24 BINATANG KHAS DARI SELURUH DUNIA (Bagian 3-tamat)

24 BINATANG KHAS DARI SELURUH DUNIA (Bagian 3-tamat)

Saturday, 15-04-2017 | 18:05

Menyelam bersama sea lion di Galapagos

 

Saya bukan penikmat kebun binatang. Tapi kalau melihat binatang di habitat aslinya, yang nggak pakai kandang, saya sangat antusias. Apalagi kalau binatang khas itu hanya ada di daerah tertentu atau tergolong binatang langka, baik yang hidup di laut maupun di darat. Walaupun saya jarang mengkhususkan pergi trip untuk melihat binatang tertentu, tapi dihitung-hitung ternyata sudah banyak juga binatang khas yang saya lihat. Memang daftar ini pastinya belum sah mewakili seluruh dunia, tapi paling tidak, daftar ini dibuat berdasarkan pengalaman sendiri.  Bukan hasil riset atau Googling. Ini dia....

 

 

17.  TERTAKJUB-TAKJUB MELIHAT SCHOOLING HAMMERHEAD SHARK DI GALAPAGOS

 

Inilah salah satu impian terbesar para penyelam: menyelam sambil dikelilingi ratusan (atau ribuan) ikan hiu martil yang termasuk ganas ini. Hiu martil (hammerhead shark) pertama kali saya jumpai di Tubbataha, Filipina, April 2014. Tapi cuma seekor dan cepat sekali dia bergerak. Saya hanya sempat memvideokannya. Di Galapagos Ekuador, Agustus 2014, barulah saya mengalami ‘orgasme’ demi melihat sepasukan hiu ini berenang bebas ke sana ke mari di dekat-dekat saya. Pengalaman warbiyasak deh! Kudu ke Galapagos nun jauh di Amerika Latin sanakah kalau mau melihat kawanan hiu martil? Mmm... belakangan ini ternyata ditemukan satu spot di Laut Banda Ambon yang juga menawarkan tontonan gigantic ini. Cuma saja saya belum berkesempatan ke sana.

 

18.  MENUNGGU KURA-KURA RAKSASA KAWIN DI GALAPAGOS

 

Ke Galapagos selain demi menyelam bertemu kawanan hiu martil, juga pastinya untuk ‘kenalan’ dengan kura-kura raksasa yang hanya hidup di sana. Saya melihatnya di Santa Cruz, salah satu pulau di Kepulauan Galapagos, Ekuador, Agustus 2014. Kura-kuranya berkeliaran bebas di sebuah kebun luas yang memang habitat mereka. Kami sempat melihat aksi kura-kura jantan mengejar betinanya, mau diajak ehem-ehem. Untung nggak jadi sih, soalnya kalau jadi, bisa-bisa kami nggak mau beranjak sampai 3 jam, karena mereka kalau mating bisa 3 jam!

 

19.  BERENANG BERSAMA IRINGAN LUMBA-LUMBA DI GALAPAGOS

Iya, masih soal ‘oleh-oleh’ dari Galapagos. Lumba-lumba memang bisa ditemui di mana aja. Tapi sepengalaman saya ketemu lumba-lumba di negeri sendiri, kitanya mostly nonton dari atas kapal. Di Galapagos beda, kita bisa ikut menceburkan diri dan berenang di antara mereka yang jumlahnya juga buanyaaak.... Saya langsung pasang masker + snorkel dan fin dan menceburkan diri lagi begitu tahu banyak lumba-lumba berseliweran di sekitar dingy (perahu kecil yang mengangkut kami usai diving). Yeiyy... seneng banget!

 

20.  MENONTON SEA LION BERPAGUTAN DI GALAPAGOS

 

Iya, di Galapagos saya sungguh bahagia diberi kesempatan banyak melihat binatang khas, terutama yang nggak ada di Indonesia. Salah satunya sea lion. Aiihhh... Lucu-lucu banget mereka. Hanya di kedalaman sekitar 3 meteran, saya menonton mereka bergerak lincah meliuk-liuk, melesat, mengitari tubuh saya, juga ada yang berpagutan mesra (atau berantem? entah!), tak henti-henti, tak lelah-lelah. Kami pun tak bosan-bosan turun di salah satu site di Wolf Island itu.

 

21.  MELIHAT BURUNG MERAK DI TN BALURAN

 

Populasi burung merak cukup banyak di TN Baluran Jawa Timur. Tapi nggak setiap kali juga pengunjung bisa melihatnya berkeliaran. Jadi mulailah keliling TN Baluran sepagi mungkin karena akan lebih besar kemungkinan ketemu burung merak, juga hewan lain sepertri rusa, ayam alas dan kerbau hutan, seperti yang saya alami Mei 2016.

 

22.  MELIHAT KIWI DI WELLINGTON

 

Setelah blusukan cukup lama di hutan Zealandia Eco-Sanctuary di Wellington New Zealand, tapi kami belum juga melihat yang kami cari, saya mulai pasrah. Tapi akhirnya si burung kiwi itu nongol juga dari balik semak, melangkah lucu. Dan saya sempat memotretnya. Oktober 2015.

 

23.  MEMBERI MAKAN LUMBA-LUMBA DI TANGALOOMA ISLAND RESORTS

 

Melihat lumba-lumba di tengah laut sih pernah sebelumnya di Teluk Kiluan Lampung, TN Komodo, Misool Raja Ampat, Galapagos. Tapi memberi mereka makan secara langsung baru Agustus 2016 lalu di Tangalooma Island Resorts di Queensland Australia. Sensasinya geli-geli basah saat si lumba-lumba mengambil ikan dari tangan saya langsung. Awww!

 

 24. MENGGENDONG KOALA DI GOLD COAST

 

Kalau hanya melihat koala bisa di banyak tempat di Australia. Tapi kalau menggendong dan memeluknya secara legal hanya bisa dilakukan di negara bagian Queensland dan satu negara bagian lainnya. Di Gold Coast (bagian dari Queensland), tepatnya di Dreamworld dan di Currumbin Wildlife Sanctuary saya berkesempatan menggendong koala, Agustus 2016. Binatang halus dan imut ini memang menggemaskan. Saya sempat menggoyang-goyangkannya dalam gendongan saya. Tapi ternyata nggak boleh, saya ditegur halus oleh petugasnya. Koala-koala ini benar-benar dirawat dengan baik,  bukan hanya sekadar dijadikan obyek foto yang menghasilkan uang.

 

Artikel ini pernah dimuat di www.qubicle.id

 

Teks: Mayawati NH Foto: Dok. MyTrip Magazine, Indra Swari W, Mayawati NH

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


711

Back to Top