12 ALASAN KE BERLIN

12 ALASAN KE BERLIN

Tuesday, 10-01-2017 | 20:22

 

Kalau ke Tiongkok wajib hukumnya ke Tembok Raksasa. Nah kalau ke Berlin, ibu kota Republik Federal Jerman, tentu harus ke Tembok Berlin. Tembok ini menjadi saksi sejarah perang dingin Jerman Barat dan Jerman Timur yang akhirnya bersatu. Selain tembok yang kini tinggal reruntuhannya, banyak lagi tempat menarik yang menjadi alasan turis datang ke Berlin. Inilah 12 alasan itu.

 

1. TEMBOK BERLIN (BERLINER MAUER)


 

Inilah landmark Berlin bahkan Jerman yang menjadi alasan utama turis berkunjung ke Berlin. Tembok fenomenal ini dibangun pemerintah Jerman Timur tanggal 13 Agustus 1961 sebagai benteng anti fasis, dilengkapi menara penjaga dan sebuah zona terlarang. Tembok ini juga berfungsi untuk mencegah larinya penduduk Jerman Timur ke Jerman Barat kala itu. Dan akhirnya tembok pemisah ini mulai dihancurkan pada 9 November 1989, bersamaan dengan runtuhnya rezim komunis.

 

Kini reruntuhan Tembok Berlin menjadi obyek wisata populer, terutama East Side Gallery, reruntuhan tembok di sebelah timur yang dipenuhi grafiti. Jadi setelah Tembok Berlin diruntuhkan, ratusan seniman dari seluruh dunia datang menghiasi tembok ini.

 

2. BRANDENBURG GATE

 

 

Gerbang yang dalam Bahasa Jerman disebut Brandenburger Tor ini terletak di pusat kota, dekat Pariser Platz. Bergaya arsitektur Yunani dengan pilar-pilar tinggi. Di bagian atas ada Quadriga, patung kereta kuda bergaya Romawi kuno yang ditarik 4 ekor kuda. Siang atau sore terlihat banyak warga berjalan-jalan, bermain sepeda, dll. Turis pastinya nggak melewatkan foto-foto di sekitar gerbang. Kita juga bisa naik kereta kuda lho! Di sini juga ada kios portable yang memberikan jasa pengecapan paspor untuk kenang-kenangan (bayar EUR 5).

 

3. BERLINER DOME

 

 

Berliner Dome atau Berlin Katedral terletak di Pulau Museum yang terdapat di Sungai Spree di tengah kota, tepatnya di daerah Mitte. Di samping gereja kita bisa melihat aliran sungai yang jernih dan kapal-kapal wisata. Wisatawan bisa naik kapal selama 2 jam dengan membayar tiket mulai EUR 29. Di halaman gereja rumput terhampar dan menjadi tempat bersantai atau piknik bagi warga menjelang sore. Dekorasi gereja yang paling menarik adalah sebuah orgel dengan ornamen yang mencolok dan pipa organ yang berjumlah sekitar 7.000.

 

4. BERLIN TV TOWER (DER FERNSEHTURM)

 

 

Terletak di tengah kota, dekat Alexanderplatz. Dengan tinggi 368 m, menara ini merupakan struktur tertinggi di Berlin, urutan ke-4 di Eropa. Bila kita mendekati Alexanderplatz, menaranya sudah kelihatan. Menara ini masih berfungsi sebagai satelit dan pemancar, dan dibuka untuk umum. Pada ketinggian 203 m (batas ketinggian yang dibuka untuk umum) turis bisa menyaksikan pemandangan Berlin. Di bundaran menara terdapat Restoran Sphere yang bisa berputar setiap 30 menit. Harga makanannya? Yaa, gitu deh, mahal!

 

5. BERLIN VICTORY COLUMN (DIE SIEGESSAULE)

 

 

Taman luas yang berada di sekitar monumen ini menjadi tempat warga berpiknik. Pemandangan yang mencolok adalah patung dewa kemenangan yang dicat berwarna emas di puncak monumen. Kita juga bisa menyaksikan pemandangan Berlin dari bagian paling atasnya. Brandenburg Gate dan Berlin TV Tower akan terlihat. Kalau nggak mau ke atas, kita bisa foto-foto aja di bawahnya, nggak perlu beli tiket masuk.

