17 HIDDEN PARADISE IN INDONESIA (Bagian 3-Tamat)

17 HIDDEN PARADISE IN INDONESIA (Bagian 3-Tamat)

Wednesday, 22-03-2017 | 02:22 | 969 views

Gua Pawon

 

Mencari ‘surga’ tak perlu jauh-jauh. Di Indonesia ada banyak, banyaaaak...  ‘Surga’ alias tempat-tempat indah menawan di Indonesia, dari ujung barat di Sumatera sampai ujung timur Papua, tentu tak terhitung jumlahnya. Daftarnya tak akan pernah tuntas disusun. MyTrip pilihkan tempat cantik sekaligus sulit dijangkau --at least butuh perjuangan, dan juga mungkin beberapa di antaranya jarang terdengar. Urutan bersifat random, bukan peringkat.

 

12. Blue Hole, Pulau Kakaban, Berau, Kalimantan Timur

Nggak afdol rasanya kalau tidak memasukkan salah satu dive site dalam daftar hidden paradise. Dive site yang cantik di negeri kita ini tak terhitung. Tapi yang sulit memasukinya, penuh ketegangan, bisa dihitung sebelah tangan, salah satunya Blue Hole di Pulau Kakaban, Kepulauan Derawan, Kaltim. Yup, sesuai namanya, dive site ini pintu masuknya berupa lubang menganga di kedalaman 3 meteran, dan di dalamnya terdapat gua bawah laut yang cukup besar. Di aula guanya ada setitik cahaya matahari masuk dari celah yang terbentuk di atas gua. Kontur guanya sulit digambakan dengan kalimat yang pas. Yang menegangkan adalah proses keluar dari gua. Ada 3 exit, yang pertama di sebelah kanan adalah jalur populer di mana kita akan keluar di kedalaman 20-an meter.  Jalur tengah keluar di 30-an meter. Nah kalau nyasar ke jalur paling kiri, kita akan terus ke perut bumi hingga keluar di kedalaman 60-an meter, dan diprediksi saat itu penyelam sudah akan kehabisan udara di tabung. Ngeri ya... Keluar lewat jalur yang benar pun sudah seram, lorongnya sempit, gelap, dan tambah nggak kelihatan kalau kicking teman di depan membuat partikel-partikel naik. Fiuhhh... untung jalurnya nggak bercabang.

 

13. Gua Pawon, Padalarang, Jawa Barat

Tahu Stone Garden di Padalarang? Pasti tahu ya. Tempat ini makin ngetop sekarang. Tapi mungkin masih sedikit yang tahu kalau di bukit bagian bawah dekat Stone Garden ada gua eksotis bernama Gua Pawon. Mencapainya sih tidak sulit, cukup jalan kaki sedikit dari tempat parkir, menaiki anak tangga. Tapi toh banyak yang tak sanggup menjelajahnya terus hingga ke bagian akhir gua karena bau kotoran kelelawar yang menyengat di gua bagian awal. Padahal di ruang gua terakhir itulah pesona gua ini berada. Ada ‘jendela’ besar dengan pemandangan mengampar di bawahnya. Ada beragam formasi bebatuan yang Instagenik. O ya, jangan lewatkan pemandangan di sekitar pohon besar sebelum memasuki ruang gua pertama. Suasananya magis, bagai di negeri dongeng.

 

14. Puru Kambera, Sumba Timur, NTT

Pantai Puru Kambera adalah salah satu sunset spot ciamik di Sumba Timur yang bisa ditempuh 45 menit dari Kota Waingapu (ibu kota Sumba Timur). Garis pantainya panjang, diteduhi kerindangan pepohonan. Bukan cuma pantainya yang berkategori surga, tapi juga sabana yang dilalui dalam perjalanan ke sana. Ada satu lokasi agak tinggi yang memungkinkan kita melihat laut di kejauhan, dan di sekitarnya terhampar padang rumput dengan pohon-pohon menyembul di sana sini. Terkadang ada kawanan kuda liar sedang merumput. Pokoknya breathtaking! Apalagi menjelang sunset, semburat warna oranye, pink, ungu di langit benar-benar membuai mata.

 

15. Batu Papan, Wamena, Papua

Ini lagi... Tempat apa ini? Belum pernah dengar ya? Kalau Danau Habema dan Puncak Trikora tahu ya? Nah, Batu Papan belokasi di atas Danau Habema, di kaki Puncak Trikora, dengan akses dari Kota Wamena. Dari Kota Wamena kita harus naik mobil 4WD, mendaki hingga ketinggian 4.000-an meter lebih dan sesekali menurun dan berkelok-kelok selama +/-3 jam. Sampai di sana... Uwowww.... Seperti berada di padang salju! Padahal nggak ada salju. Itu hanya hamparan luas batu berwarna putih laksana salju yang permukaannya banyak yang rata, seperti papan. Dan tentu saja daerah ini sepiiii.... in the middle of nowhere! Serpihan surga yang retak dan jatuh ke bumi, di jantung Papua.

 

16. Pantai Kura-Kura, Bengkayang, Kalimantan Barat

Kalimantan Barat bukan cuma Pontianak dan Singkawang dengan Cap Go Meh-nya yang tersohor. Tapi provinsi satu ini menyimpan pesona pantai-pantai nan elok dan belum banyak terjamah turis, salah satunya Pantai Kura-Kura yang berada di Kabupaten Bengkayang yang aksesnya dari Kota Singkawang. Ada dua area pantai, yang di dekat pintu masuk dan di balik bukit. Formasi bebatuannya sangat eksotis, terutama saat menjelang sunset. Untuk ke sini dari Kota Singkawang lumayan jauh, naik mobil sekitar 45 menit.

 

17. Rimau, Pagar Alam, Sumatera Selatan

Sebagai destinasi wisata, Pagar  Alam belum begitu populer karena untuk ke sana harus naik kendaraan dari Kota Palembang sekitar 7 jam (nonstop). Tapi sekarang setelah ada pesawat dari Jakarta langsung ke Pagar Alam (seminggu 2X), mungkin Rimau –salah satu lokasi wisata di Pagar Alam-- akan lebih ramai. Rimau adalah nama area di kaki Gunung Dempo yang dapat dicapai dengan berkendara 1,5 jam dari pusat kota Pagar Alam. Pemandangannya sangat indah dengan hamparan kebun tehnya yang hijau rapat, diselingi jalan berliku tajam dan menanjak. Beda lah dengan kawasan kebun teh di Puncak Bogor maupun Pengalengan Bandung.

 

Ini hidden paradise versi MyTrip. Bagaimana versi Anda? Bagikan di kolom komen ya....

 

Artikel ini pernah dimuat di www.qubicle.id

 

Teks & Foto: Mayawati NH

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


704

Back to Top