8 TRADISI UNIK TAHUN BARU DI AMERIKA LATIN

8 TRADISI UNIK TAHUN BARU DI AMERIKA LATIN

Wednesday, 28-12-2016 | 15:14

 

Tradisi adalah tradisi, kebiasaan yang ditularkan turun-temurun. Tentu ada makna yang terkandung dan pesan yang ingin disampaikan dalam setiap tradisi. Walaupun terkadang lama-kelamaan menjadi bias, atau generasi penerus hanya meneruskan tradisi tanpa tahu lagi maknanya. Atau ada juga tradisi yang pesannya sudah nggak sesuai dengan kondisi zaman.

Tapi mengenal tradisi suatu bangsa atau kelompok masyarakat selalu menarik. Salah satunya tradisi Tahun Baru 1 Januari atau Tahun Baru Masehi. Pada intinya, semua tradisi dilakukan dengan harapan akan tahun yang lebih baik di masa datang. Ini dia beberapa tradisi unik perayaan malam pergantian tahun di Amerika Latin yang dikumpulkan MyTrip dari berbagai sumber. Selamat Tahun Baru 2017!

 

1. ARGENTINA: RED UNDERWEAR

 

Orang Argentina dan sebagian besar orang Amerika Latin (Meksiko, Bolivia, Brasil) percaya bahwa mengenakan underwear berwarna merah saat malam pergantian tahun akan membawa keberuntungan, terutama menarik dewa cinta di tahun yang akan datang. Jadi terutama yang masih lajang yang mengikuti tradisi ini.

 

2. BOLIVIA: KOIN DI DALAM KUE

 

Di Bolivia masyarakatnya punya kebiasaan menyelipkan koin di dalam kue yang mereka buat untuk merayakan tahun baru. Siapa saja yang kebetulan mendapatkan kue berisi koin dipercaya akan mendapatkan keberuntungan di tahun mendatang.

Seperti disebutkan di atas, orang Bolivia juga percaya soal underwear itu, lebih spesifiknya, mereka mengganti underwear dengan warna merah (ada yang menyebutkan warna kuning juga) tepat saat pergantian tahun. Bukan cuma soal cinta, tapi dipercaya hal ini akan mengubah nasib mereka menjadi lebih baik.

 

 

3. BRASIL: BAJU PUTIH & LOMPAT KE LAUT

 

Sementara untuk daleman orang Brasil memilih warna merah saat merayakan tahun baru, tapi untuk pakaian luar justru serba putih. Tujuannya selain untuk menghindari roh jahat, juga untuk menyimbolkan kedamaian dan pembaruan.

Tapi ada juga tradisi lain yang berasal dari agama kaum Afro-Brazilian yang dikenal dengan Candomblé. Setelah jam menunjukkan pukul 12 malam, orang-orang akan menuju laut dan menceburkan diri menerjang 7 ombak. Dengan begitu mereka akan mendapatkan berkat dari Iemanjá, dewi laut.

 

4. MEKSIKO: NGOBROL DENGAN ARWAH

 

Orang Meksiko percaya mereka dapat berkomunikasi dengan arwah orang dekat yang telah meninggal. Malam pergantian tahun dianggap momen tepat untuk berkomunikasi dengan mereka guna menyampaikan pesan atau minta petunjuk. Dan uniknya, mereka nggak melakukan ini di rumah tapi di tempat umum, bahkan hotel pun bisa membuka sesi khusus ini.

 

5. KOLOMBIA: KELILING DENGAN KOPER

 

Nah yang ini asyik juga buat ditiru nih! Orang Kolombia percaya bahwa dengan berjalan mengelilingi rumah atau jalan di sekitar rumah sambil membawa koper (atau ransel juga boleh lah) saat pergantian tahun akan membawa dampak: Anda akan banyak jalan-jalan di tahun depan. Asyik ‘kan?

 

6. EKUADOR: BAKAR ORANG-ORANGAN

 

Sebagai negara tetangga Kolombia, wajar kalau Ekuador juga punya tradisi yang sama. Mereka juga melakukan ritual jalan kaki di sekitar rumah sambil bawa koper kosong di malam tahun baru dengan harapan akan banyak ngetrip di tahun depan.

Tradisi lainnya yang tak kalah unik, membuat orang-orangan (boneka) dan membakarnya saat tengah malam. Orang-orangannya didandani dan diisi dengan koran dan potongan-potongan kayu. Saat mendekati tengah malam, semua orang berkumpul di luar rumah dan tiap keluarga membakar orang-orangannya. Maknanya tentu saja untuk memusnahkan semua hal buruk yang telah terjadi selama setahun terakhir.

 

7. CHILE: TAHUN BARU DI KUBURAN

 

Tradisi ini baru dimulai tahun 1995, belum lama-lama amat, tapi sampai kini diikuti oleh ribuan orang di kota kecil bernama Talca di Chile. Jadi awalnya ada satu keluarga yang melompati pagar pemakaman untuk merayakan tahun baru di makam ayah mereka. Jadilah sejak saat itu warga kota itu mengikuti, dan sang walikota pun memfasilitasi dengan membuka pemakaman pukul 11 malam khusus saat pergantian tahun. Bukan merayakan dalam kesenyapan, tapi justru ada pertunjukan musik klasik dan pemakaman pun didekor penuh dengan lilin atau lampu-lampu yang membuatnya menjadi tempat pesta yang sempurna. Mereka percaya anggota keluarga yang telah meninggal menunggu mereka di makamnya dan mereka harus memulai tahun yang baru dengan merayakannya bersama yang telah meninggal.

 

8. GUATEMALA: LEMPAR KOIN

 

Orang Guatemala akan membawa uang receh sebanyak 12 penny keluar rumah menjelang tengah malam. Kemudian uang itu akan dilempar ke jalanan di belakang mereka sambil menghadap ke arah berlawanan. Hal ini diyakini akan mendatangkan uang yang lebih banyak di tahun mendatang.

Teks: Maulana Alam, Mayawati NH, dari berbagai sumber Foto: Istimewa, dari berbagai sumber

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


188

Back to Top