55 OBYEK WISATA DI YOGYAKARTA UNTUK ALTERNATIF LIBURAN (Bagian 7-tamat)

55 OBYEK WISATA DI YOGYAKARTA UNTUK ALTERNATIF LIBURAN (Bagian 7-tamat)

Sunday, 27-11-2016 | 19:17

Candi Borobudur

 

Siapa sih yang pernah bosen ke Yogyakarta? Rasanya sih nggak ada. Di kota maupun kabupaten-kabupaten yang berada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini apa yang dibutuhkan wisatawan ada. Mulai pantai yang indah, gunung yang memukau, warisan budaya yang mengagumkan, kerajinan tangan yang bercita rasa, dsb. Seluruh ragam pesona itulah yang membuat wisatawan kembali, kembali, dan kembali lagi ke Yogyakarta. Berikut 55 obyek wisata di DIY (di luar wisata kulinernya) yang MyTrip pilihkan untuk alternatif liburan. DIY selain memiliki Kota Yogyakartta, juga memiliki Kabupaten Gunungkidul, Bantul, Kulon Progo, dan Sleman. Beberapa obyek wisata yang masuk Kabupaten Magelang Jawa Tengah dimasukkan juga karena biasa turis mengaksesnya dari Yogya.

 

KABUPATEN KULON PROGO:

50.  WISATA ALAM KALIBIRU

Wisata alam yang dikelilingi hutan ini terletak 450 meter di atas permukaan laut, di Bukit Menoreh, jadi nggak heran udaranya segar. Lokasi ini menjadi hits karena adanya platform kayu yang dibuat di atas pohon sebagai lokasi mengambil foto yang keren banget dengan latar belakang yang amazing. Selain pemandangan alam yang indah, Wisata Alam Kalibiru ini juga menyediakan penginapan, warung/restoran, lokasi outbond, flying fox serta jalur trekking.

Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, DIY

 

51.  DESA WISATA NGLINGGO

 

Tea walk? Boleh juga sesekali nih. Berjalan di antara tanaman teh yang tumbuh dengan baik di dataran tinggi, sudah pasti menyejukkan dan mengasyikan. Berdiri di ketinggian 800 mdpl, kita bisa menyaksikan perkampungan di Kabupaten Magelang dan Purworejo. Ada juga air terjun Curug Watu Jonggol yang sangat alami karena untuk mencapainya harus melalui medan yang cukup berat.  Desa yang pernah menyandang sebagai juara ke-3 dalam Lomba Desa Wisata Nasional ini memang sangat indah, apalagi dengan fasilitas yang berkembang seperti bumi perkemahan, homestay, edukasi tentang pertanian dan peternakan, menari lengger, membuat batik sampai membuat topeng.

Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, DIY

 

52.  PUNCAK SUROLOYO

Ingin melihat Candi Borobudur dari kejauhan nggak cuma dari Punthuk Setumbu, tapi juga bisa dari Puncak Suroloyo. Untuk mencapai puncaknya yang setinggi 1.019 mdpl kita harus naik melewati 286 anak tangga. Segala jerih payah terbayar karena tidak hanya bisa melihat Borobudur, kita juga bisa melihat 4 gunung sekaligus: Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing. Ada beberapa gardu pandang yang disediakan di area puncak.

Gerbosari, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, DIY

 

KABUPATEN MAGELANG (JAWA TENGAH):

53.  CANDI BOROBUDUR

 

Lokasinya di Magelang, 2 jam dari Yogya. Ini adalah candi Buddha terbesar dan termegah di dunia. Candi yang dibangun Raja Samaratungga ini memiliki kurang lebih 1.460 relief dan 500 lebih stupa. Untuk memasuki candi pengunjung wajib memakai kain yang sudah disediakan. Begitu masuk lokasi, tak ada kesan lain selain decak kagum atas kemegahan warisan leluhur bangsa ini. Selain mengunjungi Candi Borobudur, wisatawan biasanya juga mengunjungi dua candi lain di dekatnya yakni Candi Mendut dan Candi Pawon. Buat penggemar fotografi bolehlah ikut paket Borobudur Sunrise yang ditawarkan manajemen Hotel Manohara.

 

54.  BUKIT PUNTHUK SETUMBU

Bukit Punthuk Setumbu terletak +/-3 km dari Candi Borobudur. Lokasi ini populer untuk menikmati sunrise ke arah Borobudur, sehingga gampang dicari. Pihak Dinas Pariwisata Magelang membangun beberapa fasilitas yang memudahkan wisatawan seperti tempat parkir, balai istirahat serta kamar kecil. Untuk sampai di atas bukit nggak terlalu susah tapi cukup menguras tenaga. Saat tepat adalah musim kemarau (Mei-Oktober). Dan menurut penjaga disarankan datang selain Sabtu, karena setiap Sabtu biasanya cuacanya kurang bagus. Believe it or not.

Jl. Borobudur Ngadiharjo Km.3, Kurahan, Karangrejo, Kabupaten Magelang, Jateng

 

55.  KETEP PASS

 

Ketep Pass merupakan lokasi wisata yang berada di atas sebuah bukit di Ketep, Sawangan. Dari sini bila cuaca cerah kita bisa melihat 5 gunung yang berdiri gagah. Yakni “Si Kembar” Merapi dan Merbabu, Sindoro, Sumbing dan Slamet. Kelima gunung itu bisa dinikmati di Pelataran Panca Arga. Di Ketep Pass juga ada Gardu Pandang, Ketep Vulkano Centre serta Ketep Vulkano Theater. Nah, kalau pengin tahu sejarah serta terjadinya letusan dahsyat Merapi dari tahun ke tahun hingga 2010, silakan membeli tiket untuk pertunjukan di Ketep Vulkano Theater.

Jl.  Ketep, Ketep, Sawangan, Kabupaten Magelang, Jateng

Teks: Adi Pamungkas, Fransiskus Ipang K, Mayawati NH, Wahyuni Kamah Foto: Dok. My Trip, Mayawati NH, Istimewa

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


308

Back to Top