40 FAMILY HOLIDAY SPOTS (Bagian 5-tamat)

40 FAMILY HOLIDAY SPOTS (Bagian 5-tamat)

Friday, 10-06-2016 | 10:20

Taman Pintar Yogyakarta

 

Liburan panjang segera tiba. Sudahkah keluarga Indonesia memilih lokasi liburan? Kalau belum boleh simak nih. MyTrip kali ini mengulas tempat-tempat yang seru, menarik dan bahkan menantang untuk dikunjungi bersama anak-anak, keponakan, atau bahkan keluarga besar. Silakan pilih sesuai dengan kondisi keluarga Anda. Jangan lupa, siapkan alas kaki yang nyaman, pakaian ganti, topi, sunglasses dan yang paling wajib: kamera! Just pack & go and have a happy holiday!

 

30. TAMAN PINTAR YOGYAKARTA

Adalah tempat wisata sekaligus tempat bermain dan belajar yang disertai alat peraga IPTEK. Terbagi dalam beberapa zona, yaitu: Playground Area (dengan Gong Perdamaian, Tapak Presiden, Pipa  Bercerita, Air Menari, dan lainnya), Gedung PAUD Barat dan PAUD Timur (menampilkan alat peraga khusus untuk anak-anak pra-TK sampai TK), Gedung Oval-Kotak (menampilkan berbagai alat peraga berbasis edukasi yang dikemas lebih menyenangkan), dan Gedung Memorabilia (yang menampilkan alat peraga tentang sejarah Indonesia).  Selain itu, ada juga Planetarium yang berisi alat peraga dengan bentuk pertunjukan film tentang antariksa dan tata surya.

 

Tips:

  • Saat libur sekolah datanglah lebih pagi agar lebih leluasa mencari parkir dan berkeliling di dalam.
  • Sediakan dana tambahan untuk masuk ke Rumah Batik dan Rumah Gerabah.

Lokasi: Jl. Panembahan Senopati No. 1-3 Yogyakarta 55122. Telp: (0274) 583631/ 583713

Cocok untuk: >3 tahun

 

31. KIDS FUN YOGYAKARTA

 

 

Arena taman bermain terbesar di Yogyakarta ini bukan saja menjadi pilihan warga lokal, namun juga  warga Jawa Tengah dan sekitarnya. Salah satu yang paling disukai anak-anak adalah Jurassic Park, wahana edukatif yang menghadirkan replika dinosaurus dengan setting hutan dan gunung berapi buatan. Untuk arena permainan air, ada Aqua Splash yang dilengkapi  kolam renang, seluncur, serta arena khusus bermain. Selain itu ada juga Go Kart, Ferrari Cars, Grand Canyon.

 

Lokasi: Jl. Wonosari Km 10, Yogyakarta, 55271. Telp: (0274) 4353435

Cocok untuk: >3 tahun

 

32. JAWA TIMUR PARK 1

 

 

Dengan area yang luasnya mencapai 11 hektar, Jatim Park 1 menawarkan 56 wahana. Kalau ingin mencoba wahana air, ada Water Boom, atau Funtastic Swimming Pool. Sementara Chemical and Biology Science Center, Papua and East Java Ethnic Gallery, Outdoor Science Center, atau Learning Gallery and Science Stadium, kental dengan unsur pendidikan. Untuk mengenal hewan dan tumbuh-tumbuhan, Baby Zoo, Fish Park, atau Agro Park bisa menjadi pilihan. Anak Anda senang tantangan? Coba flying fox, wall climbing, gokart, ataupun trampolin.

 

Tips:

  • Jangan lupa banyak makan dan minum. Bermain di sini membutuhkan energi yang cukup.
  • Karena luasnya lokasi rencanakan dari awal spot-spot mana yang sangat ingin didatangi.

Lokasi: Jl. Kartika No.2, Batu , Malang. Telp: (0341) 597777

Cocok untuk: >3 tahun

 

33. JAWA TIMUR PARK 2

 

 

Beda dari Jatim Park 1 yang hadir sebagai taman bermain, Jatim Park 2 hadir sebagai sarana belajar. Anak-anak dapat berinteraksi langsung dengan satwa. Terdiri dari 3 tempat wisata berbeda yaitu Museum Satwa (dengan  mengusung konsep animal learning and education), Batu Secret Zoo (kebun binatang modern yang terbagi ke dalam beberapa zona seperti Savannah, Mancing Harimau, hingga Hippo & Croc Garden), serta Hotel Pohon Inn. 

