5 MASJID DI HONG KONG

5 MASJID DI HONG KONG

Monday, 20-06-2016 | 14:06

Masjid Jamia

Trippers yang pada saat Bulan Ramadhan ini kebetulan jalan-jalan atau sedang bertugas di Hong Kong tak perlu cemas akan sulit menemukan masjid di sana. Hong Kong yang penuh dengan ragam budaya hingga dikenal sebagai tempat Timur bertemu Barat sangat mengerti kebutuhan umat Muslim. Di Hong Kong tidak sulit menemukan masjid di berbagai pelosok, juga restoran halal untuk sahur dan berbuka puasa. Coba deh cek masjid-masjid yang bisa Trippers temui di Hong Kong.

 

1.       MASJID JAMIA

Ini adalah masjid pertama di Hong Kong, terletak di 30 Shelley Street, Central, bisa dicapai dengan MTR dengan turun di Stasiun Central. Dibangun pada tahun 1840-an dan diperluas pada tahun 1915.  Masjid ini ditetapkan sebagai bangunan bersejarah Grade-1 oleh pemerintah Hong Kong. Sholat 5 waktu diadakan rutin, begitupun dengan sholat Tarawih di bulan suci Ramadhan ini. Dan tak hanya itu saja, Masjid Jamia ini menyediakan sahur bagi umat Muslim selama bulan puasa.

 

2.       MASJID AMMAR  OSMAN RAMJU SADICK ISLAMIC CENTER

Nama lain masjid ini adalah Masjid Wan Chai sesuai lokasinya yaitu di 40 Oi Kwan Road, Wan Chai.  Stasiun MTR terdekat yaitu Causeway Bay. Masjid ini dimiliki oleh Incorporated Trustees of the Islamic Community Fund of Hong Kong (badan yang mengeluarkan sertifikat halal bagi restoran yang memenuhi kriteria di seluruh Hong Kong) dan operasionalnya dijalankan oleh Islamic Union of Hong Kong. Di Masjid Wan Chai ini juga ada perpustakaan dan TK Islam. Dan yang tak boleh dilewatkan, di area masjid ada yang menjual dimsum halal yang terkenal.

 

3.         MASJID CHAI WAN

Masjid ini berlokasi di Cape Collison Road, Hong Kong, dekat dengan area makam. Makanya Masjid Chai Wan ini pada awalnya dipergunakan untuk sholat jenazah yang dikuburkan di area sekitar Cape Collison. Namun seiring berkembangnya umat Muslim di Hong Kong, kegiatan-kegiatan Islami pun makin sering diadakan di sini. Masjid ini pun kemudian memiliki Madrasah untuk anak-anak belajar Al-Quran. Masjid ini resmi dibuka tahun 1963 dan merupakan masjid ke-5 di Hong Kong dengan pemandangan hijau nan asri. Untuk sampai ke Cape Collison ini dapat menggunakan MTR dengan stasiun terdekat adalah Chai Wan.

 

4.       MASJID STANLEY

Masjid Stanley ini sangat spesial karena mengharuskan pengunjung mengajukan permohonan dulu sebelum melakukan kunjungan. Berlokasi di 53 Tung Tau Wan Road, Stanley, Hong Kong. Dibuka tahun 1981, awalnya untuk tempat beribadah umat Muslim asal India. Masjid ini sungguh nyaman untuk beribadah secaraa khusyuk karena pengunjung tidak diperbolehkan berjalan-jalan di sekitar area masjid.  Stasiun MTR terdekat adalah Chai Wan.

 

5.       MASJID KOWLOON

Masjid besar ini mampu menampung 3.500 umat, memiliki 2 madrasah untuk anak laki-laki dan perempuan, di mana setiap kelasnya menampung sampai 200 murid. Di madrasah ini para murid diajarkan Bahasa Arab dan Al-Quran dalam Bahasa Inggris juga Bahasa Urdu. Untuk kelas dakwah (Intermediate Course on Islam) non-Muslim juga kerap kali diadakan di masjid ini. Berlokasi di 105 Nathan Road, TST, Kowloon dengan stasiun MTR terdekat adalah Tsim Sha Tsui.

 

Keberadaan masjid, Pusat Islam, dan restoran halal menjadikan Hong Kong berada dalam daftar lima besar Non Organisation of Islamic Cooperation Countries dan 35 besar dari 110 negara yang disurvey oleh Global Muslim Travel Index (GMTI) 2016. Kriteria survey ini termasuk fasilitas dan layanan ramah Muslim di destinasi wisata. Dan fakta bahwa jumlah travelers Muslim meningkat sekitar 23% membuat Hong Kong senantiasa meningkatkan fasilitas dan akomodasi yang ramah Muslim. Jadi jangan lupa taruh Hong Kong di Hot List Trippers sekalian ya.

 

Teks: Fransiskus Ipang K, Hong Kong Tourism Board Foto: Dok. Hong Kong Tourism Board

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


815

Back to Top