8 Alasan Mengunjungi Kebumen

8 Alasan Mengunjungi Kebumen

Saturday, 26-03-2016 | 17:16

Pantai Menganti

 

Kebumen di Jawa Tengah memang bukan kota wisata unggulan. Tapi ada 8 alasan mengapa pecinta jalan-jalan wajib berkunjung ke Kebumen. Ini alasannya:

 

  1. Pantai Menganti

Pantai ini bisa disebut pantai legendaris di Kebumen, dan karakternya juga unik. Bila dilihat dari atas bukit, pantai ini sangat menawan dengan hamparan pantai pasir putih yang dihiasi deburan ombak yang tak pernah henti. Cuma butuh perjuangan juga untuk turun mencapai bibir pantai. Menjelang sunset biasanya pengunjung turun ke lokasi pantai tempat bersandarnya kapal-kapal nelayan untuk menikmati indahnya sunset. Terus lagi ke atas dengan kendaraan, kita akan tiba di Tanjung Karangbata, tapi orang mengenalnya sebagai Pantai Menganti juga. Sinar mentari sore yang menimpa bukit hijau di belakang pantai membuat area ini makin memukau. 

 

  1. Pantai Lampon

Di pantai ini sepanjang mata memandang dari atas bukit terhampar laut biru nan indah dan gugusan karang bolong. Dan nun jauh terpampang puluhan kapal nelayan yang rata-rata bercat biru. Untuk bisa merasakan lembutnya pasir di Pantai Lampon, kita harus turun bukit setinggi 10 m.

 

  1. Tanjung Karang Penganten

Letaknya nggak jauh dari Pantai Lampon. Cuma untuk ke sana butuh perjuangan menyusuri bukit menuju Goa Wora Wari. Ya, tanjung ini berada tepat di depan Goa Wora Wari. Keindahan Tanjung Karang Penganten hanya bisa disaksikan dari atas bukit. Sebuah gugusan karang yang besar berhias ombak yang menggelegar.

 

  1. Goa Wora Wari

Menjelajah goa ini nggak perlu pakai peralatan, tapi tetap harus hati-hati, terutama jika hendak mendaki hingga ke lubang besar di bagian akhir goa yang merupakan jalan tembus untuk kembali ke tempat parkir di Pantai Lampon. Di depan mulut goa terdapat batu yang mirip gong  besar. Sedangkan di dalam goa terdapat beberapa stalagtit dan stalagmit yang bila dipukul bunyinya mirip bunyi gong dan ada juga yang seperti bunyi kentongan.

 

  1. Benteng Van Der Wijck

Benteng ini menjadi salah satu ikon wisata di Kebumen. Benteng yang terbuat dari batu bata merah, berbentuk segi delapan, dengan ketinggian 10 m ini kian terkenal setelah dijadikan lokasi syuting film The Raids 2.

 

  1. Goa Siwowo

Goa ini favorit bagi pecinta petualangan karena banyak jenis petualangan alam ada di sini. Mulai dari caving atau susur goa sepanjang 1,5 km, rappelling atau turun goa dengan tambang setinggi 20 m hingga flying fox setinggi 4 m dengan panjang sekitar 100 m. Mau coba semua?

 

  1. Wisata Alam Pentulu Indah

Kalau di Yogyakarta baru happening dengan lokasi wisata Kalibiru dengan platform kayu di atas pohon, dii Kebumen pun ada. Tepatnya di Wisata Alam Pentulu Indah. Dijamin nggak kalah indahnya dari wisata Kalibiru.

 

  1. Pantai Karang Agung

Pantai ini cukup unik, karena pantai ini seolah-olah mengakomodir pecinta foto “swalayan” alias selfie. Banyak bebatuan karang yang menarik untuk dijadikan obyek selfie, salah satunya yang utama yang menjulang bagai kerucut di tengah pantai.

Teks: Adi Pamungkas Foto: Adi Pamungkas, Mayawati NH

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


896

Back to Top