8 HAL YANG HARUS DILAKUKAN DI TAMAN NASIONAL KOMODO

8 HAL YANG HARUS DILAKUKAN DI TAMAN NASIONAL KOMODO

Tuesday, 08-11-2016 | 17:12

Must Pose di Pulau Padar

 

Anda penyuka laut? Sudah pernah ke Taman Nasional Komodo di Flores, NTT? Belum? Waaah... Gwyneth Paltrow aja udah dan dia sangat terkesan. Salah satu liburan yang tak terlupakan, katanya. Lagipula sekarang Garuda Indonesia punya penerbangan langsung Jakarta-Labuan Bajo lho! Buruan rencanakan liburan keluarga Anda berikutnya ke sini. Dan jangan lupa, ini dia daftar hal-hal yang harus Anda lakukan kalau ke TN Komodo ya!

 

1.TREKKING DI PULAU KOMODO ATAU PULAU RINCA

 

Untuk melihat komodo langsung dari dekat kita harus ke Pulau Komodo atau Pulau Rinca. Pulau mana yang lebih menjanjikan untuk bertemu komodo? Jawabannya: dua-duanya. Kalau di Rinca, komodonya banyak berkeliaran di area pondokan penjaga pulau, tempat start trekking. Dan bonusnya di Rinca, view point-nya jauh lebih cantik daripada view point di Pulau Komodo. Di Pulau Komodo, begitu menginjakkan kaki di pantai dekat dermaga, kita sudah bisa melihat komodo berkeliaran. Trekking di kedua pulau ini tergolong santai, relatif datar, dan total durasi hanya 1-1,5 jam.

 

View point di Pulau Rinca

 

2.BERFOTO DI SPOT “MUST POSE” DI PULAU PADAR

Pose wajib di Pulau Padar

 

Belum ke TN Komodo kalau belum berpose di spot “Must Pose” atau spot sejuta umat di salah satu dari 3 pulau utama di taman nasional ini. Kontur lekuk liku Pulau Padar yang terlihat dari puncaknya kece badai. Naik maupun turunnya nggak susah, tapi juga nggak sangat gampang. Karakter trek di pulau-pulau di TN Komodo hampir sama, berupa tanah berbatu kerikil yang kadang licin dan nggak ada pohon. Tapi jangan khawatir, yang berbadan bugar, baik setengah baya maupun anak-anak di atas 5 tahun pasti bisa. O ya, pantai di sini warnanya juga pink lho...

 

3.NAIK KE PUNCAK BUKIT DI GILI LAWA DARAT

Pemandangan Gili Lawa Darat

 

Salah satu view point lain di TN Komodo adalah puncak bukit Gili Lawa Darat. Nggak sespektakuler Pulau Padar tapi juga sayang kalau dilewatkan. Karena jalurnya sangat terbuka, jadi di sepanjang jalan kita bisa sering-sering berhenti dan menengok ke belakang, melihat view. Keren sumpah! Jadi yang merasa capek atau cukup melihat view di tengah jalur aja juga nggak apa-apa. Tapi buat yang kuat tentu harus naik sampai ke puncaknya, karena pemandangan dari puncak angle-nya sedikit beda. Di sini kita juga bisa melihat matahari terbenam. Durasi naik 30-45 menit tergantung sering berhenti atau nggak.

 

4.SNORKELING DAN NAIK BUKIT DI PINK BEACH

Pemandangan dari bukit sebelah kiri

 

Pink Beach di Pulau Komodo sungguh sangat terkenal. Ya, apa lagi kalau bukan karena pasirnya yang berwarna pink. Walaupun ada yang sedikit kecewa, kok pink-nya nggak seperti yang dibayangkan. Warna pink-nya memang lebih terlihat saat kita mengamatinya dari dekat, atau justru dari puncak bukit saat matahari sedang galak-galaknya. Selain demi melihat rona pink-nya, naik ke bukit baik yang sebelah kiri maupun kanan juga demi melihat pemandangan ke arah pantai yang warbiyasak! Pilih naik bukit yang kanan atau kiri? Dua-duanya worth! Tapi kalau harus memilih, dari segi pemandangan, pilihlah bukit yang sebelah kiri (arah melihatnya dari laut); tapi dari segi lebih ringan dan pendek, pilih yang sebelah kanan.

