20 MAKANAN LOKAL WAJIB CICIP DI INDONESIA (Bagian 3)

20 MAKANAN LOKAL WAJIB CICIP DI INDONESIA (Bagian 3)

Thursday, 07-04-2016 | 17:32

Sebagai negara yang memiliki banyak suku bangsa yang tinggal di berbagai pulau, Indonesia memiliki khasanah kuliner yang beragam dan menyajikan sensasi nikmat yang berbeda-beda. Berikut 20 menu lokal yang wajib cicip di Indonesia.

(Baca bagian 2 di sini)

 

16. Pa’piong di Toraja

 

Menu tradisional khas Toraja ini mirip pepes, cuma beda pengolahannya. Biasanya pa’piong berupa daging dan jeroan babi, bisa juga ayam atau ikan yang sudah dibumbui dengan bumbu tradisional salah satunya daun mayana, lalu dibungkus daun pisang dan dimasukkan dalam bambu, lalu dimasak dengan cara dibakar di tungku selama hampir 1,5 jam, hingga seluruh batang bambu gosong. Rekomendasi: Restoran Pong Buri’ di Jl. Emi Saelan Nomor 1 Rantepao, Toraja.

 

 

 

 

17. Tinutuan & Nasi Kuning di Manado

Mendengar tinutuan pasti banyak yang bertanya, menu apa? Tapi bila dibilang bubur Manado pasti paham. Nggak seperti bubur pada umumnya, tinutuan selain terdiri dari beras, juga dicampur ubi jalar kuning dan berbagai sayuran serta ikan asin. Menu lain yakni nasi kuning juga menjadi menu wajib saat berada di Manado. Rekomendasi: Bubur Manado di Jl. Wakeke Manado serta Warung Nasi Kuning Saroja di Jl. Diponegoro.

 

 

 

 

 

18. Sop Konro di Makassar

 

 

Sop konro dibuat dari daging sapi pilihan yang dicampur kuah sop. Merupakan menu wajib bila mengunjungi Makassar. Selain sop ada juga konro bakar berupa daging iga sapi pilihan yang dipanggang dan dipadu dengan bumbu kacang. Rekomendasi: Sop & Konro Bakar Karebosi Haji Hanafi, Makassar.

 

19. Sei Kupang (nonhalal)

Sei alias daging asap kebanyakan dari daging babi, walaupun ada juga yang daging sapi. Akan lebih nikmat disantap dengan lu’at atau sambal khas Kupang dan nasi hangat. Sentra sei di Kupang di daerah Baun, 25 km dari Kupang. Dan konon rasa enak sei tiap tempat beda, tergantung jenis kayu yang diposisikan di tengah kayu lamtoro saat membakar/ mengasapinya. Rekomendasi: Sei Om Bai di Baun, Resto Bambu Kuning, Jl. Perintis Kemerdekaan I Kupang, dan untuk yang halal Sei Sapi Ibu Soekiran, Jl. Moh. Hatta No.16 Kupang.

 

 

 

 

20. Papeda di Papua dan Maluku

Papeda  atau bubur sagu dulunya menjadi makanan pokok masyarakat Papua dan Maluku. Papeda biasanya disantap dengan ikan kuah kuning. Cara makannya pakai sumpit, papedanya diputar-putar dengan dua sumpit lalu disedot langsung habis. Rekomendasi:  Restoran Yougwa di tepi Danau Sentani Jayapura, Rumah Makan Sari Gurih Jl. Dana Kopra  (samping Hotel Mutiara) Ambon.

 

 

 

Teks: Adi Pamungkas Foto: Teks: Adi Pamungkas Foto: Adi Pamungkas, Daniel Kampua, Mayawati NH, Raiyani Muharramah, Taufan Gio

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


990

Back to Top