10 LOKASI PENYELAMAN TERBAIK DI INDONESIA (Bagian 1)

10 LOKASI PENYELAMAN TERBAIK DI INDONESIA (Bagian 1)

Sunday, 17-07-2016 | 16:53

Sweetlips fish di Raja Ampat

 

Nggak usah pergi ke mana-mana kalau mau menyelam. Cukup selami negeri tercinta ini. Dengan garis pantai 95.181 km (kedua terpanjang di dunia setelah Kanada), ditambah letaknya di segitiga terumbu karang dunia, nggak heran Indonesia punya surga bawah laut maha cantik yang terhampar dari Pulau Weh sampai Raja Ampat. Nggak ada deh tempat lain di dunia yang punya biota laut seberagam Indonesia. Para penyelam mancanegara pun berbondong-bondong datang sepanjang tahun. Rugi banget kalau kita malah nggak menikmatinya. So, kemas dive gear Anda. Mari kita selami keindahannya satu per satu.

Catatan: Nomor urut bukan menggambarkan peringkat.

 

1.Raja Ampat

Inilah lokasi penyelaman terbaik di dunia yang menawarkan 1.320 spesies ikan karang, lebih dari setengah soft coral dan tiga perempat hard coral dunia. Bayangkan! Tak ada perairan lain di atas bumi ini yang sekaya dan secantik Raja Ampat. Pemandangan spektakuler ini terhampar dari Selat Dampier, Teluk Kabui, terus ke barat ke Pulau Fam, lanjut ke utara ke Pulau Kawe dan Wayag. Di selatan ada Pulau Kofiau dan Misool.  

Highlights: Wobbegong shark (hiu karpet), walking shark, black tip & white tip shark, mandarin fish, manta ray, blue-ringed octopus, pikachu nudibranch, pontohi pygmy, schooling sweetlips fish, papua scorpion fish, electric clam, gua bawah air, swim through.

Dive sites: Blue Magic –benar-benar magic!, The Passage, Mios Kon, Cape Kri, Chicken Reef, Sorido Wall, Mike’s Point, Melisa’s Garden, Sardine’s Reef, Fam Channel, Manta Point Sandy, Taka Tengah (Raja Ampat Utara); Magic Mountain/Karang Bayangan, Boo Window, Wayilbatan, Four Kings, Gorgonian Passage, Farondi Cave, No Contest, Nudi Rock (Misool).

Waktu terbaik: Oktober–April.

Durasi tinggal: Minimal 6 hari, baik land-base (tinggal di resort) maupun live-aboard (tinggal di atas kapal).

Ke sini: Dari Jakarta terbang ke Sorong. Di bandara dijemput dive operator untuk naik speedboat menuju resort yang sudah dipesan. Durasi: min.2 jam.

 

Wobbegong shark (hiu karpet) di Raja Ampat

 

2.Kepulauan Derawan (Maratua, Kakaban, Sangalaki, Derawan)

Kepulauan Derawan yang terletak di Laut Sulawesi, tapi masuk dalam Kabupaten Berau, Kalimantan Timur ini terdiri dari empat pulau besar: Derawan, Sangalaki, Kakaban dan Maratua. Lokasi-lokasi penyelaman terbaik berada di sekitar Maratua.

Highlights: Gigantic schooling barracudas, manta ray, penyu hijau, ubur-ubur tak bersengat, tresher shark, satomi pygmy, gua bawah air.

Dive sites: Mid Reef, The Channel, Fusilier Paradise,Turtle Traffic, Cleaning Station, Manta Parade, Barracuda Point, Eel Garden, Danau Kakaban (untuk ubur-ubur), Blue Light Hole.

Waktu terbaik: April-Oktober.

Durasi tinggal: Minimal 5 hari.

Ke sini: Dari Jakarta terbang ke Berau, transit di Balikpapan. Di bandara dijemput pihak resor/dive operator dengan boat menuju Maratua (durasi +/-3 jam), atau pulau lain.


Gigantic schooling barracudas di Maratua

 

Tresher shark di Maratua

 

3.Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur sempat dinominasikan sebagai New Seven Wonders of The World. Bukan hanya karena di sana hidup hewan purba yang hanya ada satu-satunya di dunia, namun juga karena keindahan bawah lautnya. Underwater-nya nggak pernah gagal memuaskan para penyelam. Membuat semua ingin menyelam lagi dan lagi di sini. Kita bagaikan berada di akuarium raksasa dengan ikan-ikan besar hilir-mudik. Makro atau makhluk-makhluk kecilnya juga nggak kalah banyak dan unik.