 

Tips:

  • Agar lebih puas berkeliling kunjungilah Jatim Park 1 dan Jatim Park 2 pada hari yang berbeda.
  • Pastikan si kecil pakai alas kaki yang nyaman, karena akan berjalan kaki cukup jauh.

Lokasi: Jl. Raya Oro-Oro Ombo No 9 Kota Wisata Batu, Malang. Telp: (0341) 5025777

Cocok untuk: segala usia

 

34. GARDENS BY THE BAY

 

 

Kalau ngajak anak-anak ke Singapura jangan hanya belanja. Ajak mereka lebih dekat dengan tanaman, alam bebas dan hal-hal yang berkenaan dengan sustainable energy yang ditawarkan taman yang dibangun di atas tanah seluas 101 hektar ini. Kunjungan dapat dimulai dengan melihat Supertree, yaitu bangunan yang berbentuk pohon raksasa. Anda bisa juga membawa anak-anak untuk berjalan di jalan layang yang tersambung antara satu pohon ke pohon lainnya. Selesai di sana, kunjungilah 2 dome raksasa bernama Cloud Forest dan Flower Dome. Di Cloud Forest Anda disambut air terjun buatan dari ketinggian 35 m yang bikin terpukau. Untuk pemandangan yang lebih “manis” Flower Dome tempatnya. Lihatlah berbagai tanaman dengan bunga-bunganya yang sedang mekar. Kalau ingin menikmati seluruh taman tanpa jalan kaki, cobalah Garden Cruiser --sebuah mobil terbuka dan pemandu siap membawa Anda berkeliling. 

 

Tips:

  • Jika ingin menikmati Light Show serta melihat lampu-lampu cantik pada malam hari datanglah dari sore. Anda bisa sekaligus melihat matahari terbenam saat menaiki OCBC Skyway.
  • Restoran di sini harganya di atas rata-rata. Jadi, ada baiknya isi perut dulu sebelum ke sini.

Lokasi: 18 Marina Gardens Drive, Singapore (Kawasan Marina Bay)

Cocok untuk: >3 tahun

 

35. UNIVERSAL STUDIOS SINGAPORE

 

 

Universal Studios Singapore (USS) memiliki 7 zona permainan dengan tema berbeda  yang diambil dari berbagai karakter film blockbuster. Zona-zona tersebut antara lain  Madagascar, Far Far Away, The Lost World, Ancient Egypt, Sci-Fi City, New York, dan Hollywood. Zona-zona ini membentuk putaran, yang akan membuat Anda  mengunjungi zona secara berurutan. Pada jam-jam tertentu Anda bahkan bisa foto bersama dengan tokoh-tokoh film seperti Shrek, Kung Fu Panda,  Betty Boop, Marilyn Monroe, Beetlejuice, Woody Woodpecker, dll. Jangan khawatir susah cari makan, pada  masing-masing zona terdapat restoran. Untuk beli oleh-oleh mampirlah ke Universal Studios Store tepat sebelum pintu keluar. 

 

Tips:

  • Datanglah lebih pagi untuk menghindari antrean panjang terutama saat musim liburan.
  • Kalau punya bujet lebih, beli tiket Universal Express untuk menghindari antrean.
  • Bawa botol minum karena bisa diisi ulang di kran wastafel.
  • Berhati-hati saat menyimpan barang di loker saat menaiki roller coaster. Sebaiknya naik secara bergantian dan titipkan barang pada keluarga atau teman.

Lokasi: Resort World Pulau Sentosa, Singapura

Cocok untuk: >3 tahun

 

36. SINGAPORE ZOO

 

 

Saat ke sini Anda seperti jalan-jalan di hutan yang asri. Jenis binatangnya cukup banyak dan  tempatnya dirancang agar pengunjung bisa lebih dekat dengan mereka. Eksplorlah dengan berjalan kaki sambil melihat atraksi yang menarik pada siang dan sore hari. Jangan lewatkan juga Giant Panda Forest jika ingin melihat  panda dari dekat. Singapore Zoo juga memiliki Kidzworld yang menawarkan beberapa kegiatan yang membuat anak Anda bisa belajar sekaligus bermain. Kegiatan di mana anak-anak dapat berinteraksi langsung dan belajar merawat hewan-hewan seperti kuda, kelinci, juga kambing. Bahkan anak pun bisa menunggang kuda poni. Permainan air pun tersedia pada zona Kidzworld.

 

Tips:

Tiket Giant Panda Forest terbatas, jadi segeralah membeli saat datang ke sana.