 

Pemandangan dari bukit sebelah kanan

 

Bagaimana snorkelingnya? Ini juga warbiyasak! Terumbu karangnya rapat dan warna-warni, ikan-ikannya beragam, areanya luas (sebanyak-banyaknya wisatawan yang datang, nggak bakal sampai rebutan spot deh). Tapi kadang arusnya lumayan. Jadi yang kurang nyaman di arus cukup snorkeling beberapa meter aja dari bibir pantai.

 

Catatan: Di Pink Beach nggak ada dermaga, jadi kapal-kapal besar nggak bisa merapat ke pantai, hanya bisa melepas jangkar sekitar seratus meter lebih dari pantai. Jadi saat menyewa kapal untuk keliling TN Komodo pastikan mereka punya perahu kecil atau akan menyewa perahu kecil untuk mencapai pantai. Kalau nggak, ya silakan pasang fin dan berenang hingga ke pantai, atau menunggu belas kasihan kapal lain yang mau memberi tumpangan perahu kecilnya.

 

5.NAIK KE PUNCAK BUKIT DI PULAU KELOR

Pemandangan Pulau Kelor dari atas bukit

 

Naik ke puncak bukit lagi?  Iya. Di TN Komodo memang ada beberapa pulau yang punya bukit yang bisa didaki untuk melihat pemandangan cakep. Jalur naiknya cukup curam, nggak ada pegangan, tapi pendek saja. Dari view point-nya kita bisa melihat lekuk garis pantai pasir putihnya dengan barisan pulau lain di seberangnya. Buat yang nggak mau naik ke bukitnya, no problemo. Duduk-duduk aja di pantai atau keliling cari spot-spot yang Instagramable.

 

Spot Instagramable di Pulau Kelor

 

6.MENONTON KAWANAN KELELAWAR DI PULAU KALONG

Kawanan kelelawar di Pulau Kalong

 

Begitu matahari menghilang di balik cakrawala, kawanan kelelawar yang saat siang rehat di atas pohon-pohon di Pulau Kalong pun mulai berhamburan keluar menghiasi langit. Dari atas kapal sewaan kita bisa memotret momen ini sampai puas. Kalau kapal berlabuh di dekat pulau ini, besoknya pagi-pagi sekali pas sunrise kita bisa kembali melihat ribuan kelelawar itu terbang kembali ke pulau, usai mencari makan.

 

7.MELIHAT SUNRISE DAN SUNSET DI PULAU KANAWA

Kanawa

 

Di pulau ini ada resort tapi kita yang bukan tamu pun bisa datang berkunjung tapi kena charge Rp 200.000 per orang. Bisa keliling pulau, snorkeling, atau naik bukitnya utuk melihat sunrise maupun sunset.

 

8.SNORKELING MELIHAT MANTA RAY DI MANTA POINT & TAKA MAKASSAR

Ikan pari manta

 

Manta Point danTaka Makassar adalah perairan di mana pada musim tertentu akan banyak ikan pari manta berkeliling berputar-putar di tempat yang tak terlalu dalam. Jadi bukan hanya para penyelam yang bisa menikmati konvoi keanggunan ikan yang punya sayap sangat lebar ini tapi juga para snorkeler. Arusnya memang cenderung kencang. Nggak usah khawatir, kenakan life vest Anda, pakai fin, dan berenanglah mengikuti arus. Bagi yang nggak bisa berenang tentu akan lebih nyaman kalau minta didampingi pemandu atau kru kapal.

 

Ingin bisa melakukan hal-hal mengasyikkan di atas? Hubungi MyTrip di mytrip_idm@yahoo.com untuk perjalanan keliling TN Komodo dengan fasilitas nyaman dan harga terjangkau.

 

Baca juga “Supermarket Wisata” Ada di Taman Nasional Komodo

Teks: Mayawati NH Foto: Fredi Tansari, Mayawati NH, Oyan Kristian (Flores Komodo Tour), Raiyani Muharramah

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


208

Back to Top