40 FAMILY HOLIDAY SPOTS (Bagian 4)

40 FAMILY HOLIDAY SPOTS (Bagian 4)

Thursday, 09-06-2016 | 09:59

Waterbom Bali

 

Liburan panjang segera tiba. Sudahkah keluarga Indonesia memilih lokasi liburan? Kalau belum boleh simak nih. MyTrip kali ini mengulas tempat-tempat yang seru, menarik dan bahkan menantang untuk dikunjungi bersama anak-anak, keponakan, atau bahkan keluarga besar. Silakan pilih sesuai dengan kondisi keluarga Anda. Jangan lupa, siapkan alas kaki yang nyaman, pakaian ganti, topi, sunglasses dan yang paling wajib: kamera! Just pack & go and have a happy holiday!

 

23. WATERBOM BALI

Selain pantai, wisata bermain air memang favorit di Bali. Belum lagi lokasinya yang di Kuta membuat Waterbom mudah  dijangkau. Wahana yang ditawarkan sangat beragam seperti Sunken Pool Bar (kolam yang dilengkapi gazebo, memungkinkan Anda menikmati minuman di tengah kolam renang), Pleasure Pool (berenang santai sambil sesekali berteduh di gazebo sambil menikmati sausana Waterbom yang asri), Euro Bungy (rasakan sensasi “dilempar” ke udara setinggi 9 meter), Water Blaster (bermain tembak tembakan menggunakan balon air). Sambil menunggu Anda bisa juga  mencoba pijat refleksi dan fish spa.

 

Tips:

  • Sediakan dana tambahan untuk sewa handuk, loker ataupun gazebo.
  • Sediakan dana tambahan untuk main di wahana-wahana lain.

Lokasi: Jl. Kartika Plaza, Kuta, Bali. Telp: (0361) 758243

Cocok untuk: >5 tahun. Balita harus dalam pengawasan

 

24. BALI SAFARI & MARINE PARK

 

 

Tempat ini pasti disukai anak-anak karena mereka bisa berkeliling kebun binatang sambil melihat langsung hewan-hewan dan melihat pertunjukan-pertunjukan seru. Kebun binatang ini memiliki lebih dari 400 spesies hewan, juga 80 spesies satwa langka seperti jalak putih, burung hantu, babi rusa, gajah Sumatera, harimau Sumatera, beruang madu, rusa tutul, dan sebagainya. Anda bisa juga berinteraksi langsung dan berfoto bersama hewan-hewan tersebut seperti di Safari Journey, Key Exhibits, Animal Rides ataupun menyaksikan Animal Show. Kalau lapar, datang saja ke salah satu resto yang posisinya bersebelahan dengan kandang singa. Jangan khawatir, karena ada kaca pembatas yang aman. Tapi tetep agak nervous sih, makan sambil diliatin singa, hehe.

 

Tips:

  • Sewa mobil karena jarak dari pusat Bali (Kuta dsk) cukup jauh.
  • Siapkan dana tambahan untuk arena bermain dan berenang.  
  • Siapkan dana tambahan untuk kasih makan hewan.

Lokasi: Jl. Bypass Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, Km. 19,8 Gianyar 80551 Bali. Telp: (0361) 950000

Cocok untuk: >2 tahun

 

25. BALI BUTTERFLY PARK

 

 

Bosan bermain air dan pantai di Bali, coba ajak si kecil ke Taman Kupu-Kupu. Berdiri di atas lahan 1 hektar, dengan netting area (area yang tertutup jaring) seluas +/-3.700 m3. Di sini Anda melihat warna-warna cantik binatang jenis serangga yang tidak berbahaya bagi manusia ini. Anak-anak pun  bisa belajar juga tentang spesies kupu-kupu hingga reproduksinya. Taman Kupu-Kupu juga memproduksi aneka kerajinan yang terbuat dari bermacam-macam serangga seperti Framing Butterfly (bingkai isi kupu-kupu), Framing Beetle (bingkai isi kumbang), gantungan kunci, paper weight (penindih kertas) terbuat dari fiber bening berisi kupu-kupu, lukisan dari sayap kupu-kupu dan kerajinan lainnya.

