55 OBYEK WISATA DI YOGYAKARTA UNTUK ALTERNATIF LIBURAN (Bagian 3)

55 OBYEK WISATA DI YOGYAKARTA UNTUK ALTERNATIF LIBURAN (Bagian 3)

Wednesday, 23-11-2016 | 19:00

Pantai Siung

 

Siapa sih yang pernah bosen ke Yogyakarta? Rasanya sih nggak ada. Di kota maupun kabupaten-kabupaten yang berada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini apa yang dibutuhkan wisatawan ada. Mulai pantai yang indah, gunung yang memukau, warisan budaya yang mengagumkan, kerajinan tangan yang bercita rasa, dsb. Seluruh ragam pesona itulah yang membuat wisatawan kembali, kembali, dan kembali lagi ke Yogyakarta. Berikut 55 obyek wisata di DIY (di luar wisata kulinernya) yang MyTrip pilihkan untuk alternatif liburan. DIY selain memiliki Kota Yogyakartta, juga memiliki Kabupaten Gunungkidul, Bantul, Kulon Progo, dan Sleman. Beberapa obyek wisata yang masuk Kabupaten Magelang Jawa Tengah dimasukkan juga karena biasa turis mengaksesnya dari Yogya.

 

KABUPATEN GUNUNGKIDUL:

17.  PANTAI SIUNG

 

Keistimewaan pantai ini dibanding pantai-pantai lain di Gunungkidul lebih pada keberadaan batu batu karang yang menjulang tinggi, berpadu dengan jernihnya air dan putihnya pasir. Dan, karang-karang menjulang inilah yang dijadikan para pecinta panjat tebing sebagai arena menguji kemampuan memanjat di bawah deburan ombak. Konon ada 250 jalur pemanjatan. Bagi yang nggak suka panjat tebing, bukit di sebelah kiri pantai juga bisa didaki hingga kita tiba di ujungnya. Dari sini melihat pemandangan ke sekitar keren banget! Naiknya nggak susah kok, tapi tetap butuh kehati-hatian. Bagi yang cuma mau santai, bisa duduk-duduk di balai-balai kayu yang tersedia sembari menikmati keindahan.

Desa Tepus, Tepus, Kabupaten Gunungkidul, DIY

 

18.  PANTAI POK TUNGGAL

 

Sering banget lihat foto indah pantai dengan satu pohon, dan ternyata itu adalah Pantai Pok Tunggal. Pohon yang sendirian menjulang itu adalah pohon duras. Konon pohon ini sangat sulit tumbuh dan tergolong langka, oleh karenanya penduduk setempat sangat melindunginya.  Keindahan sesungguhnya dari pantai ini adalah barisan karang gagah yang menjulang di kiri kanan seakan-akan melindungi dari dunia luar. Pantai ini berada di antara Pantai Siung dan Indrayanti.

Desa Tepus, Tepus, Kabupaten Gunungkidul, DIY

 

19.  PANTAI SUNDAK

Namanya diambil dari kata asu (anjing) dan landak yang pernah berkelahi di dalam gua di pantai ini. Dari Yogya ke pantai ini perlu waktu sekitar 2 jam. Pantainya berpasir putih. Ombak yang relatif besar dan keberadaan batu-batu karang menjadikan pantai ini bukan tempat ideal untuk berenang. Cara menikmatinya dengan bersantai saja di gubug-gubug yang disediakan warga atau di rumah makan di pinggir pantai. Sunrise di pantai ini ciamik!

Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunungkidul, DIY

 

20.  PANTAI NGRENEHAN

Pantainya nggak luas, berupa teluk yang dibatasi bukit kapur. Selain menikmati keindahan pantai pasir putihnya, di sini kita juga bisa menyaksikan kesibukan nelayan karena ada Tempat Pelelangan Ikan. Pantai ini tempat yang tepat juga untuk membeli ikan segar hasil tangkapan nelayan.

Kanigoro, Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, DIY

 

21.  PANTAI NGOBARAN

Pantai yang terletak tak jauh dari Pantai Ngrenehan ini unik. Begitu tiba di pantainya kita akan disambut 4 tempat ibadah dari 4 kepercayaan yang berbeda. Dari area ini kita bisa melihat pantainya ke arah bawah. Jangan berpuas di situ, turunlah ke bawah melalui anak tangga. Di bawah kita akan disambut hamparan pantai yang ditumbuhi rumput laut. Pemandangan hijau rumput laut dipadukan dengan batu-batu karang membuat pantai ini sangat Instagramable.

Kanigoro, Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, DIY

 

22.  PANTAI NGANDONG

 

Pantai ini diapit Pantai Sundak dan Pantai Krakal. Berpasir putih dan halus, berwarna indah sebiru langit yang menyatu di kejauhan. Sejak beberapa tahun silam pantai ini mengundang banyak turis mancanegara karena keindahannya. Ombak-ombak kecil sangat cocok untuk bermain dengan si kecil sementara yang lainnya bersantai di pinggir pantai, duduk menghadap ke lautan di kursi-kursi yang disediakan warung-warung setempat.  Pantai cantik ini  dapat dicapai sekitar 2,5 jam dari pusat kota Yogya.

Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunungkidul, DIY

 

23.  PANTAI NGLAMBOR

 

“Watu Kalong dan Watu Kuntul” yaitu 2 kura-kura raksasa yang menjadi kunci keindahan Pantai Nglambor ini konon telah menghalau ganasnya ombak di pantai selatan. Kini pantai ini menjadi konversi terumbu karang dan biota laut lainnya. Masyarakat sekitar pun melarang penangkapan ikan namun diperbolehkan sekali dalam setahun pada saat yang telah ditentukan. Snorkeling merupakan aktivitas tepat di pantai ini karena ada banyak jenis ikan dan ada juga penyewaan alat-alat snorkeling. Jarak tempuh dari Kota Yogya sekitar 3 jam dan medannya cukup memerlukan stamina yang prima. Ini membuktikan pantai ini merupakan pantai yang masih tergolong asli dan bersih.

Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunungkidul, DIY

 

(Bersambung)

Teks: Adi Pamungkas, Fransiskus Ipang K, Mayawati NH, Wahyuni Kamah Foto: Dok. My Trip, Mayawati NH, Istimewa

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


446

Back to Top