40 FAMILY HOLIDAY SPOTS (Bagian 2)

40 FAMILY HOLIDAY SPOTS (Bagian 2)

Tuesday, 07-06-2016 | 16:59

Ocean Park BSD, Tangerang Selatan

 

Liburan panjang segera tiba. Sudahkah keluarga Indonesia memilih lokasi liburan? Kalau belum boleh simak nih. MyTrip kali ini mengulas tempat-tempat yang seru, menarik dan bahkan menantang untuk dikunjungi bersama anak-anak, keponakan, atau bahkan keluarga besar. Silakan pilih sesuai dengan kondisi keluarga Anda. Jangan lupa, siapkan alas kaki yang nyaman, pakaian ganti, topi, sunglasses dan yang paling wajib: kamera! Just pack & go and have a happy holiday!

 

8. OCEAN PARK BSD

Inilah tempat wisata yang paling mudah dijangkau oleh warga Tangerang Selatan dan sekitarnya. Di atas lahan seluas 8,5 hektar, Anda dan anak-anak bakal puas menikmati berbagai jenis kolam renang dan permainannya. Sebut saja Pacific Wave (dengan ombak buatan selama 15 menit, dan tersedia setiap jam sekali), Race Slider (seluncuran dengan 4 lajur), Slide N Fun (seluncuran berupa spiral), Lagoon The Bahama (untuk merasakan pijatan di bawah air terjun yang deras), atau Splash Town yang pasti disukai anak-anak. Selain bermain air, di sini secara gratis disediakan permainan lain seperti Bungee Trampoline, Flying Fox, permainan pasir dan voli pantai. 

 

Tips:

Kalau sewa ban renang, jangan ditinggal sembarangan, karena mudah diambil orang.

Lokasi: Jl. Pahlawan Seribu, BSD City, Tangerang. Telp.: (021) 5370009

Cocok untuk: >5 tahun. Balita harus dalam pengawasan.

 

9. WOWZONIA

 

 

Tempat ini adalah sarana bermain indoor yang terletak di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan. Yang seru, di sini ada arena bermain 3D (terdiri dari area Spaceball dan Mini Golf), jadi efek suara dan gerakan yang timbul bikin permainan makin seru dan berbeda. Ada juga Mega Play Gym (untuk anak usia 3-13 tahun), permainan Spiraland Mega Slides, Spinning Hamster, Floating Baloon dan lainnya. Lalu Soft Play Gym yang aman dan nyaman untuk para toddler bermain. 

 

Tips:

  • Tidak perlu bawa makanan. Orang tua bisa menunggu di area restoran The Cave.
  • Bawa kaos kaki untuk alasan kesehatan anak-anak.
  • Usia 3-13 tahun dibatasi main hanya 3 jam. Jadi sebaiknya Anda beritahu mereka terlebih dahulu.

Lokasi: Lantai 3 – 01 B, Lippo Kemang Mall, Kemang Village, 36 Jalan Pangeran Antasari, Jakarta 12150. Telp: (021) 29528420

Cocok untuk: >2 tahun

 

10. TAMAN BUAH MEKARSARI

 

 

Kalau selama ini anak-anak rutin mengkonsumsi buah-buahan, sesekali ajak berwisata ke gudangnya tanaman buah.  Di sini terdapat tanaman buah tropis yang lengkap, bahkan hingga skala dunia. Lebih dari 100.000 jenis tanaman tersedia di taman seluas 264 hektar ini. Bukan sekadar lihat-lihat, anak-anak bisa memetik buah, outbond, hingga bermain di wahana air. Mekarsari menyediakan juga paket family tour yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Tertarik mau nginap? Ada Rumah Pohon dan Family Camp yang menarik untuk dicoba.

 

Tips:

  • Catat waktu yang tepat untuk kedatangan, yaitu saat panen buah.
  • Setiap bulan buahnya berbeda-beda, maka beberapa atraksi atau acara disediakan sesuai buah yang panen.

Lokasi:  Jl. Raya Cileungsi - Jonggol Km. 3, Kab. Bogor 16820. Telp: (021) 8231811

Cocok untuk: >3 tahun

 

11. KEBUN RAYA BOGOR

 

 

Jalan-jalan santai di bawah pohon rindang berumur ratusan tahun mungkin sulit Anda lakukan di tengah kota besar. Kalau gitu, bawa anak-anak Anda ke Kebun Raya Bogor yang memiliki luas hingga 80 hektar. Sambil mengenal kurang lebih 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan, hingga melihat bunga bangkai yang legendaris. Di dalam kawasan ini terdapat juga Museum Zoologi (tiket sudah termasuk) dan Istana Presiden atau yang dikenal dengan Istana Bogor, namun 

sayangnya jarang dibuka untuk umum.

