10 DAYA TARIK NORWEGIA, YANG NO 3 PALING INSTAGRAMABLE!

10 DAYA TARIK NORWEGIA, YANG NO 3 PALING INSTAGRAMABLE!

Monday, 10-07-2017 | 07:53

Trolltunga yang Instagramable!

 

Mendengar nama Norwegia banyak orang sudah mengkeret duluan. Mahal! Bahkan termahal di dunia! Ya memang sih. Tapi Norwegia punya banyak daya tarik yang jarang ditemukan di negara lain. Hasil fotonya pun bakal Instagramable! Bikin iriii... Apa saja daya tariknya yang membuat banyak orang rela mengeluarkan kocek banyak untuk bisa mengunjunginya?

 

1. Aurora Borealis

 

Norwegia memang bukan satu-satunya negara yang menjanjikan si ‘cahaya surga’ menari-menari di langit. Ada negara lain seperti Greenland, Finlandia, Swedia, Islandia (Iceland), Alaska, Kanada. Tapi Norwegia menjadi salah satu pilihan karena aurora nongol tak hanya di satu tempat di sana. Ada Tromsø, Lofoten, dan Svalbard. Jadi kemungkinannya berlapis.

 

By the way apa sih aurora itu? Aurora adalah fenomena alam yang tampil dalam bentuk pancaran cahaya yang bergerak-gerak pada lapisan ionosfer dari sebuah planet sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnet yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan matahari. Cahayanya terdiri dari warna merah, hijau, kuning, pink dan biru. Aurora hanya bisa dilihat saat langit sangat cerah dan di tempat yang gelap total. Aurora hanya terlihat di sekitar Kutub Utara dan Kutub Selatan. Di utara dikenal dengan nama Aurora Borealis, sedangkan di selatan Aurora Australis.

 

2. Fjord

 

Karena garis pantainya bertebing dan membentuk banyak teluk yang menjorok ekstrem ke darat, maka Norwegia memiliki banyak sekali fjord. Fjord banyak ditemukan di negara-negara Skandinavia dan Amerika Utara.

 

Apa sih fjord? Fjord itu teluk yang terbentuk dari lelehan gletser yang sangat dalam dan panjang. Saking dalam dan panjang, pemandangan yang tercipta pun luar biasa dramatis. Salah satu fjord paling terkenal di Norwegia adalah Sognefjord yang panjangnya 203 km, yang merupakan salah satu fjord terpanjang di dunia. Turis menikmati fjord biasanya dengan ikut sea safari.

 

3. Trolltunga

 

Trolltunga adalah nama tebing paling spektakuler yang ada di Norwegia. Brosur-brosur wisata Norwegia banyak memasang foto Trolltunga ini. Lidah batu yang menjorok di tepi tebing itu berada di ketinggian 1.100 mdpl, dan menggantung 700 m di atas Danau Ringedalsvatnet di  Skjeggedal. Spektakuler! Instagramable!

 

4. Desa Nelayan dengan Rorbu-nya

 

Banyak desa nelayan cantik di Norwegia di antaranya Reine, Nusfjord dan Hamnøy di Lofoten Islands. Suasana desa unik karena kehadiran rorbu di sekitar pelabuhan. Rorbu adalah pondokan tradisional khas berwarna merah.

 

5. Ikan Cod (Stockfish)

 

Perairan Norwegia kaya akan ikan cod. Puncak penangkapannya pada bulan Januari hingga April ketika gerombolan ikan cod berpindah dari Laut Barentz menuju Vesfjorden. Saat itulah kegiatan memancing menjadi sangat menarik terutama di Lofoten Islands. Setiap tahun di akhir Maret diadakan World Cod Fishing Championshi di Svolvær, salah satu desa di Lofoten, yang diikuti ratusan peserta. 

 

6. Sami Experience

 

Suku Sami tersebar di beberapa negara Artik seperti Norwegia Utara, Swedia Utara dan Finlandia Utara. Terbanyak di Norwegia. Mereka memelihara domba dan rusa kutub sebagai penghasilan utama. Nah, paket Sami Experience menawarkan naik kereta rusa di atas salju dan makan makanan khas Sami. Kepada kita juga akan dipertontonkan bagaimana mereka melemparkan lasso (tali) dan menyanyikan joik (lagu tradisional Sami).

 

7. Polar Bear

 

Melihat beruang kutub di habitat aslinya pastilah pengalaman mendebarkan yang bakal dikenang seumur hidup. Di Svalbard kemungkinan itu cukup besar karena populasi polar bear lebih banyak dari populasi manusia. Dan Svalbard merupakan tempat paling utara di dunia yang memiliki populasi polar bear permanen.

 

8. Polar Night

 

Di Svalbard kita bisa merasakan gelap gulita sepanjang siang maupun malam yang disebut polar night. Fenomena ini biasa terjadi dari 26 Oktober sampai 16 Februari. Hal ini terjadi karena matahari berada 6 derajat di bawah horizon.

 

9. Midnight Sun

 

Kebalikan dari polar night, fenomena ini terjadi juga di Svalbard di mana matahari bersinar selama 24 jam dari periode 15 April sampai 26 Agustus.

 

10. Dog Sledding

 

Ya, walaupun tampak kurang berperikebinatangan tapi kegiatan ini termasuk yang khas di Norwegia. Di mana turis naik kereta salju (sled) yang ditarik oleh sekawanan anjing.

 

Artikel ini pernah dimuat di www.qubicle.id

Teks: Jetty Mardona Foto: fjordtours.com, fulllife.no, Jetty Mardona, levart.com, norway4teens.com, Shutterstock, visitnorway.com, wallpaperweb.org

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


829

Back to Top