10 OBJEK WISATA MENARIK DI KOH SAMUI

10 OBJEK WISATA MENARIK DI KOH SAMUI

Saturday, 15-07-2017 | 09:07

Indahnya Koh Nang Yuan

 

Koh Samui yang berada di Teluk Siam di selatan Bangkok merupakan destinasi menarik bagi pecinta pantai dan island hopping. Ada tiga pantai utama di Koh Samui yaitu Chaweng, Lamai, dan Bophut Beach yang masing-masing punya ciri khas. Ketiganya kental akan nuansa alami dan romantis hingga cocok untuk bulan madu. Tapi Koh Samui bukan hanya pantai, ada banyak tempat menarik lainnya. Mari lanjut!

 

1. Wat Phra Yai (The Big Buddha Temple)

 

Posisinya 7,5 km ke arah utara Chaweng. Dikenal juga dengan nama The Big Buddha Temple. Untuk mencapai patung Buddha setinggi 15 m yang berwarna kuning kita harus menapaki tangga. Wat Phra Yai adalah landmark Koh Samui. Jadi harus ke mari ya. Jam buka: 07.00–17.00. Gratis, tapi silakan menyumbang di kotak donasi.

 

2. Wat Plai Laem

 

Dari Wat Phra Yai jalan kaki 15 menit sampailah di pagoda yang berwarna-warni ini, yang baru selesai dibangun tahun 2004. Ada dua patung besar +/-20 m tingginya yang berada di tengah kolam berisi ikan. Satu patung Ji Lay Hut (The Smiling Buddha) dan satu lagi Dewi Kwan Im. Jam buka: 07.00-17.00. Gratis, tapi silakan menyumbang di kotak donasi.

 

3. Chaweng Beach

 

Garis pantai yang berada di pesisir timur ini panjangnya 7 km dengan pasir putih lembut. Merupakan pantai terbesar dan teramai di Samui. Bermalas-malasan di pantai atau main windsurfing, jetski , snorkeling, dan olah raga air lainnya bisa dilakukan di sini. Selain itu setiap Senin, Selasa dan Sabtu di depan danau terdapat night market. Cocok untuk berburu camilan lokal dengan harga murah. Kehidupan malam di Chaweng memang sungguh semarak. Apalagi banyak hotel atau resor yang membuka resto dan kafe di tepi pantai.

 

4. Lamai Beach    

 

Pantai kedua terbesar ini lokasinya di pesisir timur dekat dengan tebing dan jurang dan area sekitarnya cocok untuk bersepeda. Pantainya berpasir putih dipagari ratusan pohon kelapa.    

 

5. Hin Ta dan Yin Hai (Grandpa & Grandma Rock)

Grandpa Rock

 

Lokasinya 2 km sebelah selatan Lamai Beach, +/-20 menit berkendara dari Chaweng. Di antara formasi bebatuan yang terserak di pantai, terdapatlah dua batu unik; yang satu menyerupai alat kelamin laki-laki dan satu lagi alat kelamin perempuan. Yang mirip alat kelamin pria dengan mudah dapat dikenali, tapi yang mirip alat kelamin wanita, Anda kudu mencari atau bertanya dulu pada wisatawan lokal, batu yang sebelah mana itu. Begitu melihat, Anda bakal langsung mesem-mesem deh! O ya, di tempat ini wisatawan nggak bisa berenang karena memang pantainya penuh batu.

 

Grandma Rock yang bikin mesem-mesem

 

6. Bophut Beach

 

Pantai dengan pasir putih sepanjang 2 km dan ratusan pohon palem yang berderet adalah salah satu ciri khas Bophut Beach. Untuk urusan water sport seperti jet ski dan kayaking, Bophut lebih diminati turis dibandingkan Chaweng dan Lamai. Di pesisir utara ini selain Bophut, juga ada Pantai Maenam, Big Buddha (Hat Bang Rak), dan Choeng Mon.

 

7. Wat Khunaram

 

Letaknya 6 km ke barat dari Lamai Beach. Wat ini terkenal karena adanya mumi seorang bhiksu bernama Luong Pho Daeng yang meninggal pada usia 79 tahun dalam posisi meditasi. Sesuai pesannya, kalau jasadnya rusak beliau minta dikremasi, tapi bila kondisinya baik, minta dipajang dalam kotak kaca sebagai inspirasi bagi pengikut Buddha. Dengan cuaca panas dan lembab, seharusnya jasadnya rusak, tapi udah 40 tahun lebih dalam kotak kaca tuh cuma matanya aja yang mulai mengering, dan supaya nggak kelihatan seram, dipasanglah kaca mata hitam. Jam buka: 07.00-17.00. Gratis, tapi silakan menyumbang di kotak donasi.

 

8. Na Muang Waterfall  

 

Ini air terjun tertinggi di Samui dan letaknya di tengah, bukan di pesisir, 12 km dari Nathon. Di sekitar air terjun ada kolam alami yang bisa direnangi. Walaupun jauh kalah cakep dari air terjun di Indonesia, bolehlah ke sini untuk selingan dari laut, laut dan laut lagi.

 

9. Koh Nang Yuan

 

Ini salah satu pulau yang unik karena di antara dua pulau besar terdapat pulau kecil yang kini dipenuhi restoran dan hotel. Kedua pulau besar lainnya tidak berpenghuni. Penghubung di antara ketiga pulau ini adalah pasir putih dengan tenda-tenda besar bagi wisatawan bersantai. Lautnya yang bening kristal cocok untuk berenang, snorkeling dan main kayak. Jangan lewatkan naik ke view point di salah satu pulau besar untuk melihat pemandangan dari atas. Jalur tangganya cukup terjal, tapi biarpun ngos-ngosan puas deh kalau udah sampai di atas. Cakep bingiiits!

Cara ke sana: Kalau nggak ikut tur dengan tujuan Koh Tao dan Koh Nang Yuan, bisa naik kapal motor dari dermaga Bang Rak (dekat Big Buddha Temple).

 

10. Ang Thong National Marine Park

 

Marine Park ini berada di barat laut Samui. Gampangnya untuk ke sana ambil day tour. Kalau mendaki ke salah satu puncak di Pulau Wua Ta Lab, pulau utama di taman laut ini, ada view point yang memungkinkan kita melihat keindahan 42 pulau-pulau kecil yang termasuk Unseen Thailand. Turis juga banyak yang kayaking dan snorkeling di sini.

 

Tambahan info:

Ada satu lagi tempat yang biasa didatangi turis di Koh Samui, yakni view point. Sebenarnya hanya satu lokasi di pesisir tapi telah dibangun fasilitas anak-anak tangga ke bawah dan teras luas untuk memandang keindahan pesisir Koh Samui.

 

 

Untuk panduan ke Koh Samui baca di sini dan di sini.

 

Teks: Lisa Hendrawan, Mayawati NH, Merry Indrasari Foto: Dammer Saragih, www.kosamui.com, Mayawati NH, Peter Natanael, Shutterstock

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


641

Back to Top