55 OBYEK WISATA DI YOGYAKARTA UNTUK ALTERNATIF LIBURAN (Bagian 2)

55 OBYEK WISATA DI YOGYAKARTA UNTUK ALTERNATIF LIBURAN (Bagian 2)

Tuesday, 22-11-2016 | 18:57

Pantai Indrayanti

 

Siapa sih yang pernah bosen ke Yogyakarta? Rasanya sih nggak ada. Di kota maupun kabupaten-kabupaten yang berada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini apa yang dibutuhkan wisatawan ada. Mulai pantai yang indah, gunung yang memukau, warisan budaya yang mengagumkan, kerajinan tangan yang bercita rasa, dsb. Seluruh ragam pesona itulah yang membuat wisatawan kembali, kembali, dan kembali lagi ke Yogyakarta. Berikut 55 obyek wisata di DIY (di luar wisata kulinernya) yang MyTrip pilihkan untuk alternatif liburan. DIY selain memiliki Kota Yogyakartta, juga memiliki Kabupaten Gunungkidul, Bantul, Kulon Progo, dan Sleman. Beberapa obyek wisata yang masuk Kabupaten Magelang Jawa Tengah dimasukkan juga karena biasa turis mengaksesnya dari Yogya.

 

KOTA YOGYAKARTA:

9.  KEBUN BINATANG GEMBIRA LOKA

 

Kebun binatang ini sudah menjadi ikon wisata Yogya sejak dulu kala. Keberadaannya dari tahun ke tahun terus menarik minat masyarakat. Daya tarik utama, selain koleksi satwanya lengkap dan terawat dengan baik, fasilitas penunjang wisata pun (wahana-wahana permainan) kian bertambah.  Seperti  wahana gajah dan onta tunggang, kolam sentuh, kolam tangkap , skuter air dsb. Ada juga atraksi pemberian makan binatang setiap harinya, tentu menarik bagi anak-anak.

Jl. Kebun Raya No. 2, Kota Yogyakarta, DIY

 

10.  KERAJINAN PERAK KOTAGEDE

 

Ingat perak ingat Kotagede, sebuah kecamatan yang berjarak 5 km dari Kota Yogya. Bekas Ibu Kota Kerajaan Mataram ini sejak dulu warganya dikenal sebagai pengrajin perak. Tidak heran, jika hampir semua rumah menjadi toko dan tempat produksi kerajinan perak. Produk perak yang ditawarkan sangat beragam mulai dari perhiasan hingga cenderamata seperti miniatur becak dan andong. Produknya halus, bermutu dan kreatif. Karena begitu banyak toko dengan harga bersaing, bisa-bisa setengah hari habis dilewatkan di Kotagede. Selain toko-toko kecil di rumah warga, ada juga toko besar dengan koleksi sangat beragam. Keuntungan belanja di toko kecil, selain bisa menawar kita juga bisa memesan satuan. 

 

11.  DE MATA TRICK EYE MUSEUM

 

Trick Eye Museum (Museum 3D) ini bukan satu-satunya di Indonesia, namun museum yang di Yogya ini punya banyak sekali lukisan 3D yang bisa dijadikan sarana narsis sebagai selebriti, atlet, nuansa romansa, super hero dan masih banyak lainnya. Apalagi juga ada lukisan yang tentunya hanya ada di Yogya, yaitu Sri Sultan HB X sedang memberikan bunga. Bayangkan Anda bisa narsis sebanyak 120 kali, itu pun kalau 1 lukisan hanya 1 kali foto. Buat yang kurang biasa narsis tentunya jangan khawatir, disediakan kok contoh foto dan ada petugas yang siap membantu mengarahkan gaya. Pastikan baterai HP atau kamera penuh ya kalau ke sini.

XT Square, Gedung Umar Kayam, lantai basement, Jl. Veteran No. 151, Pandeyan, Kota Yogyakarta, DIY

 

 

KABUPATEN GUNUNGKIDUL:

12.  PANTAI BARON

 

Pantai ini termasuk bagian dari trionya pantai Gunungkidul (Baron, Kukup dan Krakal). Pantai yang juga kampung nelayan ini tersohor dengan pantai pasir putihnya. Bila dilihat dari atas bukit, pemandangan jadi lebih indah. Paduan antara bukit hijau, laut biru, pasir putih berpadu dengan warna-warni kapal dan payung pantai. Untuk naik bukit, ada beberapa jalan setapak yang telah disiapkan warga.

Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, DIY

 

13.  PANTAI KUKUP

 

Letak Pantai Kukup nggak jauh dari Pantai Baron. Bahkan bila naik bukit di Pantai Baron, Anda bisa sampai dan menyaksikan keindahan Pantai Kukup dari atas. Saat menapaki jalan setapak lewat ladang penduduk, Anda akan menemukan pantai mini dengan pasir putih sebelum sampai di Pantai Kukup. Jadi jalan kaki dari Pantai Baron ke Pantai Kukup 20-30 menit. Aktivitas di pantai ini selain mandi dan bermain pasir, juga menyantap rujak serta minum air kelapa muda. Untuk yang hobi motret, coba masuk ke gua di pinggir pantai dan ambil gambar pantai dengan bingkai mulut gua.

Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, DIY

 

14.  PANTAI KRAKAL

 

Pantai Krakal memiliki pasir putih yang landai dan panjang, penuh dengan krakal (batu karang). Kelebihan pantai ini, karena banyak krakal sehingga banyak hidup ikan di pinggir pantai. Cuma hati-hati, terutama yang membawa anak-anak, karena anginnya sangat kencang dan ombaknya pun besar. Jadi, pastikan anak-anak Anda tetap bermain di tepi pantai dan dalam pengawasan.

Ngestirejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, DIY

 

15.  PANTAI DRINI

Ciri khas pantai di sisi timur Pantai Baron ini adalah adanya pulau kecil di tengahnya yang seolah membelah pantai menjadi dua bagian. Karena berupa laguna, lautnya cukup aman untuk direnangi, terutama yang di sisi timur. Fasilitas kamar bilas, warung-warung dan gazebo juga cukup banyak.

Banjarejo, Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, DIY

 

16.  PANTAI INDRAYANTI

 

Salah satu keunggulan pantai yang nggak panjang ini tertelak pada kebersihannya. Bahkan bisa dibilang pantai terbersih di Gunungkidul, karena dimiliki dan dikelola swasta. Pengelola  menyediakan restoran berupa gazebo-gazebo serta penginapan berupa rumah kayu dengan atap rumbia. Menu dengan lauk ikan menjadi andalan restoran ini, selain air kelapa muda.O ya, paling asyik menikmati pantai ini sore hari menjelang sunset.

Desa Tepus, Tepus, Kabupaten Gunungkidul, DIY

 

(Bersambung)

Teks: Adi Pamungkas, Fransiskus Ipang K, Mayawati NH, Wahyuni Kamah Foto: Dok. My Trip, Raiyani Muharramah, Istimewa

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


526

Back to Top