini adalah Fira dan pelabuhan utamanya adalah Ormos Athinias. Wilayah Santorini terbagi atas pulau berpenghuni, Thira (Santorini) dan Thirasia, dan pulau tak berpenghuni, Nea Kameni, Palaia Kameni, Aspronissi, dan Christiana.

 

 

Kontur dan pemandangan cantik Santorini berasal dari sejarah daerah ini di masa lalunya. Sebuah gunung berapi besar meletus dengan dahsyatnya di tahun 1500-an. Puncaknya terlempar menyisakan separuh gunung dengan lubang besar di tengahnya. Air mengisi lubang itu sehingga terbentuklah laguna. Sisa gunungnya menjadi daratan tinggi yang mengelilingi laguna ini. Dan itulah Santorini. 

Teks: Mario Susilo Foto: Mario Susilo, Shutterstock

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


832

Back to Top