Highlights: Manta ray, eagle ray, mobula ray, clown frog fish, ornate pipe fish, white tip & black tip shark, schooling tuna, napoleon wrasse, giant trevally, juga obyek-obyek makro seperti hairy pink squat lobster, arrow crab, xeno crab, bobtail squid dll.

Dive sites: Castle Rock, Crystal Rock, Wai Nilu, Taka Makassar, Pulau Tengah, Tatawa Besar, Secret Garden, Shot Gun, Roller Coaster, Dead Man Rock, Tiga Dara, Batu Bolong, Gili Lawa, Manta Alley, Pink Beach.

Waktu terbaik: Sepanjang tahun. Tapi November-Januari biasanya banyak hujan dan badai. Mei-Agustus cuacanya cerah, namum airnya paling dingin, terutama di Juli.

Durasi tinggal: Minimal 5 hari.

Ke sini: Dari Jakarta terbang ke Labuan Bajo (kota di ujung barat Pulau Flores). Kalau sudah buking paket menyelam, mereka akan menjemput di bandara Labuan Bajo. 

 

Menyelam di antara lautan ikan di Komodo

 

Manta ray di Komodo

 

4.Gorontalo 

The Hidden Paradise. Tak salah julukan ini disematkan ke destinasi selam di provinsi yang tergolong baru, Gorontalo (tadinya termasuk Sulawesi Utara). Benar-benar surga bawah air tersembunyi yang menyimpan keanekaragaman biota laut yang sulit ditemui di tempat lain. Titik penyelaman di Gorontalo dengan Taman Laut Olele-nya berada di Teluk Tomini yang sangat luas. Di teluk ini juga terhampar Pulau Togean, surga bawah laut lainnya. Gorontalo menawarkan muck diving, wall diving, wreck diving, dan multiple pinnacle diving. Dan belakangan ini Gorontalo, terutama Desa Botubarani, lagi happening karena ada belasan hiu paus (whale shark) berdiam di sana. Cukup hanya dengan snorkeling untuk bisa bermain dengan hiu pausnya.

Highlights: Sponge raksasa yang diberi nama Salvador Dali, teddy bear crab, saraswati commensal shrimp, boxer crab, spotted garden eel, flower urchin, orange-backed wrasse, ornate ghost pipe fish.

Dive sites: Gua Jin, Sponge Wall, Chimneys, City Limits, Honeycomb, Traffic Circle, Sentinels, Hole-in-the-Rock Wall, Japanese Cargo Wreck, Swirling Step, Shadow Land, Desserted Castle, Mistic Point.

Waktu terbaik: November-April.

Durasi tinggal: Minimal 4 hari.

Ke sini: Ada pesawat langsung dari Jakarta, Denpasar, Makassar, Manado. Anda bisa langsung menuju hotel di tengah kota. Titik-titik penyelaman hanya berjarak hitungan menit dengan boat dari dermaga.

 

Teddy bear crab, primadona di Gorontalo

 

5.Wakatobi

Inilah lokasi penyelaman berkelas dunia yang memungkinkan Anda menyaksikan keunikan kehidupan bawah air. Beberapa spesies penghuni laut baru ditemukan di kepulauan yang nama aslinya adalah Kepulauan Tukang Besi, Sulawesi Tenggara. Wakatobi sendiri singkatan dari nama 4 pulau: Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, Binongko.

Highlights: Topografi yang semarak, terumbu karang warna-warni, bobtail squid, bonapart snake eel, kuda laut.

Dive sites: Conchita, Teluk Maya, Tanjung Lintea, Cornucopia, Channel, Tanjung Patok, Mari Mabuk.

Waktu terbaik: Maret-Desember.

Durasi tinggal: Minimal 7 hari.

Ke sini: Ambil penerbangan ke Kendari (via Makassar), lalu lanjut dengan pesawat berbadan kecil ke Bau-Bau di Pulau Buton. Dilanjutkan dengan perjalanan laut menuju Wangi-Wangi, baru ke salah satu pulau tujuan Anda.

 

(Bersambung)

Teks: Mayawati NH Foto: Eddy Sukandar, Fredi Tansari, Indra Swari W, Mayawati NH

1 COMMENTS


Linawati Jul 17, 2016 Reply

Cool...Foto2nya keren2. Sukak deh!


516

Back to Top