5 TIPS MEMILIH MAKANAN PINGGIR JALAN DI HONG KONG

5 TIPS MEMILIH MAKANAN PINGGIR JALAN DI HONG KONG

Wednesday, 15-06-2016 | 15:54

Hong Kong merupakan surga Asia, destinasi favorit sejak abad lalu hingga hari ini. Hong Kong tak pernah gagal menawan hati turis mancanegara dengan berbagai tawaran menarik yang seakan tak pernah ada habisnya. Dari keindahan alam hingga gemerlap malam, dari potensi bisnis yang sampai melibatkan artis, tak ketinggalan juga urusan leher pasti menyangkut kuliner. Ribuan resto dan kafe bergelimpangan di seluruh pelosok, bahkan belakangan ini Hong Kong juga mulai menyediakan makanan halal yang mudah didapatkan. Kelasnya pun beragam dengan kelezatan rasa berbeda. Ya, Hong Kong memang sangat memanjakan lidah para turis. Dan nggak afdol kalau ke Hong Kong nggak nyobain street food alias makanan pinggir jalannya. Berikut 5 tips memilih dan menikmati street food di Hong Kong:

  1. Cari Antrean yang Panjang

Percayalah, antrean panjang merupakan salah satu indikasi bahwa kedai tersebut mempunyai kelebihan dan keunggulan dari kedai-kedai sekitarnya. Bersabar merupakan kunci penting di sini karena sudah pasti dengan membludaknya pembeli yang rela menunggu, pasti ada “sesuatu” yang enak dan setimpal di baliknya. Turn over pembeli juga sudah pasti tinggi karena hampir nggak ada yang nongkrong setelah makanan yang dipesan habis dilahap.

  1. Makan di Tempat Favorit Penduduk Lokal

Pilih kedai makanan yang penuh dengan penduduk lokal, karena apabila kedai tersebut penuh dengan turis, bisa jadi cita rasa yang sebenarnya sudah berubah menyesuaikan selera turis yang datang. Jangan sungkan bertanya dengan penduduk sekitar agar Trippers bisa menikmati cita rasa tradisional hidangan setempat yang original, bukan yang telah dimodifikasi. Tuntaskan rasa penasaran Trippers dengan mencoba keaslian cita rasa kuliner setempat.

  1. Mulai dengan Kudapan

Tahan diri! Mulailah dengan kudapan atau makanan pembuka yang nggak berat, seperti bakso kari ikan atau kacang-kacangan karena sudah pasti hidangan utama nantinya akan mempunyai porsi lebih besar. Juga ada kemungkinan makanan favorit yang tersedia ada beberapa jenis.  Hindari makanan pembuka dengan porsi besar karena akan mengurangi kenikmatan hidangan utama disebabkan perut yang sudah terlalu kenyang.

  1. Berbagi dengan Teman Perjalanan Anda

Jangan ragu berbagi makanan dengan teman seperjalanan. Selain supaya Trippers nggak terlalu kenyang, ini juga akan menambah keakraban dan keceriaan. Cicipi makanan sedikit demi sedikit, sehingga perut Trippers akan mempunyai ruang yang cukup untuk seluruh makanan yang tersaji.  Walau etika di meja makan tetap dijaga, namun dalam hal ini wajib hukumnya “4J” (Jail Juga Jangan Ja’im). Sudah pasti tawa canda ria akan meledak dan menciptakan kenangan manis dalam perjalanan Anda menikmati street food Hong Kong ini.

  1. Minuman Paling Akhir

Street food di Hong Kong sangat banyak dan beragam. So, kalau mau menikmati sebanyak-banyaknya dalam waktu seharian atau semalaman saja, mengatur “pola makan” juga merupakan kunci utama. Pola makan yang dimaksud di sini yakni mengatur agar jangan kebanyakan minum sebelum menyantap aneka makanan, apalagi minumannya berupa bubble tea.  Sebaiknya nikmati bubble tea sebagai penutup, karena rata-rata minuman membuat perut mudah kenyang. Jadi jangan sampai Trippers tidak lagi sanggup menikmati hidangan lainnya karena sudah terlanjur kenyang diakibatkan minum bubble tea duluan.

 

Walaupun Hong Kong merupakan destinasi wisata yang gampang dan cukup murah buat dikunjungi, tapiTrippers nggak mau ‘kan membuang waktu dengan salah pilih makanan atau resto. Semoga saja tips di atas bisa membantu Trippers agar nggak asal cap cip cup dan main hajar ajaHave Fun and Just Pack and Go To Hong Kong!

Teks: Fransiskus Ipang K & Hong Kong Tourism Board Foto: Dok. Hong Kong Tourism Board

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


980

Back to Top