 

Tips:

  • Saat weekend dan hari libur kendaraan roda 4 nggak boleh masuk ke kawasan. Jadi beritahu anak Anda kalau mereka harus jalan kaki.  
  • Bawa tikar atau alas lain untuk istirahat sambil bersantai.

Lokasi:  Jl. Ir. H. Juanda, Bogor 16122. Telp. (0251) 311362

Cocok untuk: >3 tahun

 

12. TAMAN SAFARI

 

 

Obyek wisata nasional ini sangat favorit dikunjungi saat weekend. Di sinilah anak-anak dapat mengenal aneka satwa dan alam bebas lebih dekat. Hewan-hewan sengaja dilepas dalam track-nya (beberapa jenis hewan dengan pembatas yang aman), sehingga Anda bebas berkeliling menggunakan mobil pribadi. Selain trek untuk melihat satwa, yang utama di sini terdapat amusement area atau area hiburan --isinya berbagai macam wahana dan atraksi seperti Wild-Wild West Cowboy Show, mini kora-kora, Dolphins Show, mini train, hingga baby zoo. Untuk paket wisata, tersedia 2 pilihan, siang dan malam hari. Atau bahkan ingin bermalam di sini? Tersedia penginapan tipe bungalow, caravan ataupun hotel.

 

Tips:

  • Khususnya Anda yang datang dari arah Jakarta, perhatikan jadwal satu arah (buka-tutup jalan) menuju kawasan Puncak.  
  • Cek jadwal Animal Presentations agar Anda dapat menyesuaikan jadwal kedatangan. 

Lokasi: Jl. Raya Puncak 601 Cisarua, Bogor. Telp. (0251) 8250000

Cocok untuk: >2 tahun.

 

13. WATERBOOM CIKARANG

 

 

Taman rekreasi air ini didesain kental dengan nuansa alam khas Bali, di tengah taman yang teduh dan asri. Untuk dewasa, terdapat Slide Dewasa, Kolam Arus Dewasa, serta Kolam Aktivitas Dewasa. Sedangkan anak-anak dapat bermain di Slide Anak-anak, Kolam Arus Anak, Kolam Aktivitas Anak, dan Kiddie Area. Di luar permainan air, ada juga tempat bermain seperti outbond dan paintball. Kalau orangtua bosan menunggu, bisa coba fasilitas spa dan fish spa.

 

Tips:

  • Anda dapat membawa ban atau pelampung kecil sendiri untuk anak-anak.
  • Siapkan dana tambahan jika ingin coba fish spa.
  • Kalau tak ingin rebutan tempat duduk yang gratisan, terdapat pondokan yang disewakan.

Lokasi: Jl. Madiun Kav.115 Lemahabang, Cikarang Barat, Bekasi. Telp: (021) 89907814

Cocok untuk: >5 tahun. Balita harus dalam pengawasan.

 

14. TAMAN SIMALEM RESORT

 

 

Pesona Medan memang terletak di Danau Toba. Nah, Taman Simalem Resort adalah salah satu spot terbaik untuk melihat indahnya panorama DanauToba, serta pegunungan sekitarnya. Yang ditawarkan adalah resort atau vila untuk menginap, wisata alam, agrowisata, dll. Ada beberapa zona yang bisa dikunjungi seperti Pangambatan Valley, Karo Agrotourism Farm and Mart, Pearl of Lake tempat di mana Anda bisa berfoto dengan latar belakang Danau Toba, kemudian ada Kodon-Kodon Café (titik awal bagi pengunjung yang ingin melakukan trekking ke air terjun kembar), Camping Ground, Fruit & Vegetables Farming, Horse Riding, dan masih banyak lagi.

 

Tips:

  • Sewalah mobil karena jarak tempuh lumayan jauh sekitar 2,5–3 jam dari Kota Medan.
  • Biar puas berkeliling, sebaiknya Anda dan keluarga menginap. Harga penginapan mulai Rp 2.000.000

Lokasi: Jl. Raya Merek KM 9, Sidikalang - Medan. Telp: (061) 4577616

Cocok untuk: segala usia

 

(Bersambung)

Teks: Diona Ratrixia K, Maulana Alam, Adi Pamungkas Foto: Adi Pamungkas, Daniel Kampua, Dendy Indra, Ganang Arfiardi, Hartadi, Dok.MyTrip

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


755

Back to Top