12 FAKTA TENTANG BUDDHA DORDENMA, BIG BUDDHA DI BHUTAN

12 FAKTA TENTANG BUDDHA DORDENMA, BIG BUDDHA DI BHUTAN

Saturday, 24-08-2019 | 00:12

 

Thimphu, ibu kota Bhutan, mempunyai banyak objek wisata menarik. Salah satunya adalah patung Buddha raksasa yang seolah melindungi Kota Thimphu yang berada di lembah di bawahnya. Berikut beberapa fakta menarik tentang Big Buddha yang diberi nama Buddha Dordenma.

 

 

Baca juga: "Jangan Kaget Kalau Melihat Banyak Gambar Penis di Bhutan Ya..."

 

1. Patung Sakyamuni Buddha ini dibangun dalam rangka memperingati ulang tahun ke-60 Raja Ke-4 Bhutan yakni Jigme Singye Wangchuk. Tujuannya juga untuk memberkati dunia dengan kedamaian dan kebahagiaan. Terpancar dari wajah Buddha dan sorotan matanya yang penuh welas asih.

2. Mudra atau posisi tangannya adalah bhumisparsha mudra, sikap tangan seolah-olah menyentuh bumi yang artinya Buddha memanggil bumi sebagai saksi ketika ia melawan serangan mara dan mencapai penerangan sempurna.

Bhumisparsha mudra

 

3. Dibangun di atas sisa reruntuhan Istana Kuensel Phodrang yang berdiri abad ke-17, di atas bukit, menghadap ke arah Lembah Thimphu bagian selatan.

4. Mulai dibangun konstruksinya tahun 2006, selesai tahun 2015 hanya bagian patungnya saja. Tapi selesai keseluruhan tahun 2017.

5. Materialnya perunggu masif (bukan berongga) yang dilapis emas.

 

6. Terdiri dari 3 lantai. Lantai paling bawah semacam teras luas. Lantai kedua teras yang lebih sempit, di pagarnya berdiri barisan patung dewa-dewi. Lantai teratas yang berupa teratai tempat Buddha duduk di bagian dalamnya adalah meditation hall.

Patung dewa-dewi di teras kedua

 

7. Di dalam meditation hall terdapat 125.000 patung Buddha kecil-kecil yang bentuknya sama persis dengan patung Buddha raksasanya, dan dilapis emas juga. Semuanya hasil sumbangan donatur yang namanya disematkan di tiap patung yang disumbangnya. Ada joke soal banyaknya patung Buddha ini: penduduk Thimphu saja cuma 100.000, tapi patung Buddhanya malah sampai 125.000. O ya, dilarang memotret di dalam sini.

8. Patung ini dibuat di China, kepingan-kepingannya dikirim melalui Phuentsholing, kota perbatasan di Bhutan bagian selatan.

9. Tingginya 51,5 m. Menjadikannya salah satu Sitting Buddha tertinggi di dunia. Bandingkan dengan Big Buddha di Hong Kong yang posisinya juga duduk, tingginya hanya 34 m.

10. Total pembangunannya menghabiskan biaya 100 juta dolar Amerika.

11. Jalan naik ke area patung ini selain merupakan rute ziarah, juga menjadi arena jogging dan juga gowes.

Jalan masuk ke lokasi patung

 

12. Patung megah ini paling bagus dipandang saat pagi buta atau malam saat cahaya-cahaya lampu berpendar. Dari bagian mana pun di Kota Thimphu yang berada di lembah, patung ini terlihat.

 

Jam buka meditation hall:

Musim panas: 09.00-17.00 (lunch break 13.00-14.00)

Musim dingin: 09.00-16.00 (lunch break 13.00-14.00)

Teks & Foto: Mayawati NH

0 COMMENTS


Please be the one to comment !


218

Back to Top