 

6. CHECKPOINT CHARLIE

 

 

Checkpoint Charlie di Friedrichstadt merupakan salah satu di antara 7 pintu masuk perbatasan Jerman Timur dan Barat yang dibatasi Tembok Berlin. Yang membuat Checkpoint Charlie istimewa karena berbatasan langsung dengan sektor Amerika. Saat ini Checkpoint Charlie hanya sebuah gardu yang dijaga tentara. Banyak restoran dan pertokoan, juga banyak warga dan turis lalu-lalang di sekitarnya. Sisa reruntuhan Tembok Berlin masih berdiri di dekat sini dan menjadi salah satu atraksi turis. Kenapa diberi nama Charlie? Itu diambil dari nama kode tentara Amerika saat PD II yaitu C atau Charlie.

 

7. WORLD TIME CLOCK (WELZEITUHR)

 

 

Berlokasi di dekat pertokoan Alexanderplatz. Jam dunia ini berbentuk silinder dengan berat 16 ton, tinggi 10 m dan berwarna-warni. Warnanya bisa berubah-ubah seiring dengan pergantian waktu. Beberapa zona waktu kota-kota besar dunia termasuk Jakarta tertera di World Time Clock. Ikon yang satu ini juga merupakan salah satu meeting point yang mudah dikenali.

 

8. MADAME TUSSAUDS BERLIN

 

 

Terletak di dekat Brandenburg Gate. Sama dengan Madame Tussauds di mana pun, banyak dipamerkan patung lilin selebritis dan tokoh dunia di antaranya Ratu Elizabeth, Elvis Presley, Madonna, The Beatles, Paus Yohanes Paulus II, Anne Frank, Brad Pitt dan Angelina Jolie, Barack Obama, Albert Einstein, Sigmund Freud, Lady Gaga dll.

 

9. HOLOCAUST MEMORIAL

 

 

Berupa lapangan luas yang di tengahnya ada semacam monumen dengan tinggi +/-50 m, dan ada banyak kotak-kotak persegi panjang berwarna abu-abu, menyerupai bangku taman. Dibuat untuk mengenang orang-orang Yahudi yang dibunuh di Eropa pada zaman Hitler. Tempat ini terbuka untuk umum dan terletak di tepi jalan raya dekat Brandenburg Gate. 

 

10. MUSEUM DDR (DEUTSCHE DEMOKRATISCHE REPUBLIK)

 

 

Salah satu museum interaktif yang dibangun untuk mengenang kehidupan warga Jerman Timur sebelum Tembok Berlin diruntuhkan. Foto-foto interaktif tentara Jerman Timur dan aktivitas perang mereka, benda-benda antik yang merupakan properti warga Jerman Timur juga banyak disimpan di sini. Museum ini terletak di samping Sungai Spree, dekat Berliner Dome. Pada tahun 2008 mendapat penghargaan sebagai salah satu museum terbaik di Eropa. 

 

11. ALEXANDERPLATZ

 

 

Salah satu sudut tersibuk di Berlin dan nggak pernah sepi hingga larut malam. Sejak Jerman bersatu, Alexanderplatz menjadi pusat bisnis di Berlin yang ramai dengan toko, gedung dan restoran yang berjejer di sepanjang jalan. Padahal dulunya daerah yang bernama Ochsenmarkt ini menjadi markas utama Jerman Timur. Namanya diganti menjadi Alexanderplatz sejak kedatangan seorang tentara Rusia bernama Tzar Alexander tahun 1805. Salah satu department store terkemuka yang ada di sini adalah Galeria Kaufhof.

 

12. KURFURSTENDAMM

 

 

Pusat perbelanjaan yang tergolong mewah ini merupakan simbol kemakmuran dan kejayaan Berlin. Paling favorit di Berlin dengan konsep menyerupai pusat perbelanjaan Champs-Élysées di Paris. Selain untuk belanja, tempat ini cocok sebagai tempat pertemuan ataupun sekadar mengisi waktu luang. Beberapa merek terkenal punya gerai di sini. Toko suvenir khas Berlin juga ada. Mau makan yang gampang juga bisa di Hard Rock Café yang terletak di pinggir jalan. Ada Hard Rock Shop-nya juga.

 

Ada obyek wisata apa lagi di Berlin? Silakan tambahkan di kolom komen ya...

Teks: Lisa Merinda Foto: Lisa Merinda, Shutterstock, Istimewa

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


284

Back to Top