10 ALASAN MENGUNJUNGI SHANGHAI

10 ALASAN MENGUNJUNGI SHANGHAI

Thursday, 01-12-2016 | 14:05

 

 

Shanghai boleh jadi adalah lambang modernitas China. Tapi pilihan wisata di kota yang bisa dijangkau 2 jam dengan pesawat dan 5 jam dengan kereta cepat dari ibu kota Beijing ini sangat beragam. Mulai dari yang klasik sampai modern, semua ada. Dan inilah 10 alasan mengunjungi Shanghai.

 

1.  THE BUND & HUANGPU RIVER CRUISE

 

The Bund, waterfront yang berada di sepanjang Sungai Huangpu pastilah menjadi alasan utama turis ke Shanghai. Ikon Kota Shanghai ini hampir sepanjang hari dan sepanjang musim selalu ramai dipadati turis domestik maupun mancanegara. The Bund dikelilingi gedung-gedung kolonial di satu sisi dan gedung-gedung modern pencakar langit di sisi lainnya. Yang unik, di antara jajaran bangunan kolonial terdapat bangunan mirip Big Ben di London bahkan konon diameter jamnya pun persis sama dengan yang asli.

 

 

Selain indah dinikmati sambil berjalan kaki, The Bund juga elok disusuri dengan naik cruise. Bahkan, The Bund semakin indah ketika malam tiba, sejuta warna cahaya berpadu bak lukisan yang cantik. Coba ikut saja Highlight Cruise selama 1 jam. Kita akan diajak melihat highlight di sekitar Sungai Huangpu. Tersedia juga Classic Cruise selama 3 jam, sampai ke ujung sungai yang berbatasan dengan Sungai Yangtze. Tiket bisa dibeli di terminal cruise yang berada di lokasi The Bund, salah satunya di dekat Oriental Pearl TV Tower.
 

2.  ORIENTAL PEARL TV TOWER

 

Inilah bangunan yang juga menjadi ikon Shanghai. Menara setinggi 468 m ini bermandikan cahaya di malam hari. Meski terlihat dari The Bund, disarankan mengunjungi menara ini --apalagi hendak naik ke atasnya--  di hari yang berbeda dengan hari mengeksplorThe Bund. Biar puas. Lebih direkomen naik malam hari karena kita dapat melihat Shanghai bermandi cahaya dengan Sungai Huangpu-nya dari puncak menara. Lift-nya bergerak sangat cepat dan antreannya rapi.

 

3. NANJING ROAD

 

Lokasi belanja ini pasti digemari kaum shopaholic karena di sepanjang jalannya terdapat deretan pertokoan terpanjang di dunia. Bayangkan, sepanjang 6 km terbentang pertokoan yang menyajikan merek lokal hingga merek internasional ternama. Nanjing Road terbagai dua yakni West Nanjing Road dan East Nanjing Road. Toko-toko suvenir dan toko yang menjual barang klasik China juga ada di sini.

 

4. YUYUAN GARDEN

 

Merupakan area taman bergaya klasik yang dibangun tahun 1577, saat Dinasti Ming berkuasa. Di area luar taman terdapat toko-toko dengan model bangunan China klasik yang menjajakan aneka barang. Ada juga banyak penjual makanan mulai dari tahu bau, pancake telur serta xiao lung bao (makanan berbentuk bulat, kulitnya dari tepung seperti pangsit, isinya bisa udang atau ayam) serta restoran cepat saji.

Momen menarik di lokasi ini tentu mendatangi studio foto yang berlokasi di antara toko-toko untuk ber-must pose dengan gaya Shanghai Tang (biaya RMB 40-200 tergantung ukuran). Harga sudah termasuk framenya. Hati-hati, biasanya mereka pakai trik mengambil beberapa kali, dengan harapan kita membeli lebih dari 1 foto. O ya, di lokasi dalam taman juga ada penyewaan baju ala kaisar China untuk berfoto dengan kamera pribadi. Untuk info lebih lengkap buka websitenya www.yugarden.com.cn

 

5. SHANGHAI PEOPLE’S PARK

 

Taman ini membentang dari Middle Xizang Road di timur sampai North Huangpi Road di barat, dan membujur dari West Nanjing Road di utara sampai People’s Square di selatan. Atraksi utama di taman ini adalah Memorial to the May Thirtieth Movement, The Antarctic Stone, Shanghai Museum of Contemporary Art, juga ada beberapa teahouse. Dan tentu seperti taman pada umumnya, turis maupun warga lokal bisa leyeh-leyeh di sini, duduk-duduk di kursi-kursi batu, sambil melihat pemandangan khas China seperti paviliun, koridor, bukit buatan, kolam dan pergola.

 

6. SHANGHAI MUSEUM

 

Seperti museum lain, sebagian besar koleksi yang dipajang merupakan peninggalan masa lalu, seperti uang kuno yang bentuknya unik, lukisan, furnitur, giok dsb. Indah mengenang masa kekaisaran lama. O ya, untuk masuk ke museum ini gratis termasuk brosur-brosurnya. Cuma jumlah pengunjung tiap hari dibatasi hanya 8.000 orang.

 

7.  SHANGHAI URBAN PLANNING

 

Di sini pengunjung dapat melihat maket Kota Shanghai, foto-foto Shanghai tempo dulu dan perbandingan lokasi lama dan sekarang yang ditampilkan secara audio. Ada juga pertunjukan yang menarik berupa 360 derajat movie yang mengajak pengunjung keliling Kota Shanghai. Letaknya seberang jalan dari Shanghai Museum, meski gedungnya tidak berhadap-hadapan. Jadi dari museum tinggal jalan kaki saja.

 

8. XIN TIAN DI

 

Bagi penggila belanja barang bermerek wajib mendatangi distrik Xintiandi. Ini area pertokoan barang-barang branded dan kafe-kafe bernuansa Western. Banyak ekspat bule beredar di sini. Selain belanja dan nongkrong-nongkrong cantik di kafe, lokasi ini juga cakep untuk berfoto-foto.


9. TIAN ZI FANG

 

Ini tempat yang asyik untuk berburu pernak-pernik unik di Shanghai. Konon, dulunya daerah ini merupakan daerah kumuh yang disulap menjadi deretan pertokoan yang rapi, hingga masuk gang-gang. Salah satu toko yang menarik dikunjungi adalah toko yang membuat boneka yang kepalanya disesuaikan dengan foto kita sedangkan badannya divariasi, berlokasi  di unit 42. Memang sih toko ini cabang dari Singapore Vivo City. Dan yang asyik di distrik ini terdapat restoran Indonesia dengan menu masakan Bali.

 

10. ERA CIRCUS

 

Meski menyajikan atraksi seperti kelompok sirkus lain, Era Circus wajib disambangi saat ke Shanghai. Dua jam penuh kita akan dihibur atraksi-atraksi spektakuler seperti 6 motor bekejar-kejaran dalam bola besi yang ukurannya tidak terlalu besar. Dan dahsyatnya, satu dari pengendara motor itu cewek. Wow keren! Pembelian tiket bisa dilakukan melalui website www.era-shanghai.com

Teks: Kumala Budiyanto Foto: Kumala Budiyanto, Shutterstock

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


257

Back to Top