INI DIA 3 KEBUN TEH INSTAGENIC DI BANDUNG

INI DIA 3 KEBUN TEH INSTAGENIC DI BANDUNG

Friday, 28-07-2017 | 00:36

Rancabali

 

Kabupaten Bandung terletak di dataran tinggi dan wilayahnya sebagian besar berupa pegunungan. Ada Gunung Patuha (2.334 m), Gunung Malabar (2.321 m), Gunung Tangkuban Parahu (2.076 m); juga Gunung Papandayan (2.262 m) dan Gunung Guntur (2.249 m) yang berbatasan dengan Kabupaten Garut. Tak heran kalau di Kabupaten Bandung banyak terdapat perkebunan teh. Mosaik kebun teh yang membentuk corak terentu yang teratur membuatnya indah dipandang dan difoto. Jadilah kebun teh tempat favorit buat berfoto. Apalagi biasanya latar perkebunan teh adalah pegunungan membiru dan awan putih menggumpal. Belum lagi kalau ada bebatuan ataupun pohon-pohon pinus di sekitarnya. Tambah Instagenic deh!

 

Margaluyu

 

Ini dia 3 perkebunan teh yang Instagenic yang berada di Kabupaten Bandung. Sebenarnya di luar 3 ini, ada banyak lagi, tapi 3 aja dulu ya... Yang masih fresh saya kunjungi bulan ini.

 

 

1. RANCABALI

 

Kebun teh Rancabali nggak jauh dari kawasan wisata Ciwidey. Rancanbali sendiri adalah sebuah kecamatan hasil pemekaran dari Kecamatan Ciwidey, yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Cianjur. Ketinggian Rancabali sekitar 1.650 mdpl. Jadi udaranya sejuk.

 

Highlight atau spot utama dari perkebunan teh Rancabali ini adalah satu tempat di pinggir jalan di mana ada batu besar teronggok mencolok di antara pohon teh. Banyak orang menghentikan kendaraannya di sini dan naik ke atas batu untuk berpose. Jangan khawatir gimana naiknya, karena di belakang batu itu sudah disediakan tangga kayu. Jadi siapa pun bisa naik ke situ dan berpose-pose epik dengan latar pemandangan aduhai seperti yang kami lakukan.

 

 

Selain dekat dengan objek-objek wisata di Ciwidey seperti Kawah Putih, Ranca Upas, Situ Patenggang dan Glamping Lakeside, Rancabali juga berjarak sekitar 1-1,5 jam berkendara dari Curug Citambur di Cianjur.

 

2. MARGALUYU, PANGALENGAN

 

Di Kecamatan Pangalengan banyak terdapat areal perkebunan teh. Salah satu yang kami singgahi yaitu Desa Margaluyu. Keelokan formasi kebun teh di antara lereng-lereng bukit dengan latar pegunungan di belakangnya menarik minat kami untuk berhenti dan berfoto ria. Posisi kebun tehnya nggak jauh dari Situ Cileunca.

 

 

3. KERTAMANAH, PANGALENGAN

 

Kebun Teh Kertamanah berada di Desa Margamukti, Kecamatan Pangalengan. Kami melewati lokasi perkebunan ini dalam perjalanan ke Curug Panganten. Uniknya kebun teh ini, di celah-celah datar antara lereng satu dengan lereng lainnya ditanami kentang atau tanaman lain selain teh. Perkebunan ini juga punya pemandangan khusus yakni kepulan asap tinggi yang berasal dari sumber panas bumi Wayang Windu.

 

 

 

Teks: Mayawati NH Foto: Dining Tantri, Mayawati NH, Randy Ramdhany

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


775

Back to Top