 

Lokasi: Jl.Batukaru, Br.Sandan Lebah, Tabanan, Bali. Telp: 0361-8940595

Cocok untuk: >5 tahun

 

26. NEW KUTA GREENPARK

 

 

Lokasi New Kuta Greenpark berdekatan dengan Pantai Dreamland. Setelah berjalan-jalan di pantai nggak ada salahnya Anda dan keluarga mencoba 10 wahana permainan air yang ada di sini. Di antaranya Water Slide yang terdiri dari 17 seluncur yang dapat Anda pilih (tesedia juga yang khusus  untuk anak-anak), dan Belibis River (arena kola mini cukup luas bagi Anda sekeluarga yang ingin bersantai di atas pelampung sambil menikmati arus pelan kolam). Di luar permainan air, wahana lain yang juga seru untuk dicoba misalnya, bungee trampoline, flying fox, dan juga paintball.

 

Tips:

  • Untuk ikut outbond ada biaya tambahan.
  • Anak-anak dengan tinggi di bawah 80 cm tidak dikenakan biaya masuk.

Lokasi:  Jl. Raya Uluwatu, Pecatu, Kuta Selatan, Badung 80364 – Bali. Telp: (0361) 8484777

Cocok untuk: >5 tahun. Balita harus dalam pengawasan

 

27. BALI BIRD PARK

 

 

Bali Bird Park merupakan salah taman burung terbesar di Indonesia dengan suasana asri karena dipenuhi pepohonan. Dengan luas +/-2 hektar, Bali Bird Park dihuni oleh +/-1.000 jenis ekor burung yang berasal dari 250 spesies dari berbagai tempat seperti Jawa, Bali, Papua, Borneo, Sumatra, Afrika Selatan, Amerika Selatan, dan lain-lain. Ada beberapa burung yang ditempatkan di dalam sangkar yang diatur dengan rapi namun ada juga yang dilepas di taman. Anda dan anak-anak pun bisa berfoto langsung dengan beberapa jenis burung. Sambil menyusuri jalan setapak, Anda akan terus dimanjakan dengan kicauan burung yang merdu.

 

Lokasi: Jl. Serma Cok Ngurah Gambir Singapadu, Batubulan, Gianyar, Bali. Telp: (0361) 299352

Cocok untuk: >2 tahun

 

28. CARIBBEAN ISLAND WATERPARK

 

 

Saat jalan-jalan ke Balikpapan kemudian si kecil ingin berenang sambil bermain wahana air, tinggal mampir ke sini. Tempatnya memang tidak terlalu besar, lokasinya pun di dalam area perumahan. Wahana air di sini di antaranya Misterious Slide, Fun Free Slide, Octopus Tower, Thousand Ball Pool, Monkey Slide, hingga The Great Pirate Head Spill Bucket. Yang favorit dan selalu ramai tentu wahana meluncur dari ketinggian >13 m. Bosan berenang? Tinggal pindah ke sarana outbond atau bermain trampolin yang disediakan khusus untuk anak-anak. 

 

Tips:

  • Ada tempat penyewaan pelampung ataupun baju renang.
  • Karena lokasinya yang bergabung dengan komplek perumahan, pengunjung justru ramai di hari kerja.

Lokasi: Komplek Balikpapan Regency, Jl. Kol. Syarifuddin Yoes II (Ring Road II), Kalimantan Timur. Telp: (0542) 878583

Cocok untuk: >5 tahun. Balita harus dalam pengawasan

 

29. PENANGKARAN BERUANG MADU

 

 

Kalau ke Balikpapan, ajak anak-anak ke Penangkaran Beruang Madu. Karena binatang ini sudah langka. Jadi datanglah saat jam-jam beruang diberi makan, agar benar-benar bisa melihat mereka (dari jembatan yang posisinya lebih tinggi dari hutan mereka). Kalau bukan jam makan, beruang lebih senang bersembunyi di hutan. Karena beruang madu adalah binatang yang sensitif, saat melihat ada aturan-aturan yang harus Anda penuhi. Selain melihat beruang, Anda bisa juga mampir ke arena bermain, Taman Bunga dan Rumah Kucing yang ada di sekitar area penangkaran.

 

Tips:

Sebaiknya sewa kendaraan, karena jaraknya cukup jauh dari pusat kota.  

Lokasi: Jl. Soekarno-Hatta KM. 23, Balikpapan. Telp. 0542-7108304

Cocok untuk: >2 tahun

 

(Bersambung)

Teks: Diona Ratrixia K, Maulana Alam, Adi Pamungkas Foto: Adi Pamungkas, Daniel Kampua, Dendy Indra, Ganang Arfiardi, Hartadi, Dok.MyTrip

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


506

Back to Top