Lokasi: 80 Mandai Lake Road, Singapore

Cocok untuk: >3 tahun

 

37. SENTOSA 4D MAGIX AND CINEBLAST

 

 

Pengalaman menonton dengan teknologi 4D pasti bikin anak-anak girang. Selain lebih nyata, tempat duduk dirancang khusus sehingga punya efek yang menyesuaikan dengan aksi-aksi film (getaran, angin, semprotan air, gelitik pada kaki), juga dilengkapi dengan built in speakers, yang dapat ditemui di Pirates. Yang lebih menantang, coba Sentosa Cine Blast Extreme Log Ride dengan mini roller coaster-nya. Sedangkan Desperados memiliki unsur fun yang lebih banyak. Anda akan duduk di sebuah kursi mekanik berbentuk kuda dan bermain tembak-tembakan.

 

Tips:

  • Perhatikan peraturan khusus yang diberlakukan. Ada tinggi minimum untuk anak-anak, yaitu 90 cm untuk Pirates dan Extreme Log, serta 110 untuk Desperados.
  • Akses ke sini cukup mudah, bisa menggunakan MRT, cable car, atau bus.

 

Lokasi: 51B Imbiah Rd, Sentosa, Singapore 099708

Cocok untuk: >5 tahun

 

38. WILD WILD WET

 

 

Ingin main air sampai puas di Singapura? Di sini tempatnya. Nikmati beragam jenis kolam renang danpermainan, seperti Ular-Lah (meluncur bersama maksimal 6 orang menggunakan perahu karet), The Water Works (seluncuran spiral),  Slide Up (meluncur di papan raksasa menyerupai arena skateboard), Professor’s Playground, Shiok River (kolam dengan arus buatan yang pelan), Tsunami  (kolam dengan ombak buatan), dan Jacuzzi (merasakan bulir-bulir air dan pijatan di bawah aliran air yang deras). Untuk anak-anak 3–5 tahun bisa mencoba wahana Yippie. Lifeguard selalu berjaga-jaga di arena kolam setiap saat.

 

Tips:

  • Siapkan dana tambahan untuk sewa loker.
  • Peraturan di sana cukup ketat, jadi jangan diabaikan.

Lokasi: Downtown East 1 Pasir Ris Close, Singapore

Cocok untuk: >5 tahun. Balita harus dalam pengawasan.

 

39. DISNEYLAND HONG KONG

 

 

Rasanya tempat ini impian semua orang tua untuk membawa anak-anaknya. Jangan lupa ambil peta agar mudah menentukan wahana yang ingin dicoba. Ada beberapa zona permainan dengan tema yang berbeda; Main Street, USA, Fantasyland, Adventureland, Tomorrowland, Grizzly Gulch dan Toy Story Land. Ada juga Disney Parade dan pertunjukan kembang api spektakuler. Pada jam-jam tertentu karakter-karakter Disney akan muncul menyapa pengunjung dan foto bersama. Berbagai macam suvenirnya juga sangat menggiurkan.

 

Tips:

  • Gunakan pakaian yang sesuai dengan keadaan cuaca Hong Kong.
  • Cek jadwal parade agar tidak ketinggalan untuk berinteraksi dan foto bersama.

Lokasi: Penny’s Bay, Lantau Island. Di dalam Hong Kong Disneyland Resort

Cocok untuk: segala usia. Balita harus dalam pengawasan.

 

40. DREAM WORLD BANGKOK

 

 

Walaupun lokasinya agak jauh dari pusat kota, namun Dream World menarik untuk dikunjungi. Areanya cukup luas, wahana yang ditawarkan khusus untuk anak-anak juga cukup banyak. Untuk wahana permainan di antaranya  4D Adventure, Grand Canyon, Go Kart, Antique Car, Bumb Boat, Flying Fish, Thunderbird, Giant’s  House, Racing Car, dll. Untuk orang dewasa ada yang lebih ekstrem, Sky Coaster, Hurricane, Flying Carpet, dan Tornado. Yang paling  disukai anak-anak tentu saja Snow Town. Mereka bisa  bermain salju, berseluncur, membuat boneka salju, hingga mengunjungi rumah Santa dan Igloo. 

 

Tips:

  • Tiket Snow Town dijual terpisah.
  • Cek jadwal parade yang ada di sana.
  • Gunakan taksi atau menyewa mobil agar rekreasi Anda lebih nyaman.

Lokasi: Km 7 Rangsit-Ongkharak Road, Thanyaburi District, Pathum Thani Province, Thailand

Cocok untuk: >3 tahun. Balita harus dalam pengawasan.

Teks: Diona Ratrixia K, Maulana Alam, Adi Pamungkas Foto: Adi Pamungkas, Daniel Kampua, Dendy Indra, Ganang Arfiardi, Hartadi, Dok.MyTrip

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


111

